Unitama: Daftar Program Studi dan Akreditasinya

Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA) sejarah berdirinya berkaitan erat dengan sejarah Yayasan Pendidikan Kartini (Yapenka) Makassar.

Pada awal berdirinya (10 Februari 1995) Yapenka menyelenggarakan kursus-kursus keterampilan komputer, bahasa Inggris, akuntansi, menjahit, dan musik.

Akan tetapi, berdasarkan pengalaman pengelola, para peserta kursus lebih dominan mengikuti kursus komputer, bahasa inggris, dan akuntansi.

- Iklan -

Ketiga keterampilan tersebut yang masih melekat pada nuansa pendidikan UNITAMA hingga saat ini.

Pada tahun 1997, Yapenka membuka program pendidikan setara Diploma Satu yang diberi nama Akademi Komputer, Bahasa, dan Akuntansi (AKBA).

Pendidikan ini memberikan tiga kemampuan sekaligus yaitu kemampuan komputer, bahasa Inggris, dan akuntansi. Konsep ini kemudian dikenal dengan nama Konsep 3 in 1.

- Iklan -

Respon masyarakat terhadap AKBA di luar dugaan ditandai dengan membludaknya jumlah pendaftar.

Pada tanggal 18 Desember 1998, AKBA berubah menjadi Akademi Ilmu Komputer AKBA (AIK AKBA) berdasarkan SK Mendiknas No. 171/O/1998.

Pada saat itu AIK AKBA menyelenggarakan pendidikan dengan program studi D1/D3 Manajemen Informatika, D3 Teknik Komputer, dan D1/D3 Komputerisasi Akuntansi.

- Iklan -

Konsep pendidikan yang diterapkan masih tetap mempertahankan Konsep 3 in 1.

Pada bulan Juni 2008, AIK AKBA berubah status menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AKBA (STMIK AKBA) berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 106/D/O/2008.

Pada saat itu STMIK AKBA menyelenggarakan pendidikan dengan program studi S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Informatika, D3 Teknik Komputer, D3 Manajemen Informatika, dan D3 Komputerisasi Akuntansi.

Pada bulan April 2022, STMIK AKBA berubah status menjadi Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA) berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 279/E/O/2022.

Hingga kini UNITAMA yang menempati kampus sendiri di jalan Perintis Kemerdekaan no. 75 Makassar ini menyelenggarakan pendidikan dengan program studi S1 Sistem Informasi;

S1 Teknik Informatika, S1 Bisnis Digital, S1 Teknologi Informasi, S1 Pendidikan Teknologi Informasi;

D3 Teknik Komputer, D3 Manajemen Informatika, dan D3 Komputerisasi Akuntansi.

Visi Misi Universitas Teknologi Akba Makassar

VISI

Visi yang ditetapkan oleh UNITAMA adalah: “Menjadi Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi yang Unggul dan Kompetitif di Tingkat Nasional dan Global Tahun 2041”

Visi tersebut menggambarkan kondisi masa depan yang diharapkan oleh semua pemangku kepentingan di UNITAMA, dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Pernyataan “perguruan tinggi teknologi Informasi” mengandung arti, seluruh sivitas akademika UNITAMA diharapkan akan menjadi bagian dari perguruan tinggi teknologi informasi yang dapat meningkatkan pembangunan berkesinambungan khususnya di bidang teknologi informasi.
  • Pernyataan “unggul” mengandung arti, bahwa seluruh sivitas akademika UNITAMA diharapkan mampu sebagai pribadi-pribadi yang unggul dalam sikap dan perilaku yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara seutuhnya.
  • Pernyataan “kompetitif” mengandung arti, bahwa seluruh sivitas akademika UNITAMA diharapkan mampu sebagai pribadi yang kompetitif dalam bekerja dan berusaha yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Baca Juga:  UIN Alauddin Makassar Terakreditasi Unggul

MISI

Misi yang dicanangkan oleh UNITAMA dalam upaya pencapaian visinya adalah:

  1. Menyelenggarakan kegiatan Pendidikan akademik yang berstandar Nasional dan Global.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang bermanfaat dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi dan Seni (IPTEKS).
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian dalam bidang IPTEKS yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Menanamkan nilai-nilai agama, moral, Etika, budaya, dan Jiwa Entrepreunership.
  5. Menjalin kerjasama pemerintah, Dunia Usaha dan Industri (DUDI) Dan stakeholder lainnya secara berkelanjutan.

Akreditasi Universitas Teknologi Akba Makassar

  • Status PT Aktif
  • Akreditasi (Baik)
  • Tanggal Berdiri 13 April 2022
  • Nomor SK PT 279/E/O/2022
  • Tanggal SK PT 13 April 2022

Daftar Program Studi di Unitama

Program Studi Sistem Informasi

UNITAMA menyelenggarakan pendidikan jenjang S1 program studi Sistem Informasi. Pada program studi ini terdapat 2 konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu:

  1. Manajemen Informatika; dan
  2. Komputerisasi Akuntansi.

Lulusan program studi ini akan mendapatkan gelar akademik Sarjana Komputer (S.Kom.). Program studi ini telah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Program Studi Teknik Informatika

UNITAMA menyelenggarakan pendidikan jenjang S1 program studi Teknik Informatika. Pada program studi ini terdapat 3 konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu:

  1. Rekayasa Perangkat Lunak/Informatika;
  2. Sistem Komputer Jaringan; dan
  3. Sistem Multimedia.

Lulusan program studi ini akan mendapatkan gelar akademik Sarjana Komputer (S.Kom.). Program studi ini telah terakreditasi B oleh BAN-PT.

Program Studi Bisnis Digital

UNITAMA menyelenggarakan pendidikan jenjang S1 program studi Bisnis Digital.

Lulusan Program Studi Bisnis Digital akan memiliki keahlian dalam bidang :

  1. Business Consultant : Sarjana yang mampu menerjemahkan inovasi dalam penyelesaian bisnis digital.
  2. System Analyst : Sarjana yang mampu menyebarluaskan gagasan atau ide yang ada dalam hubungannya dengan kegiatan bisnis digital dalam masyarakat.
  3. System Developer : Menjadi sarjana yang mampu menyediakan aplikasi yang dibutuhkan dalam pengembangan bisnis digital.
  4. Marketing Concept : Mampu menerapkan konsep bisnis berbasis digital dalam meningkatkan kehiduupan bermasyarakat.
  5. Entrepreneur : Mengintegrasikan solusi bisnis dengan memperhatikan kebutuhan ataupun perilaku konsumen.
Baca Juga:  Buka Puasa Bersama KPI Macquarie Jadi Ruang Berjumpa Komunitas Muslim Indonesia di Sydney

Program Studi Teknologi Informasi

UNITAMA menyelenggarakan pendidikan jenjang S1 program studi Teknologi Informasi.

Lulusan Program Studi Teknologi Informasi akan memiliki keahlian dalam bidang :

  1. Project Manager : Memiliki kemampuan dalam mengelola pelaksanaan proyek untuk memastikan kepatuhan terhadap anggaran, jadwal, dan ruang lingkup. Menetapkan dan melaksanakan rencana komunikasi proyek. Menyiapkan laporan status proyek dengan mengumpulkan, menganalisis, dan meringkas informasi dan tren.
  2. Profesional IT : Menjadi tenaga profesional dalam bidang Teknologi Informasi baik di perusahaan maupun bentuk organisasi lainnya.
  3. StartUp Developer : Memiliki kemampuan dalam merancang pemodelan startup bisnis dan mampu mengembangkan aplikasinya yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  4. Researcher : Memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi terkini dan menganalisis dampak komputasi terhadap individu, organisasi dan masyarakat.
  5. Auditor Sistem Informasi : Memiliki keahlian dalam mengevaluasi sistem informasi yang telah berjalan di perusahaan dan juga menjamin kualitas bahwa sistem informasi dan tata kelola teknologi informasi sebuah organisasi telah berjalan sesuai standar yang digunakan, sesuai SOP perusahaan, dan ada bukti dokumentasi untuk setiap kegiatan, baik berupa laporan maupun bentuk lainnya yang disesuaikan dengan budaya bisnis perusahaan tersebut.

Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

UNITAMA menyelenggarakan pendidikan jenjang S1 program studi Pendidikan Teknologi Informasi.

Lulusan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi akan memiliki keahlian dalam bidang :

  1. Inovator Pendidikan : Sarjana yang mampu menjadi guru ataupun instruktur dalam pembelajaran yang mampu mengembangkan metode-metode dan media pembelajaran pendidikan TI baik melalui pendidikan formal maupun informal.
  2. Konsutan IT : Sarjana yang mampu membantu dalam mengatasi masalah IT untuk meningkatkan kinerja pendidik khususnya dalam bidang pendidikan.
  3. Entrepreneur : Menjadi sarjana yang mampu menganalisis dan merancang model bisnis untuk peluang kewirausahaan dan mewujudkannya dalam bentuk startup.
  4. Operator Komputer : Sarjana yang bertanggung jawab atas semua peralatan yang ada dalam sistem komputerisasi, memeriksa dan mencoba komputer dan peralatan lain apakah dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan menonfungsikan peralatan bila tidak dipergunakan, membuat catatan tentang pelaksanaan jadwal kegiatan penggunaan komputer, membuat backup dari sejumlah file yang ada dan pengawasan dari file backup, pemantauan batch processing, mempertahankan dan meningkatkan kinerja sistem dan ketersediaan online.
  5. Instruktur IT : Menjadi lulusan yang memiliki kompetensi dan tanggung jawab proses belajar mengajar atau melatih dibidang Teknologi Informasi. memiliki kombinasi kemampuan menguasai pengetahuan tentang software dan hardware yang menjadi tanggung jawabnya dan berperan melakukan bimbingan, pendidikan dan pengarahan terhadap anak didik.
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU