Resep Agar-agar Pandan Santan

Di resep pembuatan Agar-agar Pandan Santan ini, ala Azie Kitchen, ada beberapa rahasia yang tidak terjadi pada pembuatan agar-agar yang kita buat selama ini.

Yang pertama adalah, agar-agar padatnya pas. Tidak terlalu keras, tidak pula agak lembek. Artinya, ukuran penggunaan bahan cocok.

Yang kedua, semua bahan menyatu, se-ia se-kata. Biasanya, campuran -misanya telur, tidak menyatu dengan agar-agar. Kocokan telurnya terpisah, menepi ke atas. Demikian santannya. Apa rahasianya? Simak resep Azie Kitchen berikut ini.

- Iklan -

Bahan Agar-agar Pandan Santan:

-25 gram agar-agar

-150 ml air

-1 cawan gula pasir

- Iklan -
Baca Juga:  Resep Soto Mie ala Resto

-2 -3 ketul gula batu, sebesar ibu jari tangan (optional)

-1 cawan air daun pandan, sekitar 5 lembar daun pandan, diblender, lalu diperas

-1 cawan santan, atau 1/2 biji kelapa parut

- Iklan -

-1 biji telur gred A

-sedikit pewarna hijau

Cara Membuat Agar-agar Pandan Santan:

  1. Masak agar-agar dengan air, hingga larut. Setelah agar-agar larut, masukkan gula pasir dan gula batu. Aduk terus hingga gula larut.
  2. Siapkan blender, masukkan kelapa parut dengan 1 1/2 cawan air. Setelah halus, peras, lalu ambil santannya, sekitar 2 cawan. Masukkan sedikit pewarna hijau. Bisa juga tidak pakai, bila pewarna hijau tidak ada. Jadi pewarna hijau dari daun pandan saja, tetapi warnanya kurang cantik.
  3. Tuang santan ke dalam panci agar-agar. Aduk hingga tercampur rata. Lalu masak hingga mendidih sambil diaduk terus hingga tercampur rata. Setelah mendidih, angkat lalu tuang ke dalam loyang atau cetakan yang disukai.
  4. Setelah hampir mengeras, masukkan ke dalam lemari pendingin.
  5. Setelah mengeras, boleh dipotong-potong untuk dinikmati dingin-dingin. Enaknya agar agar dimakan ketika dingin.
Baca Juga:  Resep Bolu Tape, Kue Jadul Tapi Enak

Catatan:

Tujuan pengunaan gula batu, supaya bila dipotong-potong tidak berair dan agar-agar akan lebih padat. Selamat menikmati. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU