Resep Apem Panggang, Kue Khas Sulawesi yang Manis Gurih

Kue apem, salah satu camilan yang juga disukai terutama masyarakat Sulawesi Selatan.

Anda mencari Resep Apem Panggang? Kue ini juga menjadi khasnya orang Bugis-Makassar. Bila ada acara seperti seserahan atau di dalam istilah Bugis Makassar membawa Erang-Erang (uang panaik) akan dikawal dengan macam – macam kue di dalam ”Bosara”.

Istimewanya, kue apem bahan pemanisnya bisa menggunakan gula pasir maupun gula merah. Bentuknya, pasti beda. Apalagi juga rasanya. Campuran bahannya pun ada perbedaan, selain menggunakan gula pasir, juga gula merah.

Kue apemGula merah, cara bikinnya, dua macam. Bisa dengan cara dikukus, bisa dengan cara dipanggang. Cara kedua lebih mudah lagi, karena menggunakan cetakan di atas kompor. Dengan cara kukuspun, juga tidak sulit. Namun sedikit lebih rumit, karena cetakannya diatur dalam panci kukusan, yang menggunakan kain.

- Iklan -
Baca Juga:  Resep Kue Semprit Susu, Bahan dan Cara Membuatnya Sederhana

Lalu apa saja bahan-bahan Apem Panggang ini? Tape singkong, gula pasir, tepung beras, tepung terigu protein sedang, ragi instant, santan dengan kekentalan sedang. Berikut ukuran – ukuran bahannya, dan cara membuatnya.

Resep Apem Panggang

Bahan Utama:

  • 60 gram tape singkong
  • 90 gram gula pasir
  • 130 gram tepung beras
  • 35 gram tepung terigu protein sedang
  • ½ sdt ragi instant
  • 220 ml santan kekentalan sedang (atau 65 gram santan instant + air).

Cara Membuat

  1. Rebus santan dengan daun pandan, hingga mendidih, lalu matikan apinya.
  2. Dalam wadah, haluskan tape, sambal dibuang sumbunya. Tambahkan gula, aduk hingga menyatu dan lembut.
  3. Campur adonan tape, tepung beras, terigu, dan ragi. Tambahkan santan sedikit – sedikit sambil diaduk aduk terus hingga rata dan adonan terasa ringan. Diamkan adonan kurleb 1 jam (sekitar 40 menit), tutup dengan kain/serbet dapur.
  4. Panaskan cetakan dengan api kecil. Setelah satu jam, aduk adonan sebentar, pindahkan ke gelas, takar supaya mudah dituang ke catakan.
  5. Oles cetakan yang sudah panas dengan margarine, tuang adonan hingga penuh, lalu tutup cetakan. Tunggu hingga permukaan mengeras. Keluarkan dari cetakan. Siap disajikan. (p/wa/ana).


- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU