Resep Bolu Sukade, Jadul Tapi Enak

Masih ingat Kue Bolu Sukade? Kue bolu zaman dulu, sangat enak. Bahkan terkenal. Bila disebutkan kue Bolu Sukade, sudah diketahui bahwa itu kue bolu yang paling enak.

Yang bikin sangat enak, selain kue bolunya sendiri yang paling enak, juga dengan campuran sukadenya. Sukade adalah sebuah campuran kue, bentuknya seperti kulit jeruk, rasanya enak dan manis.

Namun, muncul pertanyaan, apakah campuran kue itu masih ada dijual?Mungkin tetap masih ada. Buktinya, Mama Maknyus masih membikin kue Bolu Sukade. Berikut resepnya:

- Iklan -

Bahan Bolu Sukade:

-150 gram mentega atau margarine

-150 gram gula pasir butiran halus (gula pasir diblender)

-3 butir telur

- Iklan -

-210 gram terigu segitiga

Baca Juga:  Resep Kacang Bawang, Renyah dan Gurih

-1/2 sendok teh baking powder

-1/2 sendok teh soda kue

- Iklan -

-1/2 semdok vanili

-200 ml buttermilk (homemade) 200 ml susu cair + 1 sendok makan air perasan jeruk nipis atau beberapa tetes cuka, dicampur diaduk hingga teksturnya mengental.

-secukupnya sukade, taburi ke dalam terigu, kemudian diayak.

Cara Membuat Bolu Sukade:

  1. Ayak terigu, baking powder dan vanili , kemudian sisihkan.
  2. Bikin buttermilk, sisihkan.
  3. Panaskan oven dengan api sedang, mixer mentega atau margarine dengan kecepatan tinggi, kurang lebih 5 menit. Atau sampai lembut dan berwarna pucat.
  4. Masukkan gula dengan 3 tahap. Setiap kali memasukkan sebagian gula, kocok kurang lebih 1-2 menit.
  5. Masukkan telur satu per satu. Pastikan setiap telur telah tercampur rata dengan adonan sebelum memasukkan telur berikutnya atau kurqng lebih setengah menit, untuk setiap telur.
  6. Turunkan kecepatan mixer ke speed terendah, masukkan terigu secara bertahap bergantian dengan buttermilk. Kocok asal tercampur rata. Masukkan sukade, aduk rata.
  7. Tuang ke loyang yang telah dioles dengan margarine dan ditaburi terigu, beri taburan sukade di atasnya, panggang sampai matang.
Baca Juga:  Resep Udang Kriuk, Gurih

Catatan:

Susu cair untuk membuat buttermilk, boleh dari susu murni, UHT atau susu bubuk yang dicairkan (atau bikin 35 gram susu bubuk + air).

Sebaiknya tidak menggunakan susu kental manis (SKM). Berdasarkan pengalaman, hasilnya kurang bagus. Selamat mencoba. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU