ADV A1
ADV B1

Rumah Kurcaci Malino, Bak di Negeri Dongeng

FAJAR Pendidikan

Pernah terbayang bisa menjelajah rumah kurcaci bak di negeri dongeng? Kini, tak perlu hanya sekadar membayangkan. Soalnya, Anda bisa mewujudkan suasana seperti yang ada di film-film itu di Kota Bunga, Malino. Sebuah tempat bernama Rumah Kurcaci D’Sawah ini akan mengajak Anda masuk lebih dalam menjelajahi rumah kurcaci.

Tak banyak yang tahu jika di Malino, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, ada lokasi wisata baru bernama Rumah Kurcaci. Seperti namanya, kawasan wisata ini terdiri dari 12 rumah kecil yang tersusun rapi di lereng pegunungan Malino.

Nuansa coklat di Rumah Kurcaci bergaya bangunan Belanda, bak negeri dongeng.
-ADV C2 -

Rumah Kurcaci Malino memang sudah mulai viral. Banyak anak-anak hitz yang mulai memamerkan fotonya di Kampung Kurcaci ini. Destinasi ini memang memiliki daya pikatnya tersendiri dengan menghadirkan rumah-rumah mini.

-ADV C3 -

Rumah Kurcaci itu terletak di Kelurahan Bulutana, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 65 kilometer dari kota Makassar. Akses jalan menuju kawasan wisata itu sangat mudah untuk ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

BACA JUGA :   6 Tempat Wisata di Subang Murah tapi Keren

“Namanya Rumah Kurcaci D’sawah, tempat unik dan asyik,” kata Nur Aisya Basri, salah seorang pelancong lokal yang pernah berkunjung ke Rumah Kurcaci, Minggu, 19 Juli 2020.
Terdapat 12 rumah yang berjejer rapi sejatinya adalah vila atau penginapan bagi pelancong yang berkunjung ke Malino. Di dalamnya terdapat dua buah kasur dan televisi serta sejumlah fasilitas lainnya.

-ADV C4 -

Hanya dengan membayar Rp10 ribu per orang, Anda bisa sepuasnya menjelajah rumah kurcaci yang identik dengan ornamen kayu, dengan gaya nuansa bak negeri dongeng. Dan jika menginap dengan biaya Rp400 ribu beserta dengan sarapan yang cukup untuk empat orang.

Rumah Kurcaci D’Sawah yang merupakan tempat wisata baru langsung menjadi idola pengunjung yang datang. Selain itu, juga bisa mengunjungi Air Terjun Takapala yang tak kalah eksotik dari hutan damar. Lokasinya tak jauh dari Rumah Kurcaci, dengan berjarak 1 kilometer untuk sampai di lokasi Air Terjun Takapala.”Searah jika hendak menuju Air Terjun Takappala atau Air Terjun Ketemu Jodoh,” jelas Aisya menyebutkan.

BACA JUGA :   5 Hari Jelajah Alor, Ini Infonya; Itinerary dan Biaya

Aisya juga mengatakan, salah satu hal yang paling ia senangi ketika berkunjung dan menginap di Rumah Kurcaci itu adalah saat pagi tiba. Udara yang segar, dingin dan dengan balutan kabut tipis membuat suasana jadi begitu melankolis.

Banyak spot-spot menarik yang instagrammable di Kampung Kurcaci, seperti rumah mini ala The Hobbit yang terdiri dari 12 unit, taman kelinci, dan hamparan sawah sangat asri dan eksotik yang tak kalah menarik untuk dijadikan lokasi utama berfoto.

“Di sana juga banyak spot yang instagramable, jadi sangat menyenangkan,” pungkasnya.

Protokol Kesehatan

Aisya juga mengatakan, masa pandemi virus corona, protokol kesehatan kian diterapkan pada wisata Rumah Kurcaci dan mewajibkan setiap pengunjung untuk menggunakan masker dan berjaga jarak.

“Tempat wisata ini juga menerapkan protokol kesehatan, dengan mengecek suhu tubuh, mewajibkan memakai dan tentunya berjaga jarak,” jelasnya. (*)

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI