Sahur, Salah Satu Ibadah yang Banyak Berkahnya

Sahur, salah satu ibadah di bulan Ramadan. Amalan ini, telah disepakati para ulama, hukumnya sunnah, tetapi memiliki keutamaan yang penuh berkah.

Nabi Muhammad SAW memerintahkan untuk sahur dalam menjalankan ibadah puasa, bukan hanya sekadar makan mengenyangkan perut. Tetapi ibadah yang di dalamnya terdapat banyak keberkahan.

Dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Makan sahurlah kalian, karena dalam makan sahur terdapat keberkahan”. (HR Al Bukhari dan Muslim).

- Iklan -

Menurut Al Habib Qurays Baharun (Pengasuh Ponpes Ash Shidqu Kuningan), sedikitnya ada 7 keberkahan dalam makan sahur.

Pengertian Berkah

Yang dimaksud dengan berkah adalah turunnya kebaikan dari Allah pada sesuatu. Barokah bisa mendatangkan kebaikan dan pahala bahkan bisa mendatangkan manfaat dunia dan akhirat Namun perlu diketahui, berkah itu datangnya dari Allah jika seorang hamba menaatiNya.

- Iklan -

Berikut 7 Keutamaan Makan Sahur

1. Memenuhi perintah Rasulullah SAW

Sebagaimana diperintahkan dalam hadist di atas, keutamaan mentaati beliau, disebutkan dalam.ayat yang artinya, “Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, seaungguhnya telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu ) maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka”. (QS An Nisa :80)

- Iklan -
Baca Juga:  Merawat Kebaikan Pasca Ramadan "Pergi" (2)

Allah juga berfirman, “Dan barangsiapa mentaati Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar”. (QS Al Ahzab :71).

2. Makan sahur Membedakan Umat Islam dengan ahli kitab

Makan sahur merupakan bagian dari syiar Islam. Dari Amr bin Al Ash, Rasulullah SAW bersabda “Perbedaan antara puasa kita dengan puasa Ahli.Kitab, adalah makan sahur”. (HR Muslim no.1096)

3. Membuat Fisik Lebih Kuat Menjalani Puasa

Imam Nawawi Rahimahullah berkata, “Barokah makan sahur amat jelas. Yaitu semakin menguatkan dan menambah semangat orang yang berpuasa”. (Syarth Sahih Muslim, 7 :206). Beda halnya dengan orang yang tidak makan sahur.

Dapat Salawat dari Allah

4. Mendapat Salawat dari Allah dan Doa Para Malaikat

Dari Abu Sa’id Al Khudri Nabi SAW bersabda “Makan sahur, adalah makan yang penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air Karena Allah dan malaikatNya bersalawat kepada orang-orang yang makan sahur”. (HR Ahmad)

5. Sahur adalah waktu yang diberkahi

Baca Juga:  Doa untuk yang Memberi Makan Berbuka

Karena ketika waktu sahur, Allah Taala melihat ke langit dunia Dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda, “Raab kita tabaraka wa taala turun ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepadaKu, maka akan Aku kabulkan. Siapa saja meminta kepadaKu,.maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, maka akan Aku ampuni”. (HR Al Bukhari san Muslim).

6. Sahur, Waktu Utama untuk Beristighfar

Sebagaimana orang beristigfar saat itu, dipuji oleh Allah dalam beberapa ayat :

‘Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur”. (QS.Ali Imran :17).

“Dan selalu memohon ampunan di waktu pagi, sebelum fajar”. (QS Adz Syariyat : 18).

7. Mendapat Keutamaan Menjawab Adzan Subuh dan Salat Subuh Berjamaah

Orang yang makan sahur dijamin biaa menjawab adzan solat subuh. Dan juga bisa mendirikan salat subuh di waktunya secara berjamaah.

Itu.merupakan kebaikan yang sangat banyak. Yairu mengawali pagi dengan salat subuh berjamaah, yang mendapat jamina kesehatan dari Allah. (kultum/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU