Renungan Harian Kristen, Jumat 7 Oktober 2022: Hakikat Pendamaian Karya Kristus di Salib

Renungan Harian Kristen hari ini, Jumat 7 Oktober 2022 berjudul: “Hakikat Pendamaian Karya Kristus di Salib”.

Bacaan untuk Renungan harian Kristen hari ini diambil dari 2 Korintus 5:21

Renungan harian kristen hari ini mengisahkan tentang Hakikat Pendamaian Karya Kristus di Salib.

Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah. (2 Korintus 5:21)

Intro:

- Advertisement -

Seorang manusia tidak dapat menebus dirinya sendiri dari sifat dosa yang sungguh-sungguh parah dan turun-temurun.

Penebusan adalah karya Allah dan itu sepenuhnya telah selesai dan sempurna dalam pengorbanan Yesus Kristus.

Dan, penerapannya pada setiap orang tergantung pada tanggapan dan tindakannya secara pribadi — harus dibedakan pengetahuan kebenaran tentang penebusan dan pengalaman sesungguhnya dari keselamatan dalam hidup seseorang.

Renungan Harian Kristen Jumat 7 September 2022

Dosa adalah suatu hubungan yang mendasar.

Dosa bukan perbuatan yang keliru, melainkan keberadaan yang keliru — dengan jelas dan sengaja membebaskan diri dari Allah.

BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Minggu 27 November 2022: Penahbisan Kuasa Roh

Iman Kristen mendasarkan segala sesuatu pada sifat dosa yang sungguh-sungguh parah dan bersandar pada diri sendiri.

Kepercayaan-kepercayaan lain berurusan dengan dosa-dosa (ini dan itu), hanya Alkitab sendiri yang berurusan dengan dosa.

Hal pertama yang dihadapi Yesus Kristus dalam diri manusia adalah sifat turun-temurun dari dosa (heredity of sin).

Dan, karena kita telah mengabaikan hal ini dalam pemberitaan Injil, maka pesan Injil telah kehilangan kuasanya yang menyentakkan dan eksplosif itu.

Kebenaran yang disingkapkan oleh Alkitab bukanlah bahwa Yesus Kristus menanggung dosa-dosa kedagingan kita atas diri-Nya, melainkan bahwa Dia menanggung atas diri-Nya sifat turun-temurun dosa yang tidak seorang manusia pun dapat menghancurkannya.

Allah telah membuat Anak-Nya sendiri “menjadi dosa” agar Dia dapat membuat orang berdosa menjadi orang kudus.

Melalui Alkitab, diungkapkan dengan jelas bahwa Tuhan kita menanggung dosa dunia atas diri-Nya dengan penyatuan diri-Nya dengan kita.

Dia dengan sengaja menanggung seluruh dosa umat manusia ke atas bahu-Nya, dan menanggung derita dalam tubuh-Nya sendiri — “Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita ….” Dan, dengan berbuat demikian, Dia menempatkan keselamatan seluruh umat manusia atas dasar Penebusan.

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik Senin 28 November 2022: Banyak Orang akan Datang dari Timur dan Barat Masuk Kerajaan Surga

Yesus Kristus memulihkan kembali atau membangun kembali umat manusia, dan menempatkannya kembali ke tempat yang dirancang oleh Allah sebelumnya.

Sekarang, setiap orang dapat mengalami pendamaian tersebut, masuk ke dalam kesatuan dengan Allah, atas dasar apa yang diperbuat Yesus di kayu salib.

Seorang manusia tidak dapat menebus dirinya sendiri.

Penebusan adalah karya Allah, dan itu sepenuhnya telah selesai dan sempurna.

Penerapannya pada setiap orang tergantung pada tanggapan dan tindakannya secara pribadi.

Harus selalu dibedakan antara pengetahuan kebenaran yang diwahyukan tentang penebusan dan pengalaman sesungguhnya dari keselamatan dalam hidup seseorang.

Demikian Renungan harian Kristen hari ini Jumat 7 Oktober 2022 diambil dari 2 Korintus 5:21 mengisahkan tentang Hakikat Pendamaian Karya Kristus di Salib.

 

Sumber: Renungan Oswald Chambers//alkitab.mobi

 

Bagikan

BACA JUGA:

6 Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal, Pengertian Hingga Waktu Pelaksanaan

Penunaian zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam yang mampu sesuai dengan syariat Islam. Zakat merupakan pranata keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan keadilan, kesejahteraan masyarakat,...

Menggabung Utang Puasa dengan Puasa Sunnah, Ini Pandangan Para Ulama

Umat Islam dapat mempersiapkan diri memasuki Ramadhan dengan melakukan ibadah puasa di bulan syaban. Namun, jika masih memiliki utang puasa, bolehkah melakukan puasa sunnah...

Niat dan Tata Cara Mandi Idul Fitri, untuk Laki-laki dan Perempuan

Mandi wajib dilakukan untuk menghilangkan hadats besar sebelum beribadah, termasuk ketika hendak melaksanakan salat Idul Fitri. Berikut niat dan tata cara mandi wajib idul...

Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki dan Perempuan, Perhatikan

Doa untuk Orang Meninggal Laki-Laki dan Perempuan, Perhatikan. Doa untuk orang meninggal laki-laki atau perempuan dianjurkan untuk selalu dikirimkan agar jenazah selalu mendapat perlindungan dan...

6 Keutamaan Puasa Rajab, Salah Satunya Dibukakan 8 Pintu Surga

Ada banyak keutamaan bagi umat Islam yang menjalankan puasa. Walau tidak termasuk puasa wajib, namun banyak kaum muslim yang memilih berpuasa saat bulan Rajab...

POPULER