Selamat! Program Studi MARS FKM Unhas Raih Akreditasi Unggul

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Program studi Magister Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat berhasil meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Pencapaian ini merupakah hal yang sangat luar biasa, karena di usianya yang baru mencapai usia dua tahun, Prodi MARS FKM Unhas telah berhasil mendapatkan predikat akreditasi unggul dimana ini merupakan tingkatan akreditasi tertinggi dari LAM-PTKes.

Akreditasi program studi merupakan kegiatan untuk mengukur mutu pendidikan sebuah program studi sesuai kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Secara khusus, akreditasi program studi kesehatan adalah penjaminan mutu terhadap program studi kesehatan untuk menunjukkan bahwa pelaksanaan program tridarma perguruan tinggi yang meliputi pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat telah memenuhi kriteria yang ditetapkan peraturan perundang-udangan.

BACA JUGA :   Mahasiswa KKN MAS-Aisyiyah di Takalar Sukses Laksanakan Seminar Proker Taman Pintar

Sebelumnya Dekan FKM Unhas, Dr Aminuddin Syam, SKM., MKes., MMed. pada sambutannya ketika pelaksanaan visitasi lapangan daring mengatakan bahwa Prodi MARS FKM Unhas merupakan salah satu Prodi Unggulan yang ada di FKM Unhas.

“Prodi ini sejak tahun 2001 telah mendidik mahasiswa dengan status konsentrasi dan di tahun 2019 menjadi sebuah Prodi,” terang Dekan.

Berbekal pengalaman panjang tersebut, maka ia mengungkapkan rasa optimismenya bahwa Prodi ini akan mendapatkan status akreditasi unggul.

“Kita bersyukur saat ini hal tersebut bisa dicapai,” ungkap Dekan.

Dengan status akreditasi unggul ini, maka di FKM Unhas saat ini telah terdapat lima Prodi dengan status akreditasi unggul dari total delapan Prodi.

Terdapat tiga Prodi baru yang belum cukup dua tahun, sehingga belum mengusulkan untuk melakukan akreditasi.

BACA JUGA :   Teknik Mekatronika Poltekbos Sambangi Jalur Kereta Api Sulsel

Di tempat terpisah, Ketua Prodi MARS FKM Unhas, Dr. Syahrir A Pasinringi, MS mengatakan bahwa dengan predikat ini, Prodi MARS FKM Unhas menjadi pertama dan satu-satunya Prodi MARS di Indonesia yang mendapat predikat unggul yang menggunakan penilaian akreditasi sembilan kriteria.

“Kita merasa bersyukur atas pencapaian ini sekaligus mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh tim task force Prodi MARS, Gugus Penjaminan Mutu, dan Pimpinan Fakultas dan Universitas atas dukungannya. Tidak lupa partisipasi para staf, mahasiswa dan alumni kami,” ungkapnya.

Kedepannya, kata  Syahrir, dengan pengakuan standar mutu dari LAM-PTKes ini, FKM Unhas optimis Prodi MARS FKM Unhas dapat mewujudkan visinya untuk menjadi pusat pengembangan ilmu administrasi rumah sakit yang unggul pada tahun 2024 di Indonesia.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI