Rabu, April 21, 2021

Sentuh Pustaka Poles Perpustakaan SMPN 24 Makassar Jadi Indah

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Perpustakaan SMP Negeri 24 Makassar yang diberi nama Perpustakaan Carakdek atau istilah yang diambil dari bahasa daerah Makassar yang berarti Pandai atau Pintar mulai terlihat indah dan nyaman setelah mendapat dukungan pendampingan program Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Kepala Sekolah, Dra. Hj. Rosdiana, MM atau yang selalu disapa Bu Ros ini ternyata sudah lama bermimpi untuk menjadikan perpustakaan sekolah yang indah dan nyaman.

“Dari dulu saya pengen perpustakaan ini bagus dan nyaman tapi bingung saya memulai dari mana, untungnya ada program Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar,” ungkapnya dengan gembira.

“Alhamdulillah dinda sekarang sudah mulai tertata, tidak seperti dulu lagi,” tambah Bu Ros saat menerima kunjungan Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tulus Wulan Juni saat memantau progres pasca pendampingan program Sentuh Pustaka, Senin (01/03).

Perpustakaan Carakdek SMP Negeri 24 Makassar yang berdiri sejak tahun 1990 dan memiliki luas seluruhnya 231 m² ini telah tertata sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) seperti telah memiliki ruang baca dan ruang multimedia yang dilengkapi 24 unit komputer dengan masing-masing daya tampung 1 kelas dan memiliki Area Koleksi Buku Bacaan dan Buku Paket yang terpisah.

Untuk menambah kenyamanan, Perpustakaan juga telah dilengkapi AC dan fasilitas Wifi.

Perpustakaan Carakdek SMP Negeri 24 Makassar adalah salah satu dari 16 Perpustakaan SD dan SMP di Kota Makassar yang akan diusulkan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar untuk mengikuti akreditasi perpustakaan sekolah Tahun 2021.

Sebelum mengikuti akreditasi perpustakaan, sejak tahun 2020 ke 16 Sekolah telah diberikan pendampingan program Sentuh Pustaka baik yang dilakukan dengan konsep Sentuh Pustaka Mandiri dan Sentuh Pustaka yang melibatkan langsung tim internal dan ekternal Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Sentuh Pustaka adalah program pendekatan emosional yang melibatkan seluruh pihak untuk bersama-sama mengembangkan perpustakaan khususnya di Sekolah sebagai upaya menyediakan sarana sumber belajar yang berkualitas, menumbuh kembangkan budaya baca siswa sejak dini dan meningkatkan mutu pendidikan.

RAMADAN KEREN

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Polsek Urban Pitumpanua Kembali Bubarkan Balapan Liar

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Personil Polsek urban Pitumpanua bubarkan balapan liar dilaksanakan anak muda dikaluku desa lauwa kecamatan Pitumpanua dijalan Poros Sengkang-siwa, Selasa (20/4/2021).

Segar Buat Buka Puasa, Ini Resep Praktis Es Pisang Ijo yang Yummy!

Untuk mendapatkan adonan es pisang ijo yang mantap dengan rasa yang premium, lebih baik gunakan pewarna makanan alami seperti daun suji dan...

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 20 April 2021

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Jadwal buka puasa merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari rutinitas puasa bagi umat Islam. Umat Islam yang menyegerakan...

Keutamaan Pahala Berpuasa

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bulan Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari. Menurut ajaran islam, puasa di bulan Ramadan dapat...

Doa Buka Puasa yang Benar

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ...

REKOMENDASI