Siapa Penemu Pensil? Ini Sosoknya

FAJAR Pendidikan

Pensil menjadi salah satu benda yang sering teman-teman gunakan untuk menulis. Terutama kamu yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Tetapi apa kamu tahu siapa sih sosok berjasa yang telah menemukan benda kecil itu? Nah, ia adalah Nicolas Jacques. Yuk, kenalan! Penemu Pensil

Nicolas Jacques Conte adalah penemu pensil pertama di dunia yang dibuat menggunakan grafit murni.

Pak Conte lahir pada 4 Agustus 1755. Ia seorang ilmuwan terhebat pada abad ke-18.  Tapi tahu nggak,  jika sosok di balik adanya pensil yang kamu gunakan sekarang merupakan keturunan petani, lho. Yup, Conte memiliki lima orang saudara dan telah mengelola lahan pertanian selama bertahun-tahun.  Penemu Pensil.

BACA JUGA :   Ilmuwan Memprediksi Umur Matahari, Kehabisan Bensin dan Kehabisan Energi?

Pada saat menciptakan pensil untuk pertama kalinya, Conte menggunakan grafit murni. Namun, sayang benda tersebut justru meninggalkan bekas pada tangan. Selain itu, pensil yang berasal dari grafit murni juga mudah patah saat digunakan. Alhasil, Conte pun coba untuk mencampurkan grafit murni tersebut dengan tanah liat agar pensil bisa jauh lebih awet.

BACA JUGA :   Kenapa Semut Berjalan Berbaris? Ini Alasannya

Melalui campuran tersebut, ia  bisa membuat beragam pensil dengan gradasi warna yang bervariasi, mulai dari abu-abu sampai hitam pekat. Pak Conte juga  juga membuat pensil dengan berbagai campuran lainnya seperti dari kayu dan kertas yang  nyaman dipakai.Demikianlah  Penemu Pensil.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI