- Advertisement -

Siswa Kelas 2 SD Asal NTT Meraih Prestasi Juara 1 Matematika Tingkat Internasional

Siswa kelas 2 asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay atau biasa sapaan Nono berhasil meraih prestasi membanggakan usai menyabet juara pertama International Abacus World Competition 2022.

Untuk diketahui, International Abacus World Competition 2022 merupakan kompetisi matematika dan sempoa tingkat dunia yang diselenggarakan oleh International Abacus Brain Gym (ABG).

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Bocah yang akrab disapa Nono itu berhasil mengalahkan 7.000 peserta lainnya dari seluruh dunia. Ia menjadi satu-satunya siswa asal Indonesia yang mampu meraih peringkat pertama pada kompetisi tersebut semenjak ABG didirikan sejak 2003 silam.

Prestasi Nono ini turut diapresiasi oleh Gubernur NTT Kupang, Viktor Bungtilu Laiskodat.

“Saya senang dan bangga melihat anak seperti Nono atau Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2, Amarasi Selatan, yang meraih posisi pertama dalam kompetisi tingkat dunia Abacus Brain Gym tahun 2022,” tulisnya dikutip dari unggahan Instagram resmi @viktorbungtilulaiskodat.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Menurutnya, prestasi yang ditorehkan Nono tidak hanya membanggakan NTT namun juga dunia. Acara penyerahan Abacus Brain Gym Award 2022 kepada Nono turut dihadiri oleh Gubernur Viktor bersama dengan Bupati Kupang Korinus Masneno, Founder ABG USA Juli Agustar Djonli dan Founder ABG Indonesia Aguslina Angkasa di Ruang Rapat Gubernur NTT pada 10 Januari 2023 lalu.

BACA JUGA:  Kebijakan Baru Menteri PAN-RB untuk PNS dan Honorer

Dalam acara tersebut, Nono diberi kesempatan untuk unjuk kemampuannya di bidang Matematika. Ia diminta menjawab soal yang dilontarkan secara lisan oleh Juli.

Melalui tayangan YouTube Biro Umum Setda Provinsi NTT, terlihat Nono mampu menjawab semua soal dengan cepat dan tepat hanya dalam hitungan detik.

“Ini membuktikan Nono otaknya telah berkembang dengan cepat sehingga saya tidak perlu menulis soal tetapi Nono bisa dengar dan tangkap setiap angka (dalam menjawab pertanyaan),” puji Juli atas kemampuan Nono dalam menghitung.

Pada kompetisi Matematika tingkat dunia itu, Nono berhasil menyelesaikan 15.201 file, dalam 1 file ada 10 soal, jadi total soal yang berhasil dikerjakan Nono dalam jangka waktu satu tahun ialah sebanyak 152.010 soal yang diujikan dalam bentuk virtual dan listening dalam bahasa Inggris.

BACA JUGA:  Profil Nono, Siswa Kelas 2 SD Peraih Juara 1 Matematika Tingkat Internasional
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sementara itu, juara kedua diraih oleh peserta dari Qatar yang mengerjakan 7.502 file atau 75.020 soal, hanya setengah bagian dari soal yang berhasil dikerjakan Nono dan juara ketiga dari USA yang mengerjakan 6.138 file atau 61.380 soal.

Acara tersebut diakhiri dengan penyerahan penghargaan dari Founder Abacus Brain GYM USA kepada Nono yang berupa piala, sertifikat dan hadiah uang tunai sebesar 200 Dolar AS yang disaksikan langsung Gubernur Viktor dan Bupati Kupang Korinus Masneno.

Selain menjuarai kompetisi tingkat dunia, Nono juga sempat meraih juara pada lomba Olimpiade Matematika Internal Sekolah Binaan Astra.

Gubernur Viktor turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh guru dan pihak terkait yang telah menyelenggarakan kompetisi Matematika internasional tersebut.

“Guru yang baik melahirkan murid yang baik, guru yang pintar melahirkan murid yang pintar, dan guru yang cerdas melahirkan murid yang cerdas,” pungkasnya.

Bagikan

BACA JUGA:

Pendidikan Harus Ikuti Perkembangan Zaman dan Memperhatikan Peradaban Manusia

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ainun Naim mengatakan pendidikan tinggi mempunyai peran yang sangat besar untuk membangun watak dan peradaban bangsa....

Lima Komunitas Gandeng PWI Peduli Salurkan 1000 APD

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Lima  komunitas yang dipimpin oleh Kurniawan Tan,  pengusaha asal Kota Tangerang bekerja sama dengan  PWI Peduli, lembaga sosial milik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)...

Resmi! Libur Panjang Sekolah Saat Natal dan Tahun Baru 2022 Dilarang, Ini Aturannya

Jadwal libur panjang sekolah yang biasanya berlangsung sebelum Natal hingga Tahun Baru resmi ditiadakan. Larangan libur panjang sekolah selama hari Natal dan Tahun Baru 2022...

Jurusan Kuliah yang Berpeluang Besar Jadi PNS, Penting Kalian Ketahui

Jurusan Kuliah yang Berpeluang Besar Jadi PNS, Penting Kalian Ketahui. Memiliki pekerjaan yang mapan hingga mendapatkan tunjangan di hari tua tentunya menjadi idaman banyak...

MUI Sulsel: Higgs Domino Haram, Titik!

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel menegaskan Game Higgs Domino haram. Hal ini disampaikan Komisi Dakwah MUI Sulsel, Firdaus Muhammad. "Unsur haramnya karena ada perjudian," tegasnya....

POPULER

Politani Pangkep Gandeng SMK se Sulbar

Berlangsung di Aula SMKS YPPP Wonomulyo, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Politani Pangkep) melangsungkan kegiatan sosialisasi dan promosi yang dikemas dalam acara Seminar Pendidikan...