- Advertisement -

Suardi Saleh Jadikan Pantai Sumpang Ikon Baru Kabupaten Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Pantai Sumpang Binangae Barru Bakal menjadi ikon baru Kabupaten Barru. Itu ditandai dengan dimulainya pemasangan pertama pancang tanggul, penataan dan revitalisasi Jumat (03/07/2020) .

Proyek yang nilai anggarannya sekira Rp38,5 miliar, bakal dikerjakan hingga 2 Desember 2020 oleh PT Karya Mandiri Surya Sejahtera. Tahap awal, sheet pile tipe W400.1000 plus B sepanjang 10 meter akan dipasang 415 meter. Mulai titik awal sampai ke arah selatan. Begitu pula tiang pancang spun pile 40 cm K600 sebanyak 347 batang untuk 189 titik. Ditambah mini pile kotak 30×30 di 17 titik.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sesuai rencana, fungsi utama dari proyek ini sebagai sarana mitigasi bencana, dan publik space. Termasuk akan dimanfaatkan masyarakat sekitar dan umum sebagai ruang terbuka, sekaligus menjadi ikon baru Kabupaten Barru.

BACA JUGA:  Peraih Medali Emas Porprov Bulukumba Keluhkan Bonus yang Diterima

Bupati Barru Suardi Saleh yang hadir melakukan peletakan pemasangan tiang pancang, mengaku sangat bersyukur jika proyek ini sudah mulai dikerjakan setelah kurang lebih tiga tahun direncanakan.

“Hari ini kita sudah memulai 450 meter ke selatan dengan mengunankan bahan yang telah disiapkan. Mohon dukungan masyarakat Sumpang Binangae, agar proyek tanggul Pantai Sumpang Binangae ini dapat berjalan lancar,” kata Suardi Saleh saat memberi sambutan di lokasi proyek.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ia menambahkan, sebelum dikerjakan, butuh proses yang tergolong lama. Sebab terkendala izin, amdal dan lainnya yang harus dilengkapi. Namun berkat keseriusan dan kesungguhan Pemkab Barru, proyek ini sudah bisa dikerjakan tahun ini.

Meskipun lanjut dia, banyak anggaran di recofusing akibat pandemi Covid-19, akan tetapi pihaknya berusaha semaksimal mungkin, agar dana pembangunan Pantai Sumpang tidak dialihkan. Mengingat, warga sekitar sering terkena dampak bila air barat naik hingga ke rumah.

BACA JUGA:  Assessor Polda Sulsel Dikumpulkan, Kabagbinkar: Peningkatan Kualitas Persiapan AC Tahun 2023

“Insya Allah jika ini sudah selesai, banyak manfaat bisa dirasakan oleh warga. Selain mitigasi bencana, juga akan menjadi tempat rekreasi dan tempat olahraga ringan, maupun ruang publik untuk beragam kegiatan lainnya,” tambah Suardi Saleh yang memiliki latar belakang sebagai arsitek.

Bukan hanya itu, pantai ini diharapkan bisa menyaingi keindahan Pantai Losari Makassar kedepannya. Bahkan sangat memungkinkan menarik minat para wisatawan lokal di Sulsel untuk berkunjung ke Pantai Sumpang.

Di pemasangan tiang yang dihadiri Wakil Bupati Barru Nasruddin AM, serta pimpinan Forkompida, maupun sejumlah tokoh masyarakat, Suardi Saleh meminta kepada Pejabat Pembuat Komitmen dan konsultan pengawas untuk melakukan pengawasan sebaik-baiknya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Laporan, Rus/Humas Barru

Bagikan

BACA JUGA:

Bupati Serahkan 312 Satyalancana Karya Satya Kepada ASN Pemkab Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lepas melaksanakan Apel Besar Pramuka se-Sulawesi Selatan selalu Ketua Kwarcab Pramuka, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si melanjutkan agenda memberikan...

Viral Pemuda Pancasila Baku Hantam dengan Debt Collector di Purwakarta

Baku hantam antara Pemuda Pancasila vs Debt Collector (Mata Elang) di Sadang, Purwakarta pada Minggu, 5 Juni 2022. Keributan dipicu akibat Debt Collector mengambil kendaraan...

Elfriato Beri Motivasi pada Peserta AKAS Jadi Generasi Islami

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Pitumpanua Elfrianto secara resmi membuka kegiatan lomba Ajang Kreasi Anak Sholeh (AKAS), di Kelurahan Siwa Kecamatan Pitumpanua, Minggu (10/03/2019) AKAS...

Kunjungan MUI Bidang Ekonomi, Bupati dan Wakil Bupati Wajo, di Desa Pasaka Kabupaten Wajo

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Bupati Wajo Dr.H.Amran Mahmud. S.Sos. M.Si bersama Wakil H. Amran, SE Beserta Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Ekonomi berkunjung di Perkebunan Kaokao...

Peringati Harganas Danny Target Zero Stunting Hingga 2024 dengan Libatkan Detektor Makassar Recover

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Pemerintah Kota Makassar menargetkan Zero Stunting di Makassar pada tahun 2024. Hal tersebut diutarakan Walikota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto usai menghadiri...

POPULER