Saturday, September 26, 2020

Suka Memecahkan Gelembung pada Bubble Wrap? Ternyata Berguna Untuk Meredakan Cemas dan Stres

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Beberapa barang yang dijual, seperti barang pecah belah, biasanya akan dibungkus menggunakan kemasan plastik yang disebut bubble wrap, sesuai namanya, di permukaannya terdapat bubble atau gelembung-gelembung.

Selain merupakan plastik pembungkus, bubble wrap ternyata banyak dimanfaatkan untuk dimainkan, lho. Biasanya banyak orang yang suka memainkan bubble wrap dengan menekan dan memecahkan gelembung yang ada di permukaan plastik ini.
Tahukah kamu? Ternyata ada penjelasan mengapa seseorang suka memecahkan gelembung-gelembung pada bubble wrap, lho! Biasanya, aktivitas ini dilakukan sembari melakukan aktivitas lain.

Meskipun memecahkan gelembung pada plastik pembungkus ini terlihat sebagai kegiatan yang sepele dan sederhana, ternyata hal ini berhubungan dengan psikologis dan evolusi manusia, nih. Bahkan beberapa penelitian mengatakan, memecahkan gelembung ini sama halnya seperti memainkan fidget spinner, atau menekan squishy.

Para peneliti menyebutkan, menekan dan memecahkan gelembung pada plastik bubble wrap mirip dengan kebutuhan untuk menenangkan diri yang gelisah dan erhubungan dengan Kondisi Stres.

Peneliti percaya, kegiatan memecahkan gelembung bubble wrap berhubungan dengan tindakan kegelisahan yang dialami oleh seseorang, bahkan dikaitkan dengan evolusi manusia. Hal ini berkaitan dengan respons manusiawi pada tingkat stres yang dialami dan menyebar ke seluruh tubuh.

Saat seseorang sedang gugup, secara tidak sadar dirinya akan melakukan hal lain yang bisa mengalihkan pikirannya dari hal yang membuatnya gugup. Apakah kamu pernah melihat seseorang mengetuk-ngetukkan jarinya ke meja, meremas tangan, atau menekan-nekan pena yang sedang dipegangnya?

Nah, hal-hal tadi sebenarnya bertujuan untuk mengalihkan rasa stres atau gugup yang sedang melanda dirinya. Selain itu, dengan memecahkan gelembung plastik bubble wrap juga berguna untuk memberikan waktu pada kita untuk berpikir dalam mengambil berbagai keputusan.

Menekan dan memecahkan gelembung bubble wrap berguna untuk mengurangi tingkat stres dan kegugupan kita karena aktivitas ini membatu untuk membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks. Hasilnya, otot yang lebih rileks dapat mengurangi tingkat kecemasan dan stres.

Bahkan dari penelitian yang dilakukan, hormon dopamin dalam tubuh dilepaskan saat kita memecahkan gelembung pada plastik pembungkus ini. Inilah sebabnya, bagi banyak orang memecahkan gelembung bubble wrap terasa sangat menyenangkan. (*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Kampanye Germas di Era Pandemi Covid-19

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Tim Promosi Kesehatan Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto dan Mahasiwa Magang Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat, melakukan kegiatan...

Terbaik di Indonesia Timur, Komitmen Pemda Barru dalam Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - 'Paritrana' adalah bahasa sansekerta yang bermakna perlindungan, Tidak banyak daerah yang memiliki progresivitas dalam memberikan perlindungan kepada Tenaga Kerja...

Bupati Suardi Sebut Keistimewaan Profesi Bidan di Muscab IBI Cabang Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id -Musyawarah cabang ketujuh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Barru, digelar di Gedung Tower Kantor Bupati Barru dan dibuka oleh Bupati...

Kemenag Luncurkan Garda Kagum; Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru Madrasah

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kemenag Luncurkan Garda Kagum; Gerakan Pemberdayaan Komunitas Guru MadrasahPeluncuran Garda Kagum KemenagKab. Barru - Kementerian Agama Republik Indonesia meluncurkan...

DPK Sulsel Gelar Bimtek Perpustakaan untuk Peningkatan Performance Pengelola Perpustakaan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh Hasan Sijaya, S.H., M.H membuka acara Bimbingan Teknis Perpustakaan Angkatan...

REKOMENDASI