Syarat Sekolah Bintang Lima Jika Perpustakaannya Sesuai Standar

Itulah salah satu syarat wajib yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin Mustakim saat menerima kunjungan silaturahmi Kepala Dinas Perpustakaan Makassar, Tenri Apalallo bersama sejumlah rombongan pejabat struktural dan fungsional di Aula Dinas Pendidikan Kota Makassar, Rabu (05/01).

Kata Muhyiddin, perpustakaan bagian terpenting dalam pendidikan dan salah satu syarat Sekolah disebut Bintang Lima sesuai visi dan misi Walikota Makassar, maka Perpustakaannya harus sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

“Semua perpustakaan sekolah harus memiliki Nomor Pokok Perpustakaan (NPP), nanti akan saya perintahkan semua sekolah untuk memperhatikan perpustakaannya dan tenaga perpustakaannya harus jelas,” tegas Muhyiddin.

- Iklan -

Muhyiddin menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

“Saya hampir lima tahun di Dinas Perpustakaan dan menyadari bahwa peran perpustakaan itu penting.

Tidak mungkin ada orang berhasil dan sukses tanpa membaca. Olehnya itu, Perpustakaan Sekolah harus bagus dan sesuai Standar,” ungkapnya.

- Iklan -

Dinas Pendidikan akan mendukung program Sentuh Pustaka Dinas Perpustakaan ke semua sekolah.

Baca Juga:  MPLS SMP Islam Athirah Bukit Baruga Hadirkan BNN

“Saya akan menyampaikan kepada pihak sekolah tolong diterima dengan baik Tim Sentuh Pustaka dan saya tidak mau mendengar ada sekolah yang tidak merespon program ini.

Tim Sentuh Pustaka didalamnya ada para Pustakawan. Mereka bekerja atas panggilan jiwa, kasih tempat mereka untuk bekerja dan kita harus bersyukur karena sudah dibantu dan diberikan pendampingan,” terang Muhyiddin.

- Iklan -

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri Apalallo mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatian Kepala Dinas Pendidikan.

Tenri mengatakan sampai hari ini Perpustakaan Sekolah yang diakreditasi masih 19 unit. “Masih sedikit sekali pak Kadis,” tutur Tenri sambil melirik Kadis Pendidikan, Muhyiddin.

Perpustakaan Sekolah yang sesuai Standar bahkan yang terakreditasi melalui program Sentuh Pustaka baru 19 Perpustakaan Sekolah padahal jumlah Sekolah di Kota Makassar yang Perpustakaannya menjadi binaan Dinas Perpustakaan mencapai ribuan.

SD Negeri/ Swasta sebanyak 459 unit dan SMP Negeri/ Swasta sebanyak 230 unit. Kemudian ditambah PAUD/ TK yang tahun ini sudah ada regulasi dari Perpustakaan Nasional terkait Standar Nasional Perpustakaan PAUD. Jumlah PAUD/ TK sebanyak 915 unit.

Baca Juga:  SD Inpres Perumnas Laksanakan MPLS

Selain Perpustakaan Sekolah, Dinas Perpustakaan juga membina Perpustakaan Kecamatan, Kelurahan dan Kepulauan. Perpustakaan Khusus dan Perpustakaan Komunitas yang keseluruhan jumlah perpustakaan yang akan dibina sebanyak 1824 unit.

Pertemuan yang dirangkaikan silaturahmi dengan suasana penuh kekeluargaan ini dihadiri masing-masing pejabat struktural dan fungsional kedua belah pihak.

Dari Dinas Pendidikan terlihat hadir Sekdis Dinas Pendidikan, Aminuddin Tarawe, Kabid GTK Dinas Pendidikan Kota Makassar, Pantja Nur Wahidin dan Kabid PAUD DIKMAS, Hikmah Manganni beserta Pejabat Fungsional dan staf.

Dari Dinas Perpustakaan hadir Sekretaris Dinas, Andi Mappanyukki, Kabid Pengembangan Koleksi dan Perawatan Bahan Pustaka, Andi Akbar Kamal, Kabid Layanan, Alih Media dan TI Perpustakaan, Bau Ismail Datu Sawa, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran yang juga sebagai moderator pertemuan, Muh. Thato Amran Kudus dan Sejumlah Pejabat Fungsional Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar beserta Staf. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU