Sunday, May 31, 2020

Tak Pakai Plastik, Kenapa Disebut Operasi Plastik?

- Advertisement -

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Kamu yang suka K-Pop pasti perna mendengar kata operasi platik. Korea memang sangat identik dengan operasi kecantikna ini. Tapi pernahkah kamu memikirkan seperti apa sejarah operasi plastik?

Kenapa disebut operasi plastik, sementara prosedur bedah ini tak pernah menggunakan bahan plastik? Saat istilah operasi plastik muncul, bahan plastik sendiri bahkan belum ditemukan, lho.

Prosedur operasi plastik tertua yang tercatat sejarah dilakukan pada abad 16. Gaspare Tagliacozzi, seorang tabib asal Italia mencoba memperbaiki cacat hidung salah satu pasiennya dengan transplantasi jaringan kulit dari lengan bagian dalam.

Sementara istilah operasi plastik sendiri digunakan untuk pertama kalinya pada abad 19, tepatnya pada tahun 1837. Namun seperti yang sudah kita ketahui bersama, bedah kosmetik ini sama sekali tidak menggunakan bahan plastik yang baru ditemukan 18 tahun kemudian. Lalu dari mana istilah operasi plastik berasal?

Nah, kata plastik dalam operasi plastik diadopsi dari bahasa Yunani, yaitu plastikos. Kata ini memiliki arti ‘membentuk’ atau ‘mencetak’, sesuai dengan tujuan operasi plastik pada saat itu, yaitu rekonstruksi bagian tubuh yang rusak atau mengalami kecacatan.

Pada pertengahan abad 19, jenis operasi plastik semakin beragam. Salah satunya adalah rhinoplasty atau operasi hidung. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknik anestesi dan sterilisasi yang penting untuk meminimalisir risiko dalam operasi plastik.

Kendati demikian, pada masa itu operasi plastik belum diakui sebagai salah satu cabang ilmu kedokteran. Sekarang sudah tahu kan?! (*)

- Advertisement -

TERKINI

Lantamal VI Terjunkan Pasukannya Sandarkan KRI Banda Aceh-593 Di Pelabuhan Hatta Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kapal Perang TNI AL yang panjangnya melebihi lapangan bola tiba di Makassar hari ini, Minggu (31/05/2020). Kapal perang...

IDAI Minta Sekolah Ditutup Sampai Desember 2020

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ikut merespon wacana pembukaan sekolah seiring berakhirnya masa tanggap darurat Covid-19 pada 29 Mei 2020, serta berakhirnya...

Selamat! UIN Alauddin Peringkat Ketiga Paling Diminati di UMPTKIN 2020

Gowa, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pemeringkatan peminat Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) 2020 untuk pilihan pertama menempatkan UIN Alauddin Makassar diurutan...

Pemudik Asal Bone Ingin Balik ke Jakarta Ternyata Positif Covid-19

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Seorang warga dari Desa Pattimpa Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, yang hendak balik ke Jakarta ternyata terkonfirmasi Positif Covid-19, Sabtu (30/5/2020).

REKOMENDASI