Asah Otak Agar Lebih Trampil, Coba Jawab Test IQ Ini

Test IQ merupakan salah satu bentuk ujian atau evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keterampilan dan kecerdasan otak. Umumnya, test IQ tersebut diselenggarakan oleh pihak tertentu yang diberi tanggung jawab dan dipercaya untuk memberikan serangkaian pertanyaan.

Test IQ tersebut umumnya berisikan pertanyaan-pertanyaan untuk menguji kemampuan kognitif, logika, bakat, hingga psikologis atau karakter seseorang. Sejumlah pertanyaan dalam test IQ tersebut pun bermacam-macam, ada dalam bentuk gambar, tulisan, dan lain sebagainya.

Meski disebut mampu merepresentasikan, namun test IQ tersebut juga tak selalu akurat untuk mengukur tingkat intelektual seseorang. Hasilnya pun akan tergantung pada banyak hal seperti kondisi psikis, lingkungan, dan lain-lain. Maka dari itu, hasil dari test IQ disebut hanya berlaku untuk jangka waktu tertentu.

Setelah itu, seseorang yang telah melakukan serangkaian test IQ wajib melakukannya kembali untuk memperlihatkan situasi terkini. Bagi Anda yang hendak berlatih untuk menjalani test IQ, berikut ini bisa saja menjadi referensi Anda.

BACA JUGA :   36 Ucapan Hari Guru Nasional, Ucapkan Kepada Pahlawan Pendidikan

Test IQ Gambar Ikan

Latihan test IQ yang pertama yakni dengan menggunakan gambar berikut ini. Dalam gambar di bawah ini, Anda akan mendapatkan banyak penampakan yang terlihat di dalam satu bingkai.

- Advertisement -

Tujuan dari adanya test IQ macam ini yakni tak lain untuk membantu Anda menentukan tingkat ketelitian saat melihat gambar atau menyaksikan suatu fenomena. Hitung dan tebak banyaknya jumlah gambar lumba-lumba di dalam gambar tersebut.

BACA JUGA :   Paling Update! Ini Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2022/2023

Jika Anda teliti, maka gambar tersebut akan menunjukkan lumba-lumba sejumlah tujuh ekor.

Test IQ Gambar Hitam Putih

Latihan test IQ yang berikutnya yakni masih menggunakan media gambar abstrak. Seperti gambar sebelumnya, Anda akan mendapatkan banyak gambar yang terlihat di dalamnya. Sekilas jika Anda tak teliti, gambar tersebut hanya berupa garis dan bidang tertentu berwarna hitam dan putih.

Namun, coba lihat lebih jelas dan dekat kembali. Rupanya, terdapat sepuluh jenis binatang yang dimunculkan di dalam gambar yang nampak seperti pepohonan tersebut.

Bagikan

BACA JUGA:

Bermain Warna dengan Anak, Ini Tips Tetap Kreatif

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Bertanya adalah salah satu kegiatan yang selalu dilakukan anak. Mereka tak henti-hentinya mengeksplorasi dan mencari tahu tentang berbagai hal di lingkungannya. Belajar warna bisa...

Diklat Guru Program Organisasi Penggerak Diikuti Ratusan Guru dan Kepala Sekolah di Jeneponto

Sebanyak 172 dan 20 kepala sekolah SD se-Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, kembali mengikuti Diklat Guru Program Organisasi Penggerak (POP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset...

7 Tips Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini

Anak usia dini memiliki potensi yang luar biasa. Saat itu otak tumbuh pesat dan siap diisi dengan berbagai informasi dan pengalaman. Penelitian menunjukkan anak...

10 Contoh Soal Psikotes Analogi Verbal Beserta Pembahasannya

Contoh Soal Psikotes Analogi Verbal. Analogi  Verbal/Padanan Kata adalah Tes untuk menilai kemampuan dalam mengartikan makna, fungsi dan pemakaian kata yang mempunyai padanan hubungan fungsi atau analogi dengan kata...

Ini Perbedaan Penggunaan Titik Koma dan Titik Dua

FAJARPENDIDIKAN.co.id-PUEBI merupakan wujud dari penyempurnaan ejaan bahasa Indonesia yang telah dilakukan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang...

POPULER