Home Edukasi Universitaria

Universitas Dipa Makassar: Daftar Program Studi dan Akreditasinya

Universitas Dipa Makassar: Daftar Program Studi dan Akreditasinya
Universitas Dipa Makassar: Daftar Program Studi dan Akreditasinya. [Foto: Int.]

Universitas Dipa Makassar adalah salah satu perguruan tinggi swasta di LLDIKTI Wilayah IX SULTANBATARA, yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sejak tahun 1994/1995 dengan Nama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dipanegara berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 057/D/O/1994 tanggal 7 Juli 1994, dengan status terdaftar program studi (prodi) Sistem Informasi (Manajemen Informatika) dan prodi Teknik Informatika, Jenjang Program Strata Satu (S1).

Dan untuk Jenjang Diploma Tiga Manajemen Informatika terdaftar tanggal 21 Juni 1996 dengan No. 38/DIKTI/Kep/1996. Pada tanggal 28 Desember 2018 berdasarkan SK Menristek DIKTI No. 1232/KPT/I/2018 menambah program studi baru Rekayasa Perangkat Lunak jenjang Strata Satu (S1).

Pada tanggal 08 Februari 2021 Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 28/D/O/2021 STMIK Dipanegara berubah bentuk menjadi Universitas Dipa Makassar dengan tambahan 2 (dua) program studi, Bisnis Digital (S1) dan Kewirausahaan (S1).

Masing-masing Program Studi sudah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Penyelenggaraan pendidikan sudah melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan Pendidikan, melaksanakan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dan penyelenggaraan manajemen disesuaikan dengan peraturan yang berlaku.

Visi Misi Universitas Dipa Makassar

Visi

Menjadi Universitas yang unggul secara nasional, pelopor dalam pengembangan dan pembaharuan ilmu dan teknologi yang bermanfaat, dan mampu bersaing secara lokal maupun global pada tahun 2045

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas internasional untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, tangkas, berjiwa entrepreneur dan technopreneur.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan dan menemukan ilmu pengetahuan dan teknologi baru yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai sarana implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Melaksanakan kerjasama yang bermanfaat dengan lembaga lembaga lokal maupun global untuk kepentingan kemajuan universitas, nusa dan bangsa.

Akreditasi Universitas Dipa Makassar

  • Status PT Aktif
  • Akreditasi (B)
  • Tanggal Berdiri 08 Februari 2021
  • Nomor SK PT 28/E/O/2021
  • Tanggal SK PT 08 Februari 2021
  • Alamat Jalan Perintis Kemerdekaan KM. 9, Kota Makassar
    Kota/Kabupaten Kota Makassar – Prov. Sulawesi Selatan – Indonesia
BACA JUGA:  Mahasiswa FKM Unhas Menyuluh ASI Ekslusif, Program Bina Desa Mahasiswa

Daftar Program Studi di Universitas Dipa Makassar

Program Studi Sistem Informasi

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi tersedia untuk jenjang Sarjana (S1) serta telah terakreditasi “B”.

Program studi ini cocok untuk kamu yang ingin terjun ke ranah IT, namun tidak terlalu ingin mendalami seluk-beluk programming, atau malah ingin sekaligus dapat ilmu bisnis dan manajemen.

Program studi ini juga pas untuk kamu yang suka bekerja dengan orang banyak, dan pastinya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Program Studi Teknik Informatika

Program Studi (Prodi) Teknik Informatika tersedia untuk jenjang Sarjana (S1) serta telah terakreditasi “B”.

Untuk menguasai Teknik Informatika, paling tidak kamu memahami logika dan matematika.

Mahasiswa Teknik Informatika akan menghabiskan banyak waktunya dengan pemrograman, dan pemrograman itu sendiri adalah perwujudan dari algoritma (matematika dan logika).

Tapi, kalau kamu tertarik dengan dunia teknologi dan memiliki minat untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak maka program studi ini tentu bisa menjadi pilihan kamu.

Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Program Studi (Prodi) Rekayasa Perangkat Lunak tersedia untuk jenjang Sarjana (S1) serta telah terakreditasi “Baik”.

Prodi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) berdiri pada tanggal 28 Desember 2018. Kurikulum didesain dengan masa studi 8 semester namun mahasiswa dimungkinkan dapat menyelesaikan studi kurang dari 8 semester.

Dalam rangka mempercepat masa studi, prodi RPL memberikan fasilitas berupa Dipa Online Course kepada calon mahasiswa baru untuk mengumpulkan sks sebelum terdaftar di prodi RPL.

Matakuliah disesuaikan dengan kebutuhan menjadi: software engineer berkompeten dalam dunia usaha dunia kerja, kebutuhan melanjutkan studi lanjut, dan kebutuhan untuk melahirkan startup muda dalam bidang software engineering.

Dosen prodi RPL berkualifikasi S2 dan S3 serta aktif dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi di mana dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen selalu melibatkan mahasiswa prodi RPL agar mahasiswa sejak dini mendapatkan pengalaman atau temuan-temuan yang baru yang bermanfaat serta dapat mengabdikan diri ke masyarakat.

Prodi RPL sangat cocok untuk generasi milenial karena memberikan pengetahuan tentang prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak yang tepat guna, tangguh, dan mudah digunakan.

BACA JUGA:  Songsong Indonesia Emas, Rektor UNM Ajak Mahasiswa Aktualisasikan Pemikiran Bung Karno

Para mahasiswa akan mempelajari cara mendesain dan menganalisis algoritma dan pemrograman menggunakan struktur data yang efisien, mengembangkan aplikasi berbasis web/mobile, pembuatan dan pengembangan aplikasi game serta pengembangan perangkat lunak cloud.

Dalam rangka menunjang proses pembelajaran, pengembangan bakat, serta membina kegiatan sosial mahasiswa membentuk study club dan UKM.

Peningkatan sistem komputer dan banyaknya informasi menyebabkan diperlukannya ketersediaan perangkat lunak yang tangguh dalam mengintegrasikan keduanya.

Selain itu, start-up dalam bisnis digital semakin bertumbuh dan berkembang yang menyebabkan terciptanya beragam model bisnis digital baru.

Hal ini menyebabkan ide inovasi bisnis digital serta teknologi membutuhkan Software Engineer yang kreatif dan inovatif.

Tingginya peranan software dan software engineer telah dibuktikan dalam penciptaan peluang bisnis baru dan juga lapangan kerja sebagai software engineer yang terbuka lebar.

Program Studi Kewirausahaan

Program Studi (Prodi) Kewirausahaan tersedia untuk jenjang Sarjana (S1).

Setelah lulus dari prodi Kewirausahaan, kamu memiliki bekal dan potensi yang sangat cukup untuk menciptakan lapangan kerja sendiri dan juga untuk orang banyak.

Prodi ini memang mempersiapkan kamu untuk menjadi pengusaha.

Namun, pengusaha tidak hanya terbatas pada pengelolaan bisnis sendiri atau menciptakan bisnis baru, tapi juga meningkatkan produktivitas bisnis yang telah ada.

Karena itu, lulusan prodi Kewirausahaan dibutuhkan oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang bisnis apapun.

Lulusan prodi Kewirausahaan juga berperan dalam mengurangi jumlah pengangguran, karena daat memberdayai diri sendiri dan juga orang banyak.

Program Studi Bisnis Digital

Program Studi (Prodi) Bisnis Digital tersedia untuk jenjang Sarjana (S1).

Program studi Bisnis Digital memiliki kekuatan pada pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital.

Prodi ini dikembangkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia di bidang: Penguasaan start-up digital; Market place; Big data; dan Artificial intelligence.

Program Studi Manajemen Informatika

Program Studi (Prodi) Manajemen Informatika tersedia untuk jenjang Diploma Tiga (D3) serta telah terakreditasi “B”.

Program Studi manajemen informatika itu berbeda dengan Program Studi yang berbasis komputer lainnya karena Program Studi ini lahir sebagai akibat dari kebutuhan sumber daya manusia untuk memanajemen fungsi sistem software agar tetap berjalan dengan lancar.