Barru, FAJARPEDIDIKAN.co.id – Dalam rangka menangkal penyebaran dan penularan virus Corona atau Covid-19 di Barru, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Barru menggelar Rapat kesempakatan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di ruang rapat Bupati Barru, Jalan Sultan Hasanuddin, Coppo Barru Kabupaten Barru, pada hari Senin 23 Maret 2020.


Terpantau hadir bersama Bupati Barru H Suardi Saleh pada rapat kesepakatan tersebut, Dandim 1405 Mallusetasi Letkol Kav. Ali Syaputra Siregar, Kapolres Barru, AKBP Welli Abdillah, Kajari Ardi Suryanto, Ketua DPRD Lukman T, Plh Sekda, Abustan, bersepakat untuk menguatkan sinergitas.
Diketahui dari Bupati Barru H Suardi Saleh bahwa, salah satu yang menjadi pembahasan dalam rapat tersebut yakni, penanganan di setiap wilayah perbatasan dan tempat keluar masuk Kabupaten Barru, khususnya pada dua pelabuhan, Garongkong dan Awarange.

“Pada pertemuan kita kali ini, salah satu penekanannya adalah saling bekerjasama menjaga penyebaran virus Corona, khususnya menjaga pintu masuk ke Barru. Seperti perbatasan Pangkep-Barru, perbatasan Soppeng-Barru, perbatasan Parepare-Barru, Pelabuhan Garonkong, dan Pelabuhan Awerangnge,” ujar Suardi Saleh.

Baca Juga :   Hand Sanitizer Efektif Mencegah Virus Corona? Ini Faktanya!

Mengenai hasil rapat koordinasi Forkopimda, Suardi Saleh juga menambahkan, terutama di area pelabuhan, pihaknya akan menurunkan tim kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau suhu tubuh ke setiap penumpang atau pengendara yang masuk di wilayah Barru.

“Semua perbatasan ini agar diperiksa oleh tim kesehatan sesuai prosedur tim kesehatan bagi semua pengendara. Kecuali bus besar yang melintas, hanya disemprot bagian mobil saja”, pungkas Suardi Saleh.

Dalam rapat yang berlangsung kurang lebih dua jam ini, Suardi Saleh juga menyampaikan jika pihaknya sudah memerintahkan kepada semua Camat untuk melakukan pendataan di wilayahnya masing-masing, terutama menjelang Ramadan yang menjadi kebiasaan masyarakat kembali berkumpul dengan keluarganya.

Reporter : Abd Latif Ahmad