Tata Cara Mandi Wajib Pasutri Setelah Berhubungan di Bulan Ramadhan, Kata Ustadz Adi Hidayat

FAJAR Pendidikan

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan tata cara mandi wajib keramas pasutri setelah berhubungan di bulan puasa Ramadhan. Harus mengikuti adab agar amal puasanya diterima Allah SWT.

Pada saat puasa Ramadhan pasutri harus melakukan hubungan intim sesuai adab, karena tidak boleh melakukannya pada saat puasa Ramdhan agar tidak membatalkan puasanya. Kemudian agar kesucian ibadah puasanya terjamin, diperlukan tatacara mandi wajib keramas pasutri atau mandi junub untuk membersihkan hadas besar.

Tata cara mandi wajib keramas pasutri di bulan puasa, lebih dikenal sebagai mandi junub, sangat diperlukan umat muslim untuk dipraktikkan demi menjamin kesucian.

Tata cara mandi wajib keramas pasutri ini digunakan dalam Islam untuk menggambarkan kegiatan mandi yang dimulai dengan niat tertentu dan dimaksudkan untuk membersihkan tubuh dari hadas besar agar ibadahnya diterima Allah SWT.

Dikutip dari kanal YouTube Adi Hidayat Official dengan judul: Tutorial Mandi Besar (Mandi Junub) – Ustadz Adi Hidayat. pada, 22 Agutus 2021. Berikut ini tata cara mandi wajib:

BACA JUGA :   Hukum Kurban dalam Syariat Islam, Keutamaan dan Dalilnya

Niat

Doa niat mandi junub wajib keramas pasutri di bulan puasa Ramadhan ini bisa dibaca dalam hati atau bersuara sebagai berikut:

Bismillahirahmanirahim; Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari minal janabati fardlon lillahi ta’ala“.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala.”

Mencuci Tangan 3x

Setelahnya mencuci tangan sebanyak 3 kali untuk menghilangkan najis sesuai dengan sunnah Rasulullah.

Bersihkan Bagian yang Kotor

Kemudian bersihkan bagian tubuh yang kotor dan tersembunyi dengan tangan kiri, misalnya bagian kemaluan.

Selanjutnya cuci kedua tangan kembali sehabis membersihkan bagian tubuh yang kotor dan tersembunyi.

BACA JUGA :   Kiat Praktis Mengajar Anak Hafal Al-Qur’an Sebelum Usia 7 Tahun

Wudhu

Dilanjutkan dengan melakukan gerakan wudhu seperti tata cara wudhu saat akan melakukan sholat.

Mandi

  • Membasahi bagian kepala sebanyak 3 kali hingga pangkal rambut.
  • Menyela pangkal rambut dengan jari-jari yang sudah dicelup ke air sampai menyentuh bagian kulit kepala agar air masuk serta membersihkan hingga pangkal rambut.
  • Diakhiri dengan mandi dan membersihkan seluruh anggota tubuh mulai dari bagian tubuh yang kanan dan dilanjutkan dengan yang kiri.

Menyela pangkal rambut hanya diwajibkan untuk laki-laki, menurut HR At-Tirmidzi. Ini adalah sesuatu yang tidak wajib dilakukan oleh wanita.

Perlu diingat pastikan lipatan kulit atau area tubuh yang tersembunyi ikut dibersihkan saat melakukan rangkaian tata cara mandi junub wajib.

Demikian tata cara mandi wajib keramas pasutri adab di bulan puasa Ramadhan yang wajib dilakukan agar amal ibadahnya diterima Alah SWT.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI