Tata Cara Sholat dan Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar Lengkap

Bulan ramadhan adalah bulan keberkahan di mana pada 10 malam terakhir bulan ramadhan merupakan puncak tertinggi dalam menanti malam yang penuh berkah yaitu malam Lailatul Qadar. Dengan selalu menghidupkan malam-malam terakhir di bulan Ramadhan.

Malam Lailatul Qadar jatuh pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang mendapat tempat spesial di sisi Allah SWT, sehingga Allah menyiapkan pada malam tersebut ampunanNya yang sangat besar juga pahala lainnya.

Sangat disayangkan jika seorang Muslim melewatkan itu semua. Salah satu yang masyhur, bahwa malam tersebut adalah malam yang sangat mulia, kemuliaannya lebih baik dari malam 1000 bulan.

- Advertisement -

Seperti yang diterangkan dalam QS. Al-Qodr Ayat 3 Yang berbunyi :

- Advertisement -

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. (Al-Qadr ayat 3)

Salah satu amalan Lailatul Qadar yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah menunaikan ibadah sholat Lailatul Qadar di malam hari.

Lantas, berapa rakaat sholat Lailatul Qadar?

Tata cara sholat Lailatul Qadar :

1. Melaksanakan Qiyamullail

BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Sabtu 26 November 2022: Fokus Utama Kuasa Rohani

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan sholat malam pada bulan Ramadhan tanpa memberi perintah yang mewajibkan. Lalu beliau bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

“Barang siapa sholat malam pada bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya diampunilah dosa-dosanya yang telah lampau.”

2. Memperbanyak Amalan- Amalan Penting

Memperbanyak zikir adalah salah satu cara paling mulia untuk menghabiskan malam guna mendapat kemulian malam Lailatul Qadar.

Adapun Dzikir yang mungkin dilaksanakan Adalah bacaan tahlil Atau istighosah bagi yang berorganisasi Nahdlatul Ulama, adapun yang selaiin itu bisa membaca Al-Qur-an atau bacaan-bacaan Dzikir yang termashur.

3.Memperbanyak Doa (Wirid)

Ada beberapa kesunahan melaksanakan sholat sunah pada bulan Ramadhan, terutama malam-malam sepuluh terakhir.

4. Melaksanakan Tadarus Al-Qur-an

Membaca Al-Qur-an Tidak harus mengkhatamkannya di malam itu juga, dan tidak ada juga yang mewajibkan seorang muslim untuk mengkhatamkan Al-Qur’an di malam itu. Namun jika memang mampu dan bisa

BACA JUGA :   Bacaan Injil Katolik Hari Ini Rabu 23 November 2022, Lengkap dengan Pengantar Injil

Mengkhatamkan Al-Qur’an itu sungguh sangat baik sekali, tidak diragukan lagi orang tersebut akan mendapat pahala yang besar.

5. Melaksanakan sholat Sunnah

Ada beberapa kesunahan melaksanakan sholat sunah pada bulan Ramadhan, terutama malam-malam sepuluh terakhir, antara lain sholat tahajud dan sholat Lailatul Qadar

Tata cara sholat Lailatul Qadar ini tidak jauh berbeda dengan sholat fardhu maupun sholat sunnah pada umumnya. Berapa rakaat sholat Lailatul Qadar?

Sholat Lailatul Qadar dilaksanakan sedikitnya 2 rakaat 1 kali salam maupun sebanyak 4 rakaat 1 kali salam tanpa gerakan tasyahud awal.

Sementara itu pelaksanaan sholat sunnah ini maksimal hingga 12 rakaat.

Panduan lengkap sholat Lailatul qadar

1. Niat Sholat Lailatul Qadar

Sebelum melaksanakan sholat, diwajibkan seorang muslim untuk membaca niat terlebih dahulu Berikut ini niat sholat Lailatul Qadar yang wajib diketahui.

2. Niatnya jika 2 Raka’at:

أُصَلِّى سُنَّةَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى

“Ushalli Sunnata lailatil Qadri Rak’ataini Lillahi Ta’aalaa”

Artinya: “Saya niat sholat sunnah lailatil qadr dua rakaat karena Allah Ta’ala”

3. Niatnya jika 4 Raka’at:

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: