Tatap Muka 27 Wakil Dekan PTKIN, Bahas Kurikulum MBKM

Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) belum dilaksanakan secara merata. Masih banyak kampus PTKIN yang belum mengimplementasikan MBKM.

Padahal hal tersebut adalah hal yang penting pada akreditasi program studi. Hal ini menjadi pembahasan dalam Forum Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Tarbiyah/Kependidikan (Wadek 1) PTKIN di Parapat, Sumatera Utara Rabu, (10/5/2023).

Dihadiri sebanyak 27 Wadek 1 UIN dan IAIN, kegiatan ini dilaksanakan oleh UIN Sumatera Utara 9 -12 Mei 2023 di Hotel Niagara, Parapat Sumatera Utara. Total 220 peserta yang hadir berasal dari 40 PTKIN.

- Iklan -

Dalam pertemuan ini digagas rancangan pemutakhiran kurikulum dan rencana pembuatan website untuk mendukung pelaksanaan MBKM di kampus masing-masing. Agar pelaksanaan MBKM dapat dilaksanakan secara merata pada PTKIN khususnya untuk Fakultas Tarbiyah/Kependidikan. Kelanjutan pertemuan ini secara teknis pembahasannya dilaksanakan secara online.

Baca Juga:  BEM Fakultas Psikologi Unibos Gelar Pelatihan Karya Tulis

Selain itu, forum ini melaksanakan Seminar Internasional AICOIES, 2nd Annual International Conference on Islamic Education for Students. Seminar internasional yang dibuat khusus untuk mahasiswa Fakultas Tarbiyah/Keguruan PTKIN. Mahasiswa yang membawakan presentasi secara offline sebanyak 32 orang dan 57 orang online.

Yang menarik dalam seminar internasional ini yaitu disamping mahasiswa mempresentasikan papernya ternyata presentasi tersebut dilombakan dalam 10 kategori yaitu presentasi terbaik, artikel terbaik, peserta terbaik, presenter pavorit, penelitian original terbaik, metode penelitian terbaik, dan referensi penelitian terbaik.

- Iklan -
Baca Juga:  Unpacti Makassar Berikan Pembekalan Bagi Mahasiswa KKN/P

“Manfaatnya sangat meningkatkan untuk akreditasi” tutur Prof. Dr. Nurussakinah Daulay, M.Psi., Dosen Fakultar Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara selaku koordinator AICOIES.

Semua paper dimasukkan kedalam proceeding dan bagi paper yang terpilih dimuat pada jurnal bersinta yang ada pada Fakultas Tarbiyah, lanjutnya. Paper yang diikutkan dalam lomba hanya yang dipresentasikan secara offline. Dua orang mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Bone juga turut mempresentasikan papernya secara online.

Terakhir, di kesempatan ini dilakukan pembentukan pengurus Forum Wadek 1 PTKIN dan Andi Muhammad Yauri, M.Hum., Ph.D Wakil Dekan 1 Fakultas Tarbiyah IAIN Bone sebagai wakil ketua Forum Wadek 1 ini.*

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU