Selasa, Januari 19, 2021

Tetap Produktif, Mahasiswa Departemen K3 FKM Unhas Selesaikan Magang di 20 Perusahaan

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Magang industri merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) FKM Unhas. Selasa (24/11/2020) telah dilaksakan seminar akhir magang oleh mahasiswa K3 FKM Unhas angkatan 2017 melalui daring (Zoom Meeting).

Seminar ini dihadiri oleh 43 mahasiswa dan dosen K3 FKM Unhas yaitu Yahya Thamrin S.KM., M.Kes., MOHS. Ph.D selaku Ketua Departemen K3 FKM Unhas, Sekreterasis Departemen Dr. Lalu Muhammad Saleh, S.KM., M.Kes, Dr. dr. Syamsiar S. Russeng, MS, Dr. Atjo Wahyu, S.KM., M.Kes, Dr. dr. Masyitha Muis, MS, A. Wahyuni S.KM., M.Kes dan A. Mufliha Darwis S.KM.,M.Kes yang sekaligus dibuka oleh Ketua Departemen K3 FKM Unhas.

Mahasiswa yang terbagi atas 20 kelompok masing-masing mempresentasikan hasil dari kegiatan yang mereka lakukan. Lokasi magang mahasiswa K3 FKM Unhas antara lain Bandar Udara Tampa Padang Mamuju, PT. Indonesia Power PLTU Barru OMU, PT. Angkasa Pura I Makassar, PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Makassar, PT. J Resources Bolaang Mongondow – Sulut.

PT. PLN (Persero) UP3 ULP Hasanuddin, PT. Hadji Kalla, PT. Pelindo IV Kantor Pusat, PT. Dok & Perkapalan Kodja Bahari, Galangan III, PT. Pelindo IV (Persero) TPM, UPP Kitring Sulbar, PT. Semen Bosowa Maros, PT. Industri Kapal Indonesia, PT. Cahaya Hidup Primakarya, PT. PLN (Persero) ULTG Jeneponto, PT. Abe Barokah Jaya Sorowako, PT. Angkasa Pura I, RSUD Jayapura, PT. PLN (Persero) UP3 Palopo, dan PT. Perkebunan Nusantara XIV PG Bone.

Beragamnya lokasi magang yang didapatkan mampu memberikan wawasan atau ilmu baru bagi mahasiswa dan sebagai ajang bertukar pengalaman dan informasi yang didapatkan di lokasi magang. Magang ini dilakukan pada awal bulan September hingga akhir November 2020 yang dilakukan secara daring dan luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Saya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk magang di PT Cahaya Hidup Prima Karya pada Proyek Mechanical Field Erected Tank RDMP JO PERTAMINA RU V Balikpapan, saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru terutama terkait implementasi K3 disana,”  ungkap Alicia Gabriella Elisyefa salah satu mahasiswa magang.          

Menurutnya, penerapan K3 disana sudah sangat bagus dapat dilihat dari program K3 yang dilaksanakan sudah sesuai dengan standar yang ditentukan.

Sementara itu, Sekretaris Departemen K3 FKM Unhas Dr. Lalu Muhammad Saleh, S.KM.,M.Kes mengapresiasi kegiatan magang mahasiswa K3 yang dilakukan di 20 perusahaan dan industri, dan berharap kegiatan ini menjadi jembatan koneksi antara institusi, industri dan mahasiswa sehingga akan memudahkan mengenalkan mahasiswa akan dunia kerjanya.

Seminar ini ditutup oleh Ketua Departemen K3 FKM Unhas, Yahya Thamrin S.KM., M.Kes., MOHS. Ph.D, yang berpesan kepada mahasiswa untuk tetap menjalin komunikasi yang baik dengan pihak perusahaan atau industri di lokasi magang dan berharap dengan berakhirnya kegiatan magang mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman baru yang berharga untuk masa depan.

Citizen Report: Selvi Safitri Hasan

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Sah! STIE Nobel Jalin Kerja Sama dengan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda)

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia Makassar sepakat melaksanakan kerja sama dengan PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda), senin 18...

Jasa Raharja Peduli Sasar Masyarakat Terdampak Covid-19 di Empat Lokasi Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id- PT. Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan mengadakan giat pembagian sembako dengan mengusung tema “Pegawai dan Manajemen Jasa Raharja Berbagi Bantuan Donasi...

Peduli Gempa Sulbar, Sekolah Islam Athirah Galang Donasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah melalui Tim Athirah Peduli melakukan penggalangan donasi untuk korban terdampak gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat,...

PBB Terbitkan Laporan Demografi; Populasi Laki-Laki Jauh Lebih Sedikit

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Baru-baru ini PBB menerbitkan laporang Demografi suku pertama 2019 yaitu manusia berjumlah 7.7 Milyar orang di planet bumi ini.

Opini : Potensi Unggul Generasi Terancam Demi Korporasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) bersama Google, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka menyelenggarakan program Bangun Kualitas...

REKOMENDASI