Think Big and Grow Up jadi Tema Super Camp Sekolah Alam Bosowa

FAJAR Pendidikan

Sekolah Alam Bosowa kembali mengadakan Super Camp 2022 dengan tema “Think Big and Grow Up”.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 24 hingga 25 September 2022.

Super camp merupakan kegiatan berkemah di sekolah alam selama dua hari satu malam yang diikuti oleh anak-anak usia 7 – 12 tahun.

Kepala Sekolah Alam Bosowa, Hairul menjelaskan melalui tema ini diharapkan anak-anak bisa berpikir lebih luas dan tumbuh dengan percaya diri kembali pasca pandemi covid-19 dimana anak-anak kembali merasakan kegiatan-kegiatan secara tatap muka langsung setelah hampir 2 tahun berkegiatan di rumah.

Kegiatan edukasi Sekolah Alam Bosowa ini disertai dengan rangkaian aktivitas bermain sambil belajar yang menyenangkan, seperti fun games, coastel clean up, camp fire, expression stage dan night adventure di alam.

BACA JUGA :   SMA Negeri 8 Bone Gelar Kegiatan Aksi Gizi

“Harapannya melalui kegiatan ini, anak-anak menjadi lebih mandiri, meningkatkan kepedulian terhadap alam, membangun solidaritas, toleransi dalam hubungan sosial serta anak dapat merasakan nuansa alam khas Sekolah Alam Bosowa,” jelas Hairul.

Pendidikan melalui kegiatan berkemah merupakan program pendidikan yang menyelaraskan antara unsur alam dengan muatan pendidikan.

Hal tersebut mendorong anak untuk lebih mengenal alam dalam sudut pandang ilmu pengetahuan, pengembangan keterampilan, wawasan, sikap sosial, dan kepekaan terhadap alam.


Selain itu dapat bermanfaat dalam mengembangkan 5 domain anak, yaitu afeksi, kognisi, bahasa, sosial dan psikomotor.

Kegiatan ini juga fokus dalam kampanye akan pentingnya menjaga lingkungan dengan sosialisasi “Bahaya Sampah”, kemudian disertai dengan membuat ecobrick dari botol plastik dan plastik bekas lainnya.

BACA JUGA :   SMKN 3 Soppeng Raih Penghargaan Apresiasi Giat UKBI

Selanjutnya anak-anak juga diajak mengunjungi Kawasan Pantai Losari untuk mengadakan coastel clean up, yaitu kegiatan membersihkan sampah di sekitar pantai.

“Salah satu tujuan dari Super Camp ialah membangun jiwa peduli lingkungan sejak dini dalam diri anak melalui pemahaman nilai-nilai kebersihan lingkungan baik teori maupun dengan aksi langsung,” ucap Hairul.

Salah satu orang tua peserta Super Camp, Mutmainnah mengatakan bahwa ia senang dengan hadirnya kegiatan camping edukasi Super Camp karena dapat mengajarkan anak untuk mandiri dan juga menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi anak.

Bagikan:

Pilihan

BACA JUGA

- ADV D1 -

TERPOPULER