Kamis, Juni 24, 2021

Tim Peneliti FKM Unhas Gelar FGD Pengembangan Model Pemberdayaan Masyarakat Lorong

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Tim Peneliti Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang Pengembangan Model Pemberdayaan Masyarakat Lorong dalam Mewujudkan Kota Sehat Makassar.

Kegiatan ini dilakukan melalui daring berlangsung pada Rabu, 29 Juli 2020. FGD tersebut dipimpin langsung oleh ketua tim, Prof Sukri Palutturi, SKM., M Kes., MSc PH, PhD. dan dihadiri oleh anggota tim yaitu Dr Lalu Muhammad Saleh, SKM., M Kes., dan Muhammad Rachmat, SKM., M Kes.

Selain itu, juga hadir para anggota tim lapangan dan administrasi yaitu Muhammad Rafli Aidillah, SKM, Achmad Mawardi Shabir, SH, MKM dan St. Rosmanelly, SKM, MKM.

Menurut Prof Sukri dalam paparan singkatnya, paling tidak ada dua pertanyaan yang ingin didiskusikan dalam forum tersebut berkaitan dengan pengembangan atau pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan Kota Sehat Makassar, yaitu faktor apa saja yang  penting untuk pemberdayaan masyarakat lorong dalam mewujudkan Kota Sehat Makassar? dan apa prinsip dan bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat lorong dalam mewujudkan Kota Sehat Makassar?

Setiap peserta diminta menyampaikan pandangan, pengamatan, pengalaman dan usulan ke depan berkaitan dengan isu tersebut.

Posisi peserta memiliki kedudukan sama sehingga secara bergantian peserta memiliki waktu yang sama untuk menyampaikan masing-masing usulan atau pendapatnya.

drg Ita Anwar, M Kes. sebagai Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Makassar memulai diskusi dengan menyampaikan pengalamannya membina lorong sehat di Kota Makassar.

Menurut drg Ita (panggilan akrabnya), pemberdayaan masyarakat sangat bergantung pada kemauan masyarakat yang tinggal di dalam lorong tersebut.

“Lorong ini merupakan binaan dari Puskesmas. Pemberdayaan masyarakat berkaitan dengan motivasi masyarakat dalam mewujudkan lorong sehat. Lorong sehat misalnya ketersediaan air, ventilasi dan kebersihan dan kriteria lainnya,” jelas drg Ita.

“Merubah perilaku masyarakat tidak muda, butuh kegiatan sosialisasi dan sampaikan maksud dan tujuan kegiatan tersebut. Prinsipnya bagaimana mewujudkan masyarakat lorong yang sehat,” lanjutnya.

Untuk mewujudkan tersebut, kata drg Ita, perlu ada musyawarah tingkat kelurahan dan sebagainya dan tentu masyarakat lorong adalah bagian yang penting di dalamnya.

Sementara itu, Asir dari unsur Ketua Forum LPM Kecamatan Ujung Tanah menilai bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat lorong perlu ada tindak lanjut di masyarakat.

“Perlu bekerjasama di lapangan, terdapat banyak kader dan masyarakat yang siap membantu. Dalam kondisi Covid-19, pemberdayaan masyarakat ini perlu ada nilai ekonomi bagi masyarakat. Pembinaan masalah ekonomi, penataan lorong misalnya keindahan dan perbaikan lorong,” ungkapnya.

“Pemberdayaan masyarakat juga ada dimasing-masing SKPD, namun biasanya bekerja sendiri-sendiri,” bebernya.

Selain itu, Partono dari unsur Forum Kota Sehat Makassar melihat bahwa lorong adalah milik masyarakat, terdapat lorong sehat sebuah lorong yang bersih.

“Misalnya, masyarakat lorong dilarang merokok. Kalau dulu misalnya masyarakat masih ada yang merokok di lorong, tetapi biasanya terdapat tempat khusus untuk merokok. Sekarang ini sebaiknya sudah ada larangan yang lebih tegas,” jelasnya.

Menurutnya, Perwali 14 perlu dipertegas tentang Kawasan Tanpa Rokok termasuk di lorong.

“Jadi implementasi di lapangan perlu diperkuat, sosialisasi masyarakat perlu dilakukan secara terus menerus. Jadi pemberdayaan masyarakat ini berkaitan dengan apa yang masyarakat minati, dan masyarakat miliki,” jelasnya.

“Masyarakat kita perlu dipetakan misalnya terdapat masyarakat industri, pesisir dan perkotaan. Kita berdayakan masyarakat lewat apa? Lewat dagang, bisnis kecil-kecil, pengembangan UKM dan sebagainya. Contoh dalam masa Covid-19 ini, masyarakat membuat masker yang lebih nyaman tetapi aman dan memiliki nilai ekonomis pada masyarakat lorong,” terangnya.

Pemberdayaan masyarakat, kata Partono, harus berkelanjutan, harus ada kader-kader yang disiapkan di kelurahan/RT/RW.

Selain itu juga terdapat lorong KB, lorong ekonomi perlu dikembangkan, masyarakat ramah dan produktifitas masyarakat meningkat.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa faktor dana perlu APBD, titip di LPM melalui musrembang.

“Jadi ada otak dan otot (masyarakat), pemikir dan pekerja. Namun untuk keberlanjutan program butuh dejure dan defacto. Jadi lorong kaya fungsi dan kelompok kerja masyarakat lorong (Pokja kota sehat) diperlukan dan pendekatannya adalah pendekatan buttom up,” pungkasnya.

Peserta lainnya yang hadir dalam FGD tersebut adalah Saharuddin Ridwan (Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia), Sember Pambahako Lurah Cambaya, Dr. Irwandy, SKM, MSc.PH, M.Kes., Sekretaris Forum Kota Sehat Makassar, Ahmad Puskesmas Pattingalloang, dan Sekcam Rappocini. (*/FP)

.

Polsek Tempe Bersama Disperindakop dan UMK Kab. Wajo Melakukan Pemantauan Di Pasar Mini Tokampu

Sengkang, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Polsek Tempe bersama Disperindakop dan UMK Kab.Wajo melakukan pemantauan dan Koordinasi di Pasar Mini tokampu, Kel. Siengkang Kec. Tempe Kab.Wajo,...

Terungkap! Fakta Kasus Mayat Terbakar di Maros, Ternyata korban Pembunuhan dan Pelakunya 9 Orang

Maros, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menggelar Press Konference terkait pengungkapan kasus penemuan mayat terbakar di Kampung Tompo Ladang, Desa Padaelo kec. Mallawa,...

Gencarkan Penggunaan Masker,Polsek Pitumpanua Laksanakan Operasi Yustisi

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Polsek Urban Pitumpanua Laksanakan Operasi Yustisi penggunaan masker di wilayah Kec. Pitumpanua, Jumat (18/06/2021). Adapun operasi ini dilaksanakan ditempat yang dianggap ramai seperti...

Grand Opening Dealer MG Pettarani Makassar, Kenalkan Mobil Terbaru MG HS Magnify i-SMART

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Morris Garages (MG) kerja sama dengan PT Sinar Galesong Pratama launching opening dealer MG Pettarani sekaligus kenalkan mobil terbaru MG HS Magnify...

Kodim 1405 Parepare Jalankan Bina Fisik dan Kebugaran di Tengah Aktivitas Padat

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- KODIM 1405/PAREPARE menjaga fisik tetap prima, Prajurit Kodim 1405/Parepare melaksanakan pembinaan fisik di tengah aktivitas bertempat di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kelurahan...

Polres Bone Raih Penghargaan dari Kapolri

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Kepolisian Resor Bone menyabet penghargaan penilaian kinerja anggaran tahun 2020 dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Penghargaan ini diraih atas hasil...

.

.

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

.

UINAM Gelar PKTI Sesuai Keilmuan Jurnalistik

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Universitas Alauddin Makassar (UINAM) gelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) bertajuk “Menulis Kritis dan Ilmiah” dalam keilmuan jurnalistik yang dilaksanakan di Gedung...

UNM Lakukan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kampus V Parepare

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penandatanganan kontrak pembangunan Gedung Kampus V Parepare dengan PT Bumi Permata Kendari. PT Bumi Permata Kendari merupakan perusahaan...

Tim Pulau DPK Sulsel Lakukan Pembinaan Perpustakaan di Barrang Lompo

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Persoalan perpustakaan yang berkaitan dengan koleksi, serta sarana dan prasarana, merupakan beberapa masalah yang ditemukan Tim PULAu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK)...

Cegah Devisit Guru Besar, UIN Alauddin Gelar FGD Akselerasi Guru Besar

FAJARPENDIDIKAN.co.id - UIN Alauddin Makassar menggelar Focus Group Discussion (FGD) Akselerasi Guru Besar, Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk luring dan daring. Untuk luring, dilaksanakan di Ruang...

Prodi HI UINAM Gelar Webinar Gaet Kemenkopolhukam, Ciptakan SDM Unggul

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Program Studi Hubungan Internasional (HI) UIN Alauddin Makassar (UINAM)bersama Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Kemenkopolhukam) menggelar Webinar dan Kuliah Tamu, berlangsung...

.