ADV A1

Tim PKM Fakultas Peternakan Unhas Lakukan Penyuluhan Penyakit pada Itik

FAJAR Pendidikan

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan penyuluhan tentang penyakit itik pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar di Desa Madello, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru pada hari Jumat, 26 Juli 2019.

Menurut ketua Tim PKM, Dr Ir Aslina Asnawi, S Pt., M Si., IPM bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada anggota KWT Mekar sebagai kelompok mitra dalam mengidentifikasi penyakit pada itik, gelaja dan pencegahannya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari kegiatan penyuluahn tentang pengelolaan administrasi kelompok  yang dilakukan sebelumnya oleh ketua tim dan anggota tim lainnya yaitu Dr Ir Sitti Nurani Sirajuddin, S Pt., M Si.

BACA JUGA :   1777 Wisudawan Angkatan 92 Dikukuhkan, Rektor UIN Alauddin: Jadilah Sarjana Padi

Beberapa kegiatan pengabdian ini dilakukan merupakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Hasanuddin-Program Kemitraan-Masyarakat (PPMU-PKM) Pelaksanaan Tahun 2019.

Hadir sebagai pembicara pada penyuluhan tersebut drh. Kusumandari Indah Prahesti, M Si.

Ia banyak memaparkan bahwa ternak itik sangatlah mudah pemeliharaannya karena tingkat adaptasinya sangat tinggi terhadap pakan.

“Sebagian besar masyarakat di Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan banyak yang memelihara itik dalam jumlah skala usaha yang tidak besar yaitu 3-10 ekor per rumah tangga,” ungkapnya.

BACA JUGA :   KKN Profesi Kesehatan Unhas akan Tempatkan Mahasiswa di Jepang

Hal ini juga sesuai dengan kondisi di KWT Mekar karena dipelihara hanya sebagai usaha sampingan dan sebagai tabungan.

Ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa tanda-tanda untuk mengenali penyakit pada itik, penyebabnya, dan bagaimana mencegah dan bahkan mengobatinya.

Turut hadir dalam kegiatan penyuluhan tersebut Ketua KWT Mekar, Mardawiah. Selain itu hadir pula Sappewali, SP selaku Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Balusu, Muhammad Ishaq, S.Hut selaku Penyuluh Kehutanan Kecamatan Balusu dan Erni Azis, S.Hut sebagai Pendamping KWT Mekar Desa Madello.

Kegiatan ini cukup meriah karena dihadiri oleh hampir semua anggota KWT tersebut yang anggotanya adalah ibu-ibu. Ketua KWT berharap agar kegiatan seperti ini dapat berlanjut ke depan. (FP/*)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI