Tim Program Riset Keilmuan Unibos Kerja Sama Koperasi “Hortikultura 45” Kembangkan Riset di Kawasan Puncak Ulu Ere’ Bantaeng

FAJAR Pendidikan

Ulu Ere’ sebagai salah satu Kecamatan di Kabupaten Bantaeng merupakan primadona kawasan puncak Agrowisata di Sulawesi selatan.

Di lokasi inilah Tim Program Riset Keilmuan Universitas Bosowa (Unibos) yang diketuai oleh Dr Ir Zulkifli Maulana, MP beserta Tim Prof Andi Muhibuddin dengan melibatkan 5 orang mahasiswa, bekerjasama dengan koperasi Hortikultura “45” di Desa Bonto Marannu, Kecamatan Ulu Ere’ melakukan riset dengan topik “Pengembangan Teknologi Produksi Benih Kentang di Dataran Medium untuk Mendukung Swasembada Benih Nasional”.

Kegiatan ini dilakukan terkait dengan kebijakan di bidang pendidikan tinggi melalui program “Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)”.

BACA JUGA :   Peringati Dies Natalis FKM Unhas ke 40, Kegiatan Lomba Memasak Berlangsung Meriah

Kegiatan riset mandiri dosen ini didesain untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi permasalahan, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran untuk menghasilkan sebuah produk dengan cara ilmiah yang tepat melalui kegiatan bersama mitra dan dosen.

Mahasiswa akan terlibat dalam tahapan penelitian pengembangan produk-produk inovasi teknologi pertanian dan mengikuti pelatihan/pendampingan.

Dengan tujuan yaitu penelitian mahasiswa diharapkan dapat ditingkatkan secara kualitas maupun kuantitas selama masa riset berlangsung, sehingga, memperoleh hasil penelitian dengan luaran yang lebih optimal, mahasiswa mendapatkan kompetensi penelitian melalui pembimbingan langsung oleh peneliti/dosen, dan meningkatkan ekosistem dan kualitas riset dengan memberikan sumber daya peneliti dan regenerasi peneliti sejak dini.

BACA JUGA :   Kepala LLDIKTI IX Andi Lukman Nilai Wisuda Sarjana XVII STIM Lasharan Jaya Makassar Bukti Kegiatan Tri Dharma Berjalan Baik

“Keterlibatan mahasiswa di Kanal mitra Koperasi Hortikultura “45” selama terlibat dalam proses penelitian/riset lebih fokus membantu dan mendampingi pengelolaan usaha koperasi hortikutura, mendampingi dan membimbing dalam mengajukan rancangan renca kerja serta rancangan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi, membimbing dalam penyelenggaraan rapat anggota, dan mendampingi dan membimbing dalam mengajukan laporan keuangan dan pertanggung jawaban pelaksanaan tugas,” tutur Zulkifli tim Dosen Unibos.

Bagikan:

Pilihan

BACA JUGA

- ADV D1 -

TERPOPULER