Tips Menabung Jutaan Rupiah Dalam Waktu 30 Hari di Bulan Puasa

Tips Menabung Jutaan Rupiah Dalam Waktu 30 Hari di Bulan Puasa. Jadikan Ramadhanmu menjadi momen berhemat. Menabung lebih banyak uang karena selama sebulan penuh berpuasa.

Makan dan minum hanya sewaktu sahur dan berbuka puasa. Jadi biaya makan sebetulnya bisa dipangkas lebih besar.

Kamu bisa menabung jutaan rupiah saat bulan puasa. Berikut tipsnya:

- Iklan -

1. Bulatkan tekad dan buat alokasi anggaran

Melakukan segala sesuatu kalau sudah diniatkan dalam hati, pasti akan semangat. Beda jika gak ada niat sama sekali, bawaannya akan malas.

Kalau sudah bertekad menabung, segera buat alokasi anggaran. Catat pemasukan dan pengeluaran selama Ramadhan.

Misalnya gaji Rp 5 juta. Sisihkan 40% dari gaji untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk membayar cicilan utang, 20% untuk tabungan, dan 10% amal.

- Iklan -

Kemudian seminggu menjelang Lebaran biasanya dapat THR. Katakanlah Rp 5 juta. Alokasikan lagi 30% untuk bayar cicilan utang, 40% untuk kebutuhan Lebaran, dan sisanya 30% ditabung.

Baca Juga:  Cara Lain Hilangkan Flek di Wajah Secara Alami

Berarti total uang yang harus dialokasikan untuk tabungan sebesar Rp 2,5 juta. Jika Lebaran gak mudik, kamu bisa menabung lebih besar. Mungkin 50% dari THR, jadi total anggaran tabungan Rp 3,5 juta.

2. Pangkas pengeluaran, utamakan kebutuhan

Tabungan Rp 3,5 juta tersebut belum memperhitungkan penghematan lain. Salah satunya dari memangkas pengeluaran.

- Iklan -

Dalam hal ini, kamu teliti lagi daftar belanjamu. Pasti ada yang masih bisa ditunda, seperti yang bersifat keinginan.

Jika kamu bisa memangkas 10% saja dari anggaran sehari-hari, berarti tambahan untuk tabungan sebesar Rp 500 ribu.

Begitu sudah dipangkas, pastikan membeli barang sesuai dengan yang sudah direncanakan. Jangan belanja di luar rencana, karena target menabungmu bakal tidak tercapai.

Baca Juga:  3 Langkah Cepat Ajukan Pinjaman Online
Berhemat dengan menolak undangan bukber

3. Tolak undangan bukber

Bila ingin punya tabungan banyak di bulan puasa, kamu harus sanggup mengorbankan buka puasa bersama (bukber) di luar. Tentunya yang merogoh kocek sendiri.

Kebiasaan bukber di luar biasanya selalu menjadi biang keladi pengeluaran membengkak. Seminggu bisa 3 kali. Kalau setiap bukber Rp 50 ribu, berarti habis Rp 150 ribu dalam sepekan. Sebulan berarti Rp 600 ribu.

Kalau Rp 600 ribu kamu sisihkan, tabunganmu sudah mencapai Rp 5 juta di bulan Ramadhan ini. Sama seperti gajimu sebulan kan?

Lebih baik buka puasa di rumah. Memasak sendiri makanan dan minuman berbuka dan sahur, biar hemat. Kecuali jika kamu ditraktir bukber di luar oleh teman atau atasan, jangan menolak rezeki.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU