Tips Mengurangi Konsumsi Gula Agar Terhindar dari Obesitas

Obesitas termasuk masalah kesehatan terbesar di seluruh dunia. Selain menyebabkan masalah kesehatan, kondisi ini juga dapat memicu gangguan psikologis, seperti stres dan depresi.

Obesitas adalah penumpukan lemak yang tidak normal atau berlebihan dalam tubuh. Jika di biarkan, ada berbagai risiko penyakit yang mengintai Anda, seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Obesitas termasuk masalah kesehatan terbesar di seluruh dunia. Selain menyebabkan masalah kesehatan, kondisi ini juga dapat memicu gangguan psikologis, seperti stres dan depresi.

Obesitas berbeda dengan kelebihan berat badan (overweight). Overweight yaitu kondisi kenaikan berat badan berlebih. Kondisi ini tidak hanya di sebabkan lemak berlebih, melainkan juga massa otot atau cairan dalam tubuh.

- Iklan -

Kabar baiknya, masalah obesitas dapat di atasi dengan perubahan pola makan, rutin berolahraga, dan perilaku hidup sehat. Selain pola makan, obat-obatan dan prosedur medis juga bisa menjadi cara mengobati obesitas.

Baca Juga:  Macam-macam Penyakit Pernapasan dan Cara Penyembuhannya

Gula merupakan bahan makanan yang memiliki rasa manis, dan lazim di gunakan pada beragam makanan dan minuman yang kita santap sehari-hari. Tetapi anda perlu tahu satu hal yaitu mengonsumsi gula dengan berlebihan dapat meningkatkan risiko beragam permasalahan kesehatan penyakit tidak menular mulai dari obesitas hingga diabetes dan jantung.

Untuk mencegahnya anda tidak perlu sampai berhenti mengonsumsi makanan dengan gula, tetapi cukup membatasinya saja setiap hari.

- Iklan -

Gula adalah sumber energi bagi tubuh kita, tetapi jika berlebihan maka dapat menyebabkan permasalahan kesehatan serius.

Baca Juga:  Rekomendasi Menu yang Cocok Bagi Penderita Diabetes

Adapun asupan gula setiap hari sesuai dengan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan adalah maksimal 50 gram atau takaran 4 sendok makan perhari. Meski penggunaan gula di batasi, tetapi dalam penggunaan gula sebagai bumbu masih di perbolehkan asalkan tidak berlebihan.

Sebagian besar orang terasa sulit untuk membatasi penggunaan gula dalam makanan sehari-hari, tetapi ada beberapa cara untuk mengurangi asupan gula setiap hari dengan cara sebagai berikut.
  • Kurangi konsumsi makanan olahan yang mengandung gula, garam, dan lemak yang tinggi seperti contohnya adalah cemilan berupa biskuit, kue dan camilan lainnya, konsumsilah makanan dalam bentuk yang asli contohnya bisa anda dapatkan di buah-buahan segar
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU