Monday, October 26, 2020

Tips Santuy Sambil Rebahan Menghadapi Ujian

Menghadapi ujian, seperti Ujian Nasional (UN) pastinya bikin jantung deg-degan dan tidur jadi nggak nyenyak ya. Padahal, saat ketidaktenangan kamu itu malah berpengaruh secara psikologis saat mengikuti ujian nanti, lho.

Well, supaya kamu nggak terus-terusan deg-degan dan bisa tidur nyenyak, fajar pendidikan akan memberikan beberapa tips tenang dan fokus saat ujian nanti. Apa saja ya tipsnya? Yuk, simak di bawah ini!

Belajar mu dipersiapkan jauh-jauh ya

Biar kamu tenang dan fokus saat menghadapi ujian, ada baiknya kamu mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan metode belajar efektif.

Ada banyak cara untuk melakukannya, kok. Misalnya, kamu bisa belajar bersama teman-teman seperjuangan mu atau kamu bisa minta waktu tambahan belajar bersama gurumu di sekolah.

Atau, kamu bisa belajar melalui youtube. Akan banyak materi pembelajaran yang akan membantumu memahami materi-materi ujian dengan optimal. Selain itu, di youtube ada juga  latihan soal yang dapat membantumu mempersiapkan diri menghadapi berbagai soal yang akan muncul pada saat ujian.

Tentunya, belajar efektif ini harus kamu lakukan secara rutin dan terjadwal. Agar ada lengang waktu yang cukup untuk otakmu memproses segala materi pembelajaran dengan seksama.

Jangan ngebut-ngebut yah, belajarnya

Ketika kamu akan menghadapi ujian, usahakan tidak melakukan belajar dengan “sistem kebut semalam” alias SKS. Sebab, hal itu hanya akan membuatmu kekurangan waktu istirahat. Kekurangan waktu istirahat pastinya akan berdampak saat esok harinya kamu mengerjakan soal-soal.

Mulai diganggu rasa kantuk hingga kehilangan fokus akan kamu rasakan saat ujian. Bahkan, tubuh yang kurang istirahat akan membuatmu cepat panik sehingga ketika menghadapi soal-soal yang mudah akan terasa sulit.

Hal itu kiranya terjadi lantaran otakmu bekerja tidak maksimal. Kurang istirahat mengakibatkan asupan oksigen ke otak berkurang dan kinerja otakmu pun melambat. Kurangnya kinerja otak itu akan membuatmu sering blank dan bingung saat membaca soal. Kamu pun jadi kerja dua kali untuk membaca ulang dan memahami pertanyaan pada soal ujian.

Istirahat yang cukup

Tips tenang dan fokus saat ujian nanti adalah kamu harus memiliki tubuh yang fit. Oleh sebab itu, istirahat yang cukup sangat kamu perlukan. Jangan sering begadang dan juga jangan melakukan kegiatan yang kiranya akan menguras energi secara berlebihan.

Usahakan, seminggu sebelum ujian, kamu sudah memiliki pola tidur yang benar. Cobalah untuk tidur dan bangun tepat waktu. Fajar Pendidikan menyarankan kamu tidur lebih awal, yakni jam 9 malam sehingga kamu bisa bangun pukul 6 pagi dengan kondisi segar.

Lalu, ketika bangun tidur nanti, usahakan kamu melakukan sedikit pemanasan sebelum mandi. Hal itu perlu kamu lakukan agar tubuhmu bisa lebih rileks. Biasakanlah jam tidur tersebut dua minggu sebelum ujian. Dengan begitu, saat hari ujian tiba nanti tubuhmu telah beradaptasi dengan pola tidur yang baru.

Persiapkan segala keperluan ujian jauh-jauh hari

Belajar memang wajib kamu lakukan untuk dapat menghadapi ujian dengan mudah. Namun, ada persiapan lain yang tak kalah penting, yakni segala perlengkapan ujian, mulai dari alat tulis hingga kartu ujian.

Kamu harus sudah mempersiapkan segala keperluan ujianmu agar tidak ada yang tertinggal saat akan berangkat ke tempat ujian. Pastikan segala keperluanmu sudah lengkap dan berada di dalam tasmu.

Akan lebih baik, segala perlengkapan ini sudah kamu siapkan di dalam tas seminggu sebelum ujian. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mencari-cari di mana letak benda-benda penting tersebut. Ketika pagi hari menjelang ujian, kamu hanya cukup mengambil tas dan langsung berangkat ke sekolah dengan tenang.

Pelajari bagaimana cara belajar kamu

Foto: zenius

Tips tenang dan fokus saat ujian selanjutnya adalah dengan belajar rileksasi diri. Mempelajari teknik merilekskan diri kiranya cukup berguna agar dapat menenangkan pikiran menjelang ujian. Dengan melakukannya, kamu bisa lebih tenang dan rileks sehingga segala ketakutanmu saat akan menghadapi ujian bisa sirna.

Kiranya banyak varian teknik relaksasi diri yang bisa kamu terapkan. Namun, saran Fajar Pendidikan ialah cobalah teknik yang kiranya sesuai dengan karakter dirimu. Sebab, setiap orang memiliki titik relaksasi yang berbeda-beda. Bila kamu menerapkan teknik relaksasi yang salah, justru teknik itu tidak akan berguna untukmu.

Kenali dulu hal apa saja yang bisa membuat dirimu rileks. Untuk dapat mengenalinya, kamu cukup mengingat kebiasaanmu saat sedang panik. Ada beberapa teknik umum yang bisa kamu terapkan saat akan panik. Teknik tersebut seperti menarik napas panjang, memejamkan mata, dan berhenti berpikir sejenak.

Makan dan Minum jangan lupa

Sebelum kamu menghadapi ujian, jangan sampai lupa sarapan ya. Dengan asupan makanan dan minuman yang cukup, kamu jadi punya cukup energi untuk mengerjakan soal ujian. Saat perut kenyang dan rasa haus hilang, konsentrasi jadi lebih baik, lho.

Tapi ingat guys, jangan berlebihan juga ya. Kalau kondisimu kekenyangan, bukannya mengerjakan soal dengan optimal malah kamu jadi mengantuk. Jangan pula minum berlebihan kalau kamu nggak mau bolak-balik ke kamar kecil.

Cukupkanlah sarapan dengan menu yang ideal dan minum seperlunya, misalnya dengan dua tangkup roti dan segelas susu. Dengan porsi seperti ini, perut pun setidaknya ‘terganjal’ tapi tidak terlalu penuh.

Sumber : Quipper
Editor : Wilda Izzatul Yazida


- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Unibos Kukuhkan 537 Wisudawan, Orang Tua Saksikan Secara Daring

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Rektor Universitas Bosowa (Unibos) hari ini kukuhkan 537 Wisudawan yang dilakukan secara offline bagi para wisudawan dan online untuk...

Nelayan Terima Mesin Konversi BBM ke BBG

Pangkep, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Nelayan tangkap mendapatkan bantuan konverter dari mesin BBM ke bahan bakar gas (BBG). Ini merupakan bantuan Kementerian ESDM bekerjasama Komisi VII...

Kunjungan Kerja, Bupati Pangkep Resmikan SPBU

Pangkep, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, meresmikan secara langsung SPBU satu harga di Pulau Kalu - Kalukuang, Kecamatan Liukang Kalmas, Rabu (21/10).

Sehari Jelang Sertijab, Kadiskes Lantamal VI Makassar Berpamitan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sehari jelang Serah Terima Jabatan (Sertijab), Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Letkol Laut...

Vicon Bersama Tim Penilai Nasional Kemenpan RB, Lantamal VI Paparkan Evaluasi Perkembangan Pembangunan Zona Integritas

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Zona Integritas (ZI) Reformasi Birokrasi (RB) yang sedang dilaksanakan oleh Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) untuk menuju...

REKOMENDASI