- Advertisement -

Tren Belanja Online Kini Banyak Diminati, Tokopedia Nomor 1

Selama pandemi Covid-19 dari tahun 2020 sampai sekarang, tidak hanya berpengaruh pada sektor kesehatan, tapi juga sektor ekonomi. Menariknya, kecenderungan masyarakat untuk belanja melalui platform digital semakin meningkat. Terlebih, sejak pandemi tren belanja online dipopulerkan dari media sosial Tiktok.

Menurut laporan oleh Hootsuite dan We Are Social bertajuk “Digital 2021”, lebih dari 87% pengguna internet di Indonesia membeli beragam produk secara online pada beberapa bulan terakhir di penghujung tahun 2020.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hal ini dipermudah dengan berbagai perangkat elektronik, yang penggunaanya pun meningkat tajam selama pandemi.

Konsumen Indonesia terbukti lebih loyal terhadap ecommerce karya anak bangsa. Hal tersebut terungkap dari hasil survei digital Jakpat Special Report e-Commerce 1st Semester of 2021.

Dalam survei yang melibatkan 1.054 responden di 25 provinsi itu, berdasarkan parameter Net Promotor Score (NPS), posisi Tokopedia di atas kompetitornya seperti Bukalapak, Lazada, JDID, Blibli dan juga Shopee.

BACA JUGA:  15 Ucapan Selamat Hari Ibu dalam Bahasa Inggris dan Artinya, Bagus untuk Status Sosmed
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selama periode semester I-2021, angka NPS Tokopedia sebesar 49 persen dari 567 responden. Hal ini menggambarkan bahwa sekitar 49 persen pengguna ecommerce karya anak bangsa ini memberikan rekomendasi ke konsumen lainnya.

Menurut data JakPat, banyaknya tawaran diskon dan promosi jadi alasan utama orang acap kali belanja online. 82 persen responden berpendapat demikian.

Kemudian, 81 persen mengaku belanja online lebih praktis karena tak perlu keluar rumah. Terlebih, saat ini mengurangi mobilitas dapat menekan risiko penyebaran Covid-19. 72 persen responden mengamini alasan tersebut.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Berdasarkan jumlah pengunjung per bulannya pada kuartal pertama 2021, Tokopedia saat ini menjadi marketplace nomor satu di Indonesia yakni sebesar 135 juta.

Menurut survei ecommerceIQ, salah satu alasan banyak konsumen memilih Tokopedia adalah karena beragamnya pilihan produk yang tersedia.

BACA JUGA:  Ini Usia Terbaik untuk Pembekuan Sel Telur !

Di Tokopedia sendiri, kategori produk yang paling banyak dicari adalah produk elektronik, diikuti dengan fashion dan bahan makanan.

Dari sisi penjual, jumlah merchant di Tokopedia sendiri didominasi oleh UMKM. Untuk mendukung merchant yang berjualan di marketplace, Tokopedia memiliki beberapa fitur yakni fitur promosi, broadcast chat, statistik toko, hingga keuangan dimana pebisnis bisa meminjam modal untuk mengembangkan usahanya.

Shopee menjadi marketplace kedua dengan pengunjung terbanyak yaitu sebanyak 127 juta.

Survei menunjukkan, alasan utama banyak konsumen memilih Shopee adalah karena harga produknya yang terjangkau.

Kategori produk yang paling populer di Shopee di antaranyakecantikan, peralatan rumah tangga, dan fashion, khususnya fashion muslim.

Beberapa fitur yang dapat digunakan pebisnis yang berjualan di marketplace Shopee di antaranya ShopeeLIVE, asisten penjual, chat bot, dan banyak lagi.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: