Tubuh Ramping dan Awet Muda, Ini 5 Pola Makan yang Dilakukan Orang Jepang

FAJAR Pendidikan

Ingin tubuh ramping dan awet Muda tapi tidak memperhatikan pola makan yang benar tentu akan menjadi sia-sia. Karena itu, beberapa negara memiliki pola makan yang dapat mengatur hal tersebut. Salah satunya di Jepang.

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat harapan hidup yang tinggi dibandingkan negara lain, bahkan hingga mencapai 90 tahun.

Hal tersebut tak lepas dari pola hidup orang Jepang yang sehat. Selain itu negara tersebut juga dikenal memiliki tingkat obesitas yang rendah

Tentunya semua itu dipengaruhi dari kebiasaan sehat orang Jepang dalam menjalani kehidupan. Di antaranya sering berjalan kaki, rajin olah raga dan yang tak boleh ketinggalan, yakni perihal pola makan sehat orang jepang.

Makan sehari-hari orang Jepang dikenal sehat dengan komposisi buah, sayur dan ikan atau daging. Pola makan sehat orang Jepang ini dinilai lebih sehat dibandingkan pola makan orang barat yang banyak mengonsumsi junk food. 

Selain itu tadi, masih banyak lagi lo kebiasaan dan pola makan orang Jepang yang nggak ada ruginya untuk kita ketahui. Kalau mau, kita bisa saja turut mengikuti pola makan tersebut agar tubuh menjadi ramping dan sehat. Nah, apa saja sih itu? Yuk kita bahas satu-satu.

1. Makan dengan porsi kecil untuk menghindari kebanyakan makan

Bagi yang pernah lihat anime maupun film Jepang pastinya nggak asing dengan penyajian nasi beserta sayur mayur  yang ada di mangkuk kecil.

Hal ini didasari oleh kebiasaan sehat orang Jepang yang memang mengonsumsi makanan porsi kecil, demi menghindari kebanyakan makan.

Terdapat beberapa prinsip lain yang mereka masih terapkan hingga saat ini. Seperti menikmati makanan dengan cara perlahan, hal ini berbeda dengan jam makan orang Amerika yang terkenal singkat karena kesibukan.

BACA JUGA :   Negara Irlandia Dijuluki The Celtic Tiger Karena Berhasil Memperkuat Perekonomian

Selain itu, kebiasaan makan orang Jepang yang lain berupa piring yang tidak sepenuhnya di isi. Demi menghindari kekenyangan, mereka akan berhenti saat kira-kira 80% terasa kenyang.

2. Sedikit mengonsumsi karbohidrat, fokus pada protein serta buah dan sayur

Berbeda dengan kebiasaan makan orang Amerika yang banyak mengonsumsi karbohidrat, orang Jepang justru menguranginya.

Seperti yang kita tahu, karbohidrat merupakan sumber tenaga yang kalau berlebihan akan menjadi lemak. Mereka cenderung mengurangi jumlah karbohidrat yang biasanya ada di nasi, kentang, pasta dan juga roti.

Bahkan saat ini di Jepang sedang tren istilah low carbohidrat atau mereka menyebutnya dengan Rocabo.

Pola makan sehat orang Jepang tersebut membuat mereka mengurangi nasi dan roti serta lebih fokus pada bahan dasar makanan yang berasa dari daging, ikan, sayuran, dan buah-buahan segar.

3. Mengolah bahan masakan dengan tepat agar kandungan gizi tetap terjaga

Koki Jepang diketahui jarang mengolah makanan dengan suhu tinggi untuk waktu yang lama. Ia melakukannya demi menjaga kandungan gizi sayur dan bahan makanan tetap terjaga.

Mereka sadar bahwa makanan sehat itu hanya diolah melalui proses mengukus, memanggang, menumis, atau menggoreng dalam waktu yang singkat.

Maka dari itu, nggak mengherankan kalau banyak masakan segar bahkan mentah menjadi makanan sehari-hari orang Jepang, seperti halnya sushi yang menggunakan ikan mentah. Orang Jepang juga mengonsumsi beberapa masakan lain secara mentah, seperti sayur okra.

Kebiasaan pola makan sehat orang Jepang membuat sayuran okra yang kenyal banyak manfaat kesehatan ini menjadi digemari. Sayur tersebut diolah menjadi hidangan yang bernama aemono.

Cara membuatnya cukup mudah, potong okra menjadi dadu dan bumbui dengan kecap serta bonito flakes.

BACA JUGA :   Organ Tubuh Manusia Ternyata Memiliki Jam Kerja

4. Sarapan dengan menu sup miso yang kaya serat untuk memulai hari

Orang Jepang biasanya memilih sarapan dengan serat dan protein tinggi untuk sarapan di pagi hari seperti halnya sup miso. Sarapan dilengkapi dengan ikan tinggi protein beserta menu pelengkap lain seperti telur, tahu, dan nasi yang dimakan dengan nori.

Dengan sarapan yang penuh nutrisi ini maka mereka akan lebih fokus untuk menghadapi hari.

Pola makan sehat orang Jepang saat sarapan menggunakan makanan tinggi protein dan kaya serat. Hal ini tentunya sangat sesuai untuk memulai aktivitas di awal hari sekaligus menunda lapar agar nggak kalap saat jam makan siang.

5. Rajin meminum teh hijau, yang dipercaya bikin langsing

Kebiasaan makan orang Amerika yang banyak mengonsumsi gula, begitu juga dengan minuman yang kaya gula. Berbanding terbalik dengan itu, pola makan sehat orang Jepang termasuk di antaranya mengonsumsi minuman herbal, seperti teh hijau.

Walaupun rasanya pahit, mereka bahkan terbiasa mengonsumsi teh hijau bahkan sampai 2 liter sehari.

Teh hijau memiliki manfaat untuk meningkatkan metabolisme yang baik untuk menjaga berat badan.

Teh hijau ini dijadikan minuman sehari-hari seperti layaknya air putih. Mereka meyakini teh hijau bisa mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh.

Nah, itu tadi beberapa hal menyangkut pola makan sehat orang Jepang yang bisa membuat tubuh menjadi lebih ringan dan juga menjadi lebih sehat.

Kebiasaan sehat orang Jepang ini juga bisa kita terapkan lo SoHip dalam pola makan sehari-hari. Dengan makan secukupnya serta kandungan gizi yang pas, niscaya pasti hidup kamu bakal lebih sehat.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI