Ustadz Adi Hidayat: 3 Amalan di Bulan Ramadhan untuk Meningkatkan Ketaqwaan

FAJAR Pendidikan

Bulan Ramadhan adalah bulan paling istimewa bagi seluruh umat Muslim. Di bulan Ramadhan kita diharuskan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain itu, banyak amalan saat puasa ramadhan yang bisa kita lakukan.

Amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan tidak hanya membuat kita mendapatkan banyak pahala. Namun juga bisa mendapat ampunan segala dosa.

Khususnya, itu bagi orang-orang yang meningkatkan ketaqwaan di bulan Ramadhan. Orang-orang yang berhasil meningkatkan ketaqwaannya adalah orang-orang yang biasa melatih diri dengan amal sholeh.

Hal tersebut seperti tercantum dalam surat Al-Baqarah ayat 2,3,4 dan 5. Namun, orang yang bertaqwa sejatinya tidak hanya di bulan Ramadhan saja. Orang yang bertaqwa akan terus melakukan amal sholeh hingga akhir ajal menjemputnya.

Ustadz Adi Hidayat kemudian menjelaskan amalan untuk meningkatkan ketaqwaan di bulan Ramadhan.

BACA JUGA :   Syarat Kurban Sesuai Syariat Islam, Kapan Dikatakan Sah?

Dilansir dari kanal YouTube Audio Dakwah “3 Amalan Terbaik Tingkatkan Taqwa di Bulan Ramadhan” yang diunggah pada 25 April 2020, begini penjelasannya:

Ustadz Adi Hidayat menerangkan ada tiga amalan dahsyat yang bisa dilakukan saat puasa Ramadhan, diantaranya:

1. Rajin Infaq

Infaq atau sedekah adalah kegiatan berbagi dalam bentuk materi kepada sesama.

Materi untuk melakukan infaq ini tidak harus berbentuk uang, tetapi juga bisa berbentuk materi lainnya, seperti makanan dan lainnya. Melaksanakan infaq di bulan Ramadhan tentu akan meningkatkan ketaqwaan.

2. Rajin berinteraksi dengan Al-Qur’an

Rajin berinteraksi dengan Al-Qur’an ini tidak hanya mendatangkan banyak pahala. Namun, juga meningkatkan ketaqwaan kita di bulan Ramadhan.

Bahkan, lebih baik lagi membaca Al-Qur’an sampai khatam di bulan Ramadhan.

BACA JUGA :   Doa Menyembelih Hewan Kurban: Arab, Latin, Beserta Artinya

3. Berusaha mendirikan sholat dengan sempurna

Dahsyatnya Ramadhan bisa membuat seseorang memperhatikan sholatnya. Tak hanya sholat fardhu, tetapi juga sholat sunnah-nya. Bahkan, bisa meningkatnya kualitas dan kuantitas sholat fardhu dan sholat sunnah-nya.

Siapapun yang bisa mendirikan sholat di malam-malam Ramadhan dengan penuh keimanan dan ketulusan, maka semua dosanya diampuni oleh Allah.

Khususnya, dosa-dosa yang dilakukan dimulai dari saat baligh hingga malam Ramadhan tersebut. Jadi di malam Ramadhan tersebut bisa menunaikan sholat tarawih.

Bisa juga menunaikan sholat tahajud jika tidak memberatkan kita untuk sahur dan beraktivitas lainnya setelahnya. Selain itu, bisa juga menunaikan sholat qobliyah dan badliyah yang bisa dilakukan di rumah dan di mesjid.

Demikian tiga amalan yang dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT di bulan Ramadhan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI