Niat Puasa Bulan Ramadhan, Bahasa Arab dan Latin

FAJAR Pendidikan

Jelang memasuki bulan suci Ramadhan, tidak ada salahnya mengingat kembali bacaan niat puasa Ramadhan sebagai langkah untuk menyiapkan diri.

Meskipun belum ada informasi resmi dari pemerintah, berdasarkan keputusan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2022, awal Ramadhan dimulai pada Sabtu, 2 April 2022.

Niat puasa Ramadhan menjadi pertanda dimulainya puasa sekaligus menjadi syarat sah pelaksanaan puasa. Menurut Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza’iri dalam Kitab Minhajul Muslim, niat puasa Ramadhan hendaknya dibaca sebelum memasuki waktu salat Subuh.

Sementara itu, waktu berniatnya sudah dapat dimulai dari malam hari. Rasulullah SAW juga pernah bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ طُلُوعِ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya: “Barangsiapa yang belum berniat (untuk puasa) di malam hari sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya.” (HR. Ad-Daru Quthni dan Al- Baihaqi).

Niat puasa Ramadhan juga perlu dilakukan setiap hari selama sebulan. Meskipun demikian, Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi dalam Fikih Empat Madzhab Jilid 2 menyebut, niat sudah dapat diwakilkan bila seseorang sudah melakukan makan sahur.

BACA JUGA :   Ketentuan Kurban yang Benar, Tidak Boleh Berkurban dengan Binatang Ini!

“Kecuali jika orang itu saat memakan sesuatu pada waktu sahur berniat bukan untuk berpuasa,” bunyi keterangan buku tersebut, dikutip Senin (7/3/2022).

Hal tersebut menjadi pembeda antara puasa Ramadhan yang bersifat wajib dengan ketentuan puasa sunnah. Niat puasa sunnah bisa dilafalkan setelah matahari terbit dengan catatan belum makan apapun sejak sebelum azan Subuh.

Adapun bacaan lengkap niat Puasa Ramadhan berikut dengan bacaan latinnya dapat disimak pada ulasan berikut.

Niat Puasa Ramadhan Arab dan Latin

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta’âla.

Artinya: “Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta’ala.”

Selain mempersiapkan diri dengan mengingat bacaan niat puasa Ramadhan, umat muslim juga bisa melakukan amalan dalam menyambut bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari ini.

Salah satunya dengan membaca doa seperti yang dikutip dari buku Kumpulan Doa Ramadhan terbitan Kedaulatan Santri. Bacaan doa menyambut Ramadhan dan artinya yakni:

BACA JUGA :   Doa Menyembelih Hewan Kurban: Arab, Latin, Beserta Artinya

Doa Puasa Jelang Ramadhan Foto: Screenshot Buku KESAN
Bacaan latin: Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal islami wal ‘afiyatil mujallalati wa difa’il asqomi wal ‘aini ‘alash sholati wash shiyami wa tilawatil qur’ani.

Allahumma sallimnaa liromadhona, wasallamahu lanaa, wa sallamahu minna hatta yakhruju romadhona wa qad ghofarta lanaa warahmatunaa wa ‘afawta ‘annaa.

Artinya: “Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk salat, puasa, dan membaca Al Quran.

Ya Allah, serahkan kami pada Ramadhan ini. Serahkan Ramadhan pada kami. Selamatkan Ramadhan dari kami. Hingga selesai bulan Ramadhan sedang Engkau telah mengampuni kami, Engkau telah merahmati kami, dan Engkau memaafkan kami.”

Selamat mempersiapkan diri untuk menyambut Ramadhan, detikers. Jangan sampai lupa dan catat bacaan niat puasa Ramadhan di atas, ya!

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI