Sunday, July 5, 2020

Waktu UTBK-SBMPTN 2020 Akan Dipersingkat

Tenang saja. Selain waktunya dipersingkat, jenis tes juga dikurangi.

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) pada tahun lalu berdurasi 3 jam. Namun gara-gara ada pandemi COVID-19, durasi mengerjakan soal dipersingkat menjadi 1 jam 45 menit.

Selain waktunya dipersingkat, jenis tes juga akan dikurangi. Kebijakan ini diambil untuk menjaga keamanan dan kesehatan peserta, panitia, hingga masyarakat dalam pelaksanaan UTBK-SBMPTN new normal.

“Materi UTBK hanya tes potensi skolastik (TPS). TPS hanya memerlukan waktu 105 menit atau 1 jam 45 menit. Artinya, berkaitan dengan pengurangan mata ujian ini juga pasti mengurangi waktu yang dibutuhkan,” kata Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, dalam pers virtual Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Selasa (24/6/2020).

Dalam TPS, peserta ujian akan dites perihal kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaaan matematika dasar.

Pada gelaran UTBK-SBMPTN sebelumya, tak hanya TPS saja yang diujikan namun juga Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang mengukur kemampuan keilmuan yang diajarkan di sekolah.

“Kalau tahun lalu bisa hingga 3 jam di kelas (lokasi ujian), karena ada TPS maupun TKA. Namun, tahun ini cukup 1 jam 45 menit untuk mengerjakan soal-soal TPS. Ini mengurangi kontak antarpeserta dan pihak lain di dalam kelas,” kata Nasih.

Semakin lama durasi berkumpulnya banyak orang di suatu ruang tertutup, maka semakin besar pula potensi penularan COVID-19. Pengurangan durasi UTBK ini dilakukan demi mengurangi potensi penularan COVID-19 di pusat UTBK.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020, atau disebut sebagai UTBK-SBMPTN new normal, tetap dimulai pada 5 Juli 2020. Namun ada perubahan, yakni UTBK-SBMPTN dilakukan dua gelombang sebagai berikut:

Gelombang UTBK-SBMPTN 2020

– Gelombang 1: 5 Juli – 14 Juli 2020
– Gelombang 2: 20 Juli – 29 Juli 2020

Sesi per hari

Sesi 1: 09.00 – 11.15 WIB/WIT/WITA
– 09.00 – 09.05: Peserta masuk ruang ujian
– 09.05 – 09.25: Pemeriksaan identifikasi/dokumen
– 09.25 – 09.30: Latihan
– 09.30 – 11.15: Tes Potensi Skolastik (TPS)

Sesi 2: 14.00 – 16.15 WIB/WIT/WITA
– 14.00 – 14.05: Peserta masuk ruang ujian
– 14.05 – 14.25: Pemeriksaan identitas/dokumen
– 14.25 – 14.30: Latihan
– 14.30 – 16.15: Tes Potensi Skolastik (TPS)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Dituding Sebar Hoaks, Humas UIN Akan Laporkan Mahasiswa

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Humas UIN Alauddin Makassar membantah telah menyebarkan hoaks dalam rilis resmi yang beredar terkait pertemuan pimpinan dan lembaga kemahasiswaan, Rabu...

Di Gladak KRI Diponegoro-365, Danguspurla Koarmada II Serahkan Alkes Mabes TNI Kepada Danlantamal VI

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo, M.Tr. (Han), CHRMP., menyerahkan Alat Kesehatan...

Galakkan Operasi Aman Nusa, Yon C Pelopor Kelilingi Pusat Perbelanjaan

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Mengenakan pakaian seragam lengkap dengan senjata, regu Patroli Aman Nusa Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, tampak menyambangi dan...

OPINI : Tidak Sense of Crisis, Cacat Bawaan Pemerintah Kapitalistik

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri membuat kebijakan luar biasa (extraordinary) untuk menangani krisis akibat pandemi Covid-19. Jika para...

Pos TNI AL Torobulu Amankan Puluhan Gas Elpiji 3 Kg Bersubsidi Di Pelabuhan Penyeberangan

Konawe Selatan, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pos TNI AL (Posal) Torobulu jajaran Lanal Kendari berhasil amankan puluhan gas elpiji 3 Kg bersubsidi di Pelabuhan...

REKOMENDASI