Rabu, Januari 27, 2021

Wisuda Virtual IAIN Bone Dihadiri Wamenag

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Rapat Senat terbuka wisuda sarjana strata 1 (S1) dan pascasarjana strata 2 (S2) angkatan ke IV Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone resmi dibuka oleh Sekretaris Senat IAIN Bone, Prof HM Amir di Aula Utama Kampus, Sabtu 24 0ktober 2020. Wisuda ini dihadiri Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Zainut Tauhid.

Ketua Panitia Wisuda IAIN Bone Andi Yusuf mengatakan, wisuda virtual yang digelar kali ini diikuti sebanyak 395 wisudawan/i. Yakni 69 dari Fakultas Syari’ah dan hukum Islam, 21 dari Ushuluddin dan Dakwah, 150 dari Tarbiyah, 130 dari Ekonomi dan Bisnis Islam, serta 25 dari Program Pasca Sarjana.

Wamenag saat menghadiri wisuda IAIN Bone secara virtual.

Yusuf menyebutkan, dari ratusan peserta wisuda, sebanyak 27 wisudawan terbaik dari masing-masing Prodi dikukuhkan secara offline sebagai perwakilan wisudawan. Sementara yang lainnya mengikuti secara online di kediaman masing-masing.

“Model wisuda yang kami lakukan adalah hologram virtual graduation yang menghadirkan hologram wisudawan memberi salam bersama orangtua/pendamping di depan Rektor dan anggota senat IAIN Bone,” jelasnya.

Rektor IAIN Bone Prof Dr Andi Nuzul SH Mhum.

Sementara itu, Rektor IAIN Bone Prof Andi Nuzul mengapresiasi penyelenggaraan wisuda virtual di tengah pandemi ini. Menurutnya, wisuda kali ini adalah merupakan wisuda yang paling istimewa.

Paling tidak, kata Rektor, ada tiga hal yang membuatnya istimewa yaitu wisuda pertama dihadiri oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, walaupun via virtual semenjak berdirinya IAIN Bone pada tahun 1964. Kedua, adanya kolaborasi antara institusi dengan orangtua mahasiswa.

Rapat Senat terbuka wisuda sarjana strata 1 (S1) dan pascasarjana strata 2 (S2) angkatan ke IV Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone.

“Dan ketiga, wisuda kali ini membuktikan kita mampu melewati tantangan yang ada akibat efek dari pandemi Covid-19, yakni terlaksananya wisuda sarjana ini walau secara virtual,”ungkapnya

Lebih lanjut Rektor mengucapkan banyak terimakasih kepada orangrua wisudawan atas kepercayaan dan amanah yang diberikan untuk mendidik anak-anaknya di IAIN Bone. Kepada para alumni beliau berpesan, pada masa sekarang banyak tantangan dan kompetitor.

Orang tua wisudawan/i saat memindahkan tali toga tampil di layar utama wisuda virtual, dan memberikan salam kepada anggota senat.

“Kompetitor yang paling dahsyat dan berat adalah menundukkan ide sendiri, serta jangan dengan mudah melupakan kebaikan orang lain,” pesannya.

Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan yang telah menuntaskan studi dan telah menjadi sarjana S1 dan pascasarjana S2.

“Saya ucapkan selamat kepada wisudawan yang telah menuntaskan studi dan telah menjadi sarjana strata satu dan strata dua”, ucap Zainut Tauhid.

Peserta wisudawan/i offline.

Ia berharap, kehadiran IAIN Bone sebagai Perguruan Tinggi menjadi teladan, dinamisator dalam mengedukasi masyarakat dalam mewujudkan moderasi beragama dan menghadapi perubahan zaman.

Selain itu, ia juga berharap pada IAIN Bone dalam waktu dekat akan bertransformasi menjadi Universitas. (Adv)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Bupati Barru, Suardi Saleh Amanahkan 165 CPNS Bekerja Melayani Masyarakat

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Rekrutmen adalah landasan paling dasar dalam pengembangan sumber daya manusia untuk menyokong organisasi yang penuh harapan.

Supir Pribadi Bupati Barru Rapid Tes Antigen, Keluarga Antisipasi

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id— Amir sopir pribadi bupati Barru Suardi Saleh sempat mengalami demam tinggi. Suardi kemudian meminta ke Amir untuk dilakukan rapid tes...

Nadiem Makarim Tanggapi Kasus Intoleransi Siswi SMK di Padang

FAJARPENDIDIKAN.co.id –Baru-baru in kita di hebohkan dengan kasus yang terjadi pada seorang siswi non muslim di SMK Negeri 2 Padang yang dipaksa berhijab....

Menjelang Konfercab PWI, Nurhayana Kamar Daftar Calon Ketua PWI Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKANco.id - Persatuan Wartawan Indonesia Sulawesi Selatan (PWI Sulsel) akan melaksanakan Konferensi Cabang (Konfercab) periode 2021-2026 yang akan dilaksanakan pada...

Mahasiswa PBL 2 FKM Unhas Posko 15 Bagikan Masker Kain Gratis ke Warga

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Mahasiswa Posko 15 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM Unhas) melakukan pengabdian masyarakat berupa pembagian masker kain dan stiker himbauan memakai masker...

REKOMENDASI