ADV A1

10 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

FAJAR Pendidikan

Agar tidak mengganggu aktivitas dan produktivitas kerja, ada baiknya kamu ketahui tips menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu sehat dan bugar setiap hari.

Penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang baik, tentunya kita dapat terhindar dari bakteri dan virus berbahaya, seperti virus Corona atau COVID-19 yang tengah mewabah.

Berikut cara meningkatkan daya tahan tubuh yang mudah dilakukan dalam kehidupah sehari-hari kita.

1. Olahraga Secara Rutin

Disarankan untuk kamu melakukan olahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah dan dapat melawan infeksi.

Salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun adalah berjalan kaki.

2. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem imun tubuh, disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran setiap harinya. Buah dan sayur memiliki berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh yang bisa menangkal berbagai virus.

Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin, kamu akan cenderung tidak mudah sakit. Untuk itu, konsumsilah buah dan sayuran demi mengantisipasi terkenanya virus berbahaya.

3. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur tentunya dapat menurunkan sistem imun pada tubuh. Untuk itu, istirahatlah dengan cukup agar mengistirahatkan semua organ tubuh.

Pada umumnya, untuk orang dewasa memerlukan waktu tidur 7-8 jam lamanya. Sedangkan untuk remaja membutuhkan 9 -10 jam waktu tidur.

4. Hindari Rokok dan Alkohol

Asap rokok dan alkohol bisa jadi salah satu penyebab utama menurunnya sitem imun pada tubuh. Perokok aktif memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami bronkitis, pneumonia, dan infeksi paru.

Sedangkan untuk perokok dan pecandu alkohol, memiliki risiko infeksi paru yang lebih besar.

Untuk itu, hindarilah mengkonsumsi alkohol dan merokok karena berbahaya bagi tubuh dan kelangsungan hidup.

5. Hindari Stres

Pemicu utama tubuh tidak sehat adalah stes. Stres dalam jangka panjang dapat meningkatkan hormon kortisol yang dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Untuk itu, hindarilah stres agar sistem kekebalan tubuhmu tetap terjaga.

6. Konsumsi Vitamin C

Untuk memaksimalkan cara menjaga daya tahan tubuh yang lemah, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi vitamin. Kamu bisa mengonsumsi vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh.

Tentunya, dengan mengkonsumsi vitamin juga harus diseimbangi dengan pola hidup yang sehat, seperti mengkonsumsi buah dan sayuran serta olahraga dan istirahat yang cukup.

7. Konsumsi Vitamin D

Kurangnya vitamin D pada tubuh bisa menyebabkan gejala pertumbuhan tulang yang tidak baik, risiko jantung, dan daya tahan tubuh yang lemah. Untuk itu, danjurkan bagi kamu untuk mengkonsumsi vitamin D secara rutin.

Selain pada suplemen, kamu bisa temukan vitamin D pada berbagai makanan, seperti jamur, ikan salmon, kuning telur, hati sapi, dan ikan tuna.

8. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan juga tergolong penting dilakukan. Dengan mencuci tangan dengan sabun secara rutin, menggunakan hand sanitizer serta sabun antiseptik juga bisa jadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan menghindarkan berbagai bakteri.

Dengan menjaga kebersihan kita juga bisa terhindar dari berbagai virus berbahaya seperti virus Corona yang sudah menjadi masalah global saat ini.

9. Minum Teh Hijau

Teh hijau memang memberikan manfaat baik pada tubuh. Dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang tinggi (flavonoid), sehingga dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi adanya risiko kardiovaskular.

10. Mencari Kegiatan Baru

Coba lah untuk selalu mencari hal dan kegiatan baru yang bukan jadi rutinitas. Hal ini bisa jadi salah satu penangkal stres yang ampuh.

Contohnya, kita bisa lebih sering bersosialisasi dengan orang baru, mengunjungi tempat baru, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh, dengan menjalankannya secara rutin dan tepat bisa membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh.

Hal ini ditujukan agar kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit. Juga bisa dikatakan sebagai antisipasi kita untuk mencegah adanya bakteri dan virus penyebab penyakit.

Untuk beli vitamin dan suplemen untuk jaga daya tahan tubuh bisa dilakukan secara online. Juga, untuk pencegahan terlularnya berbagai macam virus, kamu juga bisa beli masker, hand sanitizer hingga sabun antiseptik.

Menjaga kebersihan pun juga penting dilakukan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah dan menangkal segala ‘partikel jahat.’

 

Subscribe ke akun YouTube FAJAR PENDIDIKAN untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran kamu lainnya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI