ADV A1
ADV B1

14 Tips Jual Mobil Bekas Cepat Laku, Wajib Dicoba Nih!

FAJAR Pendidikan

–       Tunjukkan Anda Rutin Melakukan Perawatan

Perawatan mobil maupun mesin mobil sangat berguna untuk menjaga harga jual mobil Anda. Tentu saja semakin berkualitas mobil yang ingin Anda jual, maka hargapun akan semakin stabil. Perawatan mesin yang biasa kamu lakukan seperti tune up mesin mobil tentu akan tercermin dari kondisi mesin mobilmu. Jadi, Anda perlu mengutarakan juga kapan mobil terkahir melakukan service atau tune up dan sejenisnya. Intinya adalah kepercayaan dan bukti yang dapat Anda berikan berupa buku service yang menyatakan Anda rutin melakukan perawatan mobil secara berkala khususnya service per kilometer.

–       Pastikan Interior Eksterior Mobil Bersih 

Interior mobil adalah salah satu hal yang perlu dibenahi dengan baik dan benar. Misalnya sering memvakum jog mobil agar terhindar dari debu dan kotoran. Lakukan pembersihan mobil secara berkala. Pastikan Anda memastikan keadaan dan kebersihan mobil dengan baik. 

-ADV C2 -

Hindari kesalahan mencuci mobil seperti menggunakan sabun yang bukan khusus untuk mobil. Hingga mencuci mobil Anda dibawah terik matahari. Hal ini bisa merusak warna pada mobil karena membuat warnanya menipis. Ternyata warna juga bisa mempengaruhi harga dari penjualan mobil Anda, nih! Jadi, mulailah untuk memastikan kondisi fisik dari segi keadaan interior dan eksterior Anda tetap prima, ya! 

–       Cek Perlengkapan Mobil

-ADV C3 -

Nah, biasanya setiap mobil itu dibekali dengan aksesoris bawaan seperti kotak PK3, ban serep, buku servis, buku panduan, kartu garansi, kunci cadang, hingga kunci ganda. Hal-hal seperti ini jangan sampai hilang, ya! Jika perlengkapan ini lengkap, maka mobil Anda tentunya dipandang semakin berkualitas karena merawat mobil dengan baik. 

–       Pastikan AC Berfungsi dengan Baik

Biasanya AC  sangat diperhitungkan oleh para pembeli. Banyak sekali mobil bekas yang terjual memiliki masalah dengan AC, antara lainnya seperti: AC berbau, AC tidak dingin, AC bunyi berisik, hingga AC bocor. Jadi, sobat Carsome jangan sampai terlewat ya, periksa secara detail mesin apa pada mobil yang rusak. Biasanya evaporator dan kondensor AC yang terlalu kotor. Jadi, pastikan ya untuk membersihkannya terlebih dahulu.

–       Berikan Buku Service Mobil

-ADV C4 -

Jangan pandang sepele buku service mobil ya. Ini bisa Anda jadikan barang bukti perawatan mobil yang rutin dilakukan. Paling tidak calon pembeli mengetahui bahwa mobil yang akan dibeli selalu rutin melakukan service apalagi pada kilometer pertama.

–       Pastikan Head Unit Responsif

Apa saja komponen pada head unit mobil?

Perangkat media portable, fungsi bluetooth, fungsi navigasi mobil, multimedia hingga remote control. Jika ada masalah pada head unit Anda, maka tentunya akan sangat mempengaruhi harga jual mobil bekas Anda.

BACA JUGA :   Berikut Tips dan Cara Jual NFT untuk Pendatang Baru

Jadi, pastikan sudah melakukan pengecekan dengan benar. Jika terjadi kerusakan pada bagian ini, sudah pasti mobil Anda terindikasi memiliki permasalahan pada fungsi kelistrikannya. Jadi, segera perbaiki jika memang merasa ada yang salah. Jangan sampai mengabaikan hal yang berhubungan dengan kelistrikan mobil.

–       Bersihkan Mesin Mobil

Cara jual mobil bekas cepat laku juga salah satunya dengan membersihkan mesin mobil Anda. Saat inspeksi tentunya kap mobil akan dibuka, jika kap mobil sangat berdebu dan bahkan kelihatan tidak terawat. Maka, ini tentunya akan mempengaruhi performa mobil Anda, Bersihkan dari debu maupun kotoran ringan dengan menyapu sela-sela mesin menggunakan kuas, hindari menggunakan air.

Hal yang tidak ketinggalan adalah membersihkan bagian bawah kap mesin. Untuk membersihkannya gunakan berbagai cairan pembersih berguna dan bersihkan kotoran yang menempel menggunakan sikat atau kuas. Jangan lupa untuk mengeringkan dengan lap microfiber atau kanebo.

–        Hindari Modifikasi Mobil

Misalnya kamu sudah menambahkan berbagai spareparts pada mobilmu, usahakan untuk melepasanya kembali. Biasanya modifikasi mobil justru mengurangi harga jual mobil Anda. Mengapa? Pembeli cenderung lebih memilih produk yang standar sesuai dengan model pasaran yang sudah ada. Jadi, untuk menghindari prasangka korsleting, dan fungsi mesin yang kurang optimal. Menyarankan lebih baik untuk tidak melakukan modifikasi mobil sejak awal, apalagi jika merubah bentuk pada mobil.

–       Pastikan Stir Mobil Tidak Berat

Pastikan Anda sudah melakukan pengecekan secara detail, Jangan melupakan untuk mengecek stir mobil, biasanya tanpa disadari stir mobil Anda berat. Ini bisa mengindikasikan ada beberapa komponen pada mobil yang rusak.  Nah, tidak perlu panik biasanya stir mobil yang berat dikarenakan ban mobil kempes.

Salah satunya cairan power steering yang berkurang, steering belt rusak, rack steer rusak, dan tekanan ban rendah. Nah, masalah pada power steering dan ban tentunya bisa segera Anda perbaiki dengan melakukan spooring mobil. Ini dia alasan kenapa spooring kendaraan Anda itu perlu, untuk menjaga keseimbangan mobil Anda.

–       Mesin Mobil Berkarat

Mesin mobil cenderung sering berkarat jika Anda tidak segera mencucinya sewaktu sudah melintasi air laut atau daerah dengan air asin, air hujan, air tanah, hingga bekas tabrakan. Hal sperti ini bisa Anda atasi dengan mencuci mobil segera ketika melewati wilayah seperti itu dan terkena hujan. Untuk baret atau bekas tabrakan, Anda bisa melakukan coatingCoating adalah proses pengecatan dan pelapisan mobil Anda mobil terlihat lebih baru, bersih, dan mengkilap.

–       Mobil Pernah Terkena Banjir

Sayangnya mobil terkena banjir memang akan sangat menurunkan harga jual dari mobil. Mobil bekas banjir tentu bisa dideteksi dari berbagai sudutnya, terutama dalam hal interior mobil dan mesin. Jangan bersedih karena kami memberikan tips yang bisa Anda lakukan setelah mobil terendam banjir.

BACA JUGA :   10 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Hujan

Hal yang wajib Anda lakukan adalah jangan menyalakan mesin terlebih dahulu, biarkan mobil kering. Gunakan batu untuk mengganjal, supaya air banjir tidak masuk ke mesin mobil, ya! Lalu segera keluarkan bensin terlebih dahulu dan keringkan komponen mesin mobil. Setelah semua sudah kering di bawah terik matahari, coba untuk menyalakan dan bawa segera ke bengkel reparasi.

–       Jarak Tempuh dan Kekentalan Oli

Penggunaan oli kental atau encer biasanya sangat mempengaruhi kinerja dan tarikan mesin mobil. Untuk itu, Anda perlu mengidentifikasi sejak awal oli yang tepat untuk mobil Anda. Biasanya untuk mobil baru sebaiknya gunakan oli encer dengan 0W-10W. Mengapa demikian? Ini digunakan untuk melindungi mesin mobil Anda.

Jika jarak kilometer sudah lebih dari 10.000 kilometer, maka Anda perlu menanyakan penggunaan oli yang cenderung lebih kental. Oli kental digunakan untuk meredam suara berisik pada mobil, namun tarikan menjadi lebih berat.

Jadi, pertimbangkan sejak awal ya, usahakan untuk mendengar rekomendasi dari dealer resmi tempat Anda melakukan service secara berkala.

–       Jaminan Pabrik & Masa Garansi 

Jika mobil masih memiliki jaminan pabrik dan masa garansi, maka ada baiknya Anda memberi tahu masa garansi servis mobil Anda yang tersisa. Biasanya mobil LCGC dalam industri saat ini memiliki garansi servis gratis berlaku hingga 50.000 kilometer pertama. Nah, jika memberi tahu ini maka tentunya akan menambah nilai jual dari mobil Anda.

–       Lengkapi Dokumen Penting

Hal yang sangat dihindari saat menjual mobil adalah kasus penipuan. Untuk itu Selalu melakukan inspeksi dengan baik untuk menghindari kasus menerima mobil leasing. Nah, bagaimana caranya?

Selalu memastikan penjual mobil sudah menyerahkan dokumen-dokumen kepemilikan mobil dengan baik dan benar, contohnya seperti BPKB, STNK mobil, faktur, fotokopi KTP dan kwitansi kosong. Jika mobil masih dalam keadaan kredit, maka ada baiknya melakukan pengajuan over kredit mobil. Namun, hal ini biasanya terjadi jika Anda ingin tukar tambah mobil.

–       Mencari Harga Pasaran 

Supaya kamu punya referensi saat melakukan penawaran, maka ada baiknya kamu cek terlebih dahulu harga pasaran penjualan mobil bekasmu, sudah pasti memberikan harga dengan objektif yang sesuai dengan kapasitas dan kesehatan mesin mobil Anda.

Untuk itu, selalu melakukan inspeksi mobil terlebih dahulu, agar anda bisa mendapat harga yang sesuai.

Hindari Penipuan, Gunakan Platform Terpercaya.

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI