- Advertisement -

26 Daftar Pemain Timnas Spanyol di Piala Dunia Qatar

Artikel ini berisi daftar Skuad Spanyol di Piala Dunia 2022, profil pelatih, jadwal timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Piala Dunia 2022 di Qatar akan dimulai pada 20 November mendatang.

Timnas Spanyol yang dijuluki La Furia Roja ini termasuk tim yang diunggulkan dalam ajang sepak bola paling akbar ini. Pasukan Luis Enrique ini diprediksi lolos ke 16 besar meski harus bersaing dengan Jerman, Jepang, dan Kosta Rika di Grup E.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Di atas kertas, mereka tercatat tampil konsisten di sejumlah ajang diantaranya, menjadi runner-up UEFA Nations League A 2020/2021 setelah dikalahkan Prancis di final di San Siro, Milan, 10 Oktober 2021.

Enrique juga berhasil membawa Spanyol ke semifinal Piala Eropa 2020, namun mereka harus menelan pil kekalahan setelah beradu penalti dengan Italia di Wembley Stadium, London, 6 Juli 2020.

Di sisi lain, setelah berhasil membawa pulang Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, prestasi Timnas Spanyol boleh dikata menurun drastis. Saat Piala Dunia 2014, mereka bahkan harus tersingkir di babak penyisihan grup.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Empat tahun kemudian di Rusia, Spanyol masih belum mampu bangkit dari keterpurukan. Mereka harus angkat koper di babak 16 besar. Dua kegagalan tersebut membuat Spanyol bertekad mengulang sukses. Tentunya menghadapi Piala Dunia Qatar 2022 ini, pasukan Luis Enrique sudah melupakan semua kegagalan di belakang.

Di Piala Dunia 2022 Qatar ini, Enrique sudah memilih skuat terbaiknya. Ia banyak memanggil pemain-pemain berpengalaman.

Skuad Spanyo Piala Dunia 2022.

KIPER

Nama Klub
Unai Simon Athletic Club
Robert Sanchez Brighton & Hove Albion
David Raya Brentford FC

BEK

Nama Klub
Cesar Azpilicueta Chelsea FC
Dani Carvajal Real Madrid
Eric Garcia FC Barcelona
Hugo Guillamon Valencia CF
Pau Torres Villarreal CF
Aymeric Laporte Manchester City
Jordi Alba FC Barcelona
Jose Gaya Valencia CF

GELANDANG

Nama Klub
Sergio Busquets (Captain) FC Barcelona
Rodri Hernandez Manchester City
Gavi FC Barcelona
Carlos Soler Paris St Germain
Marcos Llorente Atletico de Madrid
Pedri Gonzalez FC Barcelona
Koke Resurreccion Atletico de Madrid

PENYERANG

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Alvaro Morata kembali menjadi salah satu andalan bagi Spanyol untuk menjadi mesin pencetak gol. Dirinya pun juga akan mendapat bantuan dari Pablo Sarabia, Nico Williams, Marco Asensio, Ansu Fati, Yeremy Pino, Ferran Torres, dan Dani Olmo.

Nama Klub
Ferran Torres FC Barcelona
Nico Williams Athletic Club
Yeremi Pino Villarreal CF
Alvaro Morata Atletico de Madrid
Marco Asensio Real Madrid
Pablo Sarabia Paris St Germain
Dani Olmo RB Leipzig
Ansu Fati FC Barcelona

XI TERKUAT

Timnas Spanyol saat ini dalam masa regenerasi. Sebut saja, bintang muda Pedri akan menjadi sosok penting La Furia Roja di lini tengah. Sedangkan Ansu Fati dan Ferran Torres menjadi mesin pencetak gol baru.

Spanyol menjadi tim pertama dan satu-satunya yang berhasil memenangkan tiga turnamen internasional besar dari FIFA Secara berturut-turut yakni, Piala Dunia 2010, Piala Eropa 2008 dan 2012.

Mereka juga terkenal dengan gaya permainan Tiki-taka, yang membuat tim ini menjadi sebuah kekuatan yang dominan di persepakbolaan dunia. Spanyol menempati peringkat sebagai salah satu dari lima favorit teratas di Piala Dunia 2022 Qatar.

Berdasarkan rangking FIFA terbaru per Juni 2022, Timnas Spanyol berada di peringkat enam dengan raihan 1716,93 poin. Peringkat FIFA tertinggi Spanyol adalah posisi 1 pada 2008-2013.

PELATIH

Luis Enrique

PSSI Spanyol kembali menunjuk Enrique sebagai arsiteki tim pada 2019. Setelah dirinya sempat mengundurkan diri karena ingin fokus mengurus puterinya yang mengidap kanker tulang.

Di bawah asuhan Enrique, Spanyol tampil cukup gemilang di Euro 2020. Mereka mampu melaju ke semifinal sebelum kalah adu penalti dengan Italia 2-4.

Kendati demikian, Enrique tetap dipercaya untuk kembali mengasuh Sergio Busquets cs di ajang Piala Dunia 2022 dengan target kembali mengulang kemenangan seperti pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Jika Enrique mampu meraih target tinggi tersebut, maka dia akan menyamai pencapaian hebat pelatih kenamaan Spanyol, Vicente del Bosque yang berhasil memahat sejarah spekatuler bagi Timnas Spanyol di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

JADWAL PERTANDINGAN

Jadwal Spanyol di Piala Dunia 2022

Tanggal Kick-Off (WIB) Pertandingan Stadion
23/11/2022 23:00 Spanyol vs Kosta Rika Al Thumama Stadium
28/11/2022 02:00 Spanyol vs Jerman Al Bayt Stadium
2/12/2022 02:00 Jepang vs Spanyol Khalifa International Stadium

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: