Takalar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Mahasiswa FKM Unhas melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) II di Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan intervensi mengenai masalah kesehatan yang didapatkan dari hasil pendataan yang dilakukan pada PBL I.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Posko 16 di Desa Kale Ko’mara yaitu, memberikan pengetahuan kesehatan dasar melalui games ranking 1.

Games ranking 1 ini diikuti oleh siswa-siswi SMPN 6 Polongbangkeng Utara pada hari Sabtu, 14 Desember 2019. 

Ranking 1 ini diikuti oleh 34 peserta mulai dari kelas 1 – 3. Sebelum permainan dimulai, peserta diberikan instruksi cara bermain dan juga dibagikan kertas “True” dan “False”.

Pertanyaan yang diberikan memuat seputar Penyakit Tidak Menular, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan HIV.

Peserta diberikan pernyataan kemudian mereka menentukan apakah pernyataan tersebut benar atau salah.

Baca Juga :   Pendaftaran PDSS SPAN UMPTKIN Diperpanjang

Apabila menurut mereka pernyataan tersebut benar, mereka mengangkat papan “True”. Sebaliknya, jika menurut mereka pernyataan tersebut salah, mereka mengangkat papan “False”.

Peserta yang menjawab salah akan keluar dari permainan sampai didapatkan ranking 1 – 3.

Para siswa sangat antusias mengikuti permainan ini. Permainan kembali dilakukan untuk mendapatkan juara empat dan lima dengan cara siapa cepat dia dapat.

Selanjutnya, dilakukan sesi penyerahan hadiah bagi pemenang dan foto bersama.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa PBL 2 FKM Unhas berharap peserta mendapatkan wawasan baru serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.(*)