Saturday, September 19, 2020

Mahasiswa FKM Unhas Perkenalkan PHBS Melalui Games Ranking 1

Takalar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Mahasiswa FKM Unhas melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) II di Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan intervensi mengenai masalah kesehatan yang didapatkan dari hasil pendataan yang dilakukan pada PBL I.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Posko 16 di Desa Kale Ko’mara yaitu, memberikan pengetahuan kesehatan dasar melalui games ranking 1.

Games ranking 1 ini diikuti oleh siswa-siswi SMPN 6 Polongbangkeng Utara pada hari Sabtu, 14 Desember 2019. 

Ranking 1 ini diikuti oleh 34 peserta mulai dari kelas 1 – 3. Sebelum permainan dimulai, peserta diberikan instruksi cara bermain dan juga dibagikan kertas “True” dan “False”.

Pertanyaan yang diberikan memuat seputar Penyakit Tidak Menular, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan HIV.

Peserta diberikan pernyataan kemudian mereka menentukan apakah pernyataan tersebut benar atau salah.

Apabila menurut mereka pernyataan tersebut benar, mereka mengangkat papan “True”. Sebaliknya, jika menurut mereka pernyataan tersebut salah, mereka mengangkat papan “False”.

Peserta yang menjawab salah akan keluar dari permainan sampai didapatkan ranking 1 – 3.

Para siswa sangat antusias mengikuti permainan ini. Permainan kembali dilakukan untuk mendapatkan juara empat dan lima dengan cara siapa cepat dia dapat.

Selanjutnya, dilakukan sesi penyerahan hadiah bagi pemenang dan foto bersama.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa PBL 2 FKM Unhas berharap peserta mendapatkan wawasan baru serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.(*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Sekolah Islam Athirah Berikan Penghargaan Guru dan Karyawan Berprestasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah kembali memberikan apresiasi kepada guru dan karyawan berprestasi. Pengumuman apresiasi bertajuk Human Capital Award 2020 itu dilaksanakan...

Luar Biasa, Guru TK Islam Athirah 2 ini Raih Penghargaan The Best Teacher

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar kegiatan forum jumat pada hari Jumat, 18 September 2020. Kegiatan forum jumat kali ini berbeda...

BPJS Ketenagakerjaan Gencar Ajak Guru Mengaji Jadi Peserta, Ini Manfaatnya!

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- BPJS Ketenagakerjaan gencar melakukan sosialisai mengajak penerimaan insentif guru mengaji untuk menjadi pesertanya. Hal tersebut seperti yang...

DKM Bakal Lakukan Pameran Daring ‘Semangat 2020’

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pandemi Covid-19 telah berlangsung lebih dari setengah tahun. Semua lini kehidupan seperti sedang diuji daya tahannya, termasuk posisi seni...

Danlantamal VI Sambut Hangat Kunjungan Dirut PT. Semen Tonasa

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP., menyambut hangat kunjungan Direktur Utama...

REKOMENDASI