3 Cara Menjaga Kesehatan dengan Pola Bangun Tidur

FAJAR Pendidikan

Dr Narko, Sp.Syaraf, membagi ilmunya, agar senantiasa sehat wal-afiat. Khusus untuk tips bangun tidur. Bila bangun tidur, sebaiknya pelan –pelan saja. Gunakan rumus 3 x ½ menit = 1 1/2 menit.

Mengapa dengan rumus tersebut ? Menurut Dr Narko, 3 x ½ menit, adalah sesuatu yang Cuma-Cuma, tetapi akan banyak mengurangi angka kematian secara tiba-tiba. ‘’Seringkali seseorang, siangnya masih sehat wal-afiat, namun malam tiba – tiba dikabarkan meninggal’’, katanya.

‘’Tak jarang kita mendengar cerita orang, kemarin saya masih ngobrol dengan dia, kenapa tiba – tiba dia meninggal ‘’. Penyebabnya, menurut Dr Narko, ketika bangun malam untuk ke kamar mandi, sering dilakukan secara terlalu cepat. Sehingga begitu berdiri, otak kekurangan darah.

BACA JUGA :   Ada 4 Hal Ini Sering Dianggap Sepele, Hati-hati!

Lalu mengapa perlu ‘’ 3 x ½ menit’’ ? Karena pola ECG (Elektro Cardiogram) seseorang normal pada siang hari, tetapi pada saat bangun tengah malam, untuk melaksanakan hajat tiba – tiba, gambar ECG itu dapat berbeda.

Karena dengan tiba-tiba bangun, otak menjadi anaemic, dan mengalami gagal jantung karena kekurangan darah. Sehingga para ahli menganjurkan, pola bangun tidur.

1. Bila terbangun, jangan langsung turun dari tempat tidur. Berbaringlah dulu selama ½ menit.

2. Duduk di tempat tidur selama ½ menit.

3. Turunkan kaki, dan duduk di tepi ranjang selama ½ menit.

Setelah 3 x ½ menit, tanpa harus membayar sesenpun, otak tidak akan anaemic. Dan jantung tidak akan mengalami kegagalan, mengurangi jatuh, dan meninggal ketika bangun di tengah malam.

BACA JUGA :   Institut Pencegahan Kanker, Memberi Urutan Sayur Terbesar Prosentasenya Sebagai Anti Kanker

Seorang usia lanjut, menurut Dr Narko, menangis setelah membaca tulisan ini. Dia menyesal, kenapa tidak mengetahui hal ini, jauh – jauh sebelumnya. Dua tahun sebelumnya, dia pernah mengalami hal yang tidak enak, saat terbangun tengah malam, untuk buang air kecil. Saat tiba di kamar mandi, dia merasakan seolah dunia berputar dan jatuh.

Akibat dari itu, dia mengalami kelumpuhan dan tidak bisa meninggalkan tempat tidur, tulang punggungnya mengalami cedera. Kalau saja dia mengetahui hal ini, sebelumnya, mungkin dia tidak menderita selama ini. (ANA)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI