3 Doa untuk Pengantin Baru, Lengkap Beserta Artinya

FAJAR Pendidikan

Doa untuk pengantin baru. Dalam agama Islam, menikah adalah salah satu jenis ibadah yang dianjurkan ketika seorang umat sudah dalam kondisi mampu, baik mampu secara fisik, mental, hingga materi. Dalam kitab suci Al-Qur’an pun Allah SWT telah memberikan penjelasan bahwa setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan sudah saling berpasang-pasangan.

Melansir dari muslim.or.id dan islam.nu.or.id

Hal tersebut termaktub dalam surat Az-Zariyat ayat 49 berikut ini:

وَمِنْكُلِّشَيْءٍخَلَقْنَازَوْجَيْنِلَعَلَّكُمْتَذَكَّرُوْنَ

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah).”  (QS. Az-Zariyat: 49).

Pernikahan tidak hanya menjadi momen yang membahagiakan bagi semua yang terlibat, tetapi juga menjadi momen untuk saling mendoakan. Doa terutama diberikan kepada pasangan yang menikah, dengan harapan kehidupan rumah tangganya kelak penuh berkah, jauh dari kesengsaraan, dan diberikan kelancaran rezeki.

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Sabtu 6 Agustus 2022: “Dialah Putera-Ku! Dengarkanlah Dia!”

Kumpulan Doa Pengantin Baru dalam Islam

Doa untuk Pengantin Baru

“Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibihi. Allahumma innî as’ aluka khairahâ wa khaira mâ jabaltahâ ‘alaihi wa a’ûdzu bika min syarrihâ wa min syarri ma jabaltahâ ‘alaihi.”

Artinya: “(Semoga) Allah memberkahi masing-masing dari kita dengan pasangannya. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan pasangannya, dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan pasangannya”.

Doa untuk Pengantin Baru Setelah Akad

“Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya”.

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Selasa 9 Agustus 2022: “Sabda Allah Yang Penuh Kerendahan Hati”

Doa untuk Pengantin Baru Bagi Mempelai Pria

“Bârakallâhu laka, wa bâraka ‘alaika, wa jama‘a bainakumâ fî khairin wa ‘afiyah.”

Artinya: “Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah SWT menyatukan kamu berdua dalam kebaikan dan ‘afiyah”.

Doa untuk Pengantin Baru di Malam Pertama

“Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibih.”

Artinya: “Semoga Allah memberkahi setiap kita.”

Setelah membaca doa ini, pengantin laki-laki juga dapat menambahkan doa sebagai berikut;

“Allâhumma innî as’aluka khairahâ wa khairamâ jabaltahâ alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ jabaltahâ alaih.”

Artinya: “Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikan istriku dan kebaikan sifat yang Kau ciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan istriku dan keburukan sifat yang Kau ciptakan untuknya”.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI