30 Daftar Pemain Timnas U20 Indonesia dan Klub Asal

Daftar pemain Timnas U20 Indonesia besutan pelatih Shin Tae-yong saat ini berisi 30 pemain yang berasal dari berbagai klub. Skuad muda Merah Putih itu disiapkan untuk menghadapi ajang Piala Asia U20 2023 yang akan berlangsung pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan.

Sejumlah nama yang telah dipanggil tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta. Agenda ini telah berlangsung sejak 1 Februari 2023 dan direncanakan berakhir pada 28 Februari 2023.

Dalam skuad sementara timnas Indonesia U20 saat ini, beberapa nama lama masih menghiasi tim. Terdapat Ronaldo Kwateh, Kakang Rudianto, Rabbani Tasnim Siddiq, hingga Muhammad Ferrari.

- Iklan -

Keempat nama tersebut sudah kerap menjadi andalan Timnas Indonesia U20 di bawah Shin Tae-yong. Selain itu, beberapa pemain baru juga memperoleh kesempatan untuk bergabung dengan Garuda Muda.

Sebut saja Brandon Scheunemann yang kini berstatus sebagai bek tengah milik PSIS Semarang. Pemain berusia 17 tahun itu merupakan putera dari eks pelatih timnas putri Indonesia, Timo Scheunemann. Brandon telah mengukir pengalaman kompetitifnya bersama PSIS Semarang pada Liga 1 2022/2023.

Nama selanjutnya yang mancatatkan debut di daftar skuad timnas Indonesia U20 adalah Hugo Samir. Jika Brandon merupakan keturunan Jerman, Hugo Samir disebut berdarah Brasil karena anak dari pelatih Jacksen F. Tiago. Hugo Samir berasal dari klub Persis Solo dan mengisi posisi penyerang tengah.

- Iklan -

Persik Kediri juga mengirim wajah baru ke dalam skuad Timnas Indonesia U20, yaitu Ahmad Raia. Gelandang serang kelahiran 6 Maret 2004 itu telah berseragam Persik sejak 26 Januari 2023. Di samping tiga nama baru di atas, pemain lain dari timnas U16 juga dipanggil, seperti Arkhan Kaka (Persis Solo) dan Sulthan Zaky (PSM Makassar).

Baca Juga:  Ciri-ciri Pinjol Ilegal

Agenda Timnas Indonesia di Internasional Friendly Match U20 Indonesia tergabung dalam Grup A Piala Asia U20 bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak, dan Suriah. Hajatan tersebut tak hanya menuntut timnas Indonesia U20 mengadakan pemusatan latihan, melainkan juga melakukan uji tanding bertajuk turnamen mini.

Uji tanding dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta dari tanggal 17-21 Februari 2023. Setidaknya terdapat tiga negara yang dihadapi Indonesia U20 dalam international friendly match. Mereka adalah Guatemala, Fiji, dan Selandia Baru.

- Iklan -

Fiji menjadi tim pertama yang diladeni anak asuh Shin Tae-yong. Dalam laga yang berlangsung pada Jumat, 17 Februari 2023, Indonesia menang telak dengan skor 4-0. Empat gol Timnas Indonesia U20 dicetak oleh Arkhan Fikri, Kakang Rudianto, Resa Aditya, dan Hokky Caraka.

Hasil ini mengangkat Garuda Muda ke puncak klasemen sementara. Usai melawan Fiji, fokus Indonesia telah dialihkan ke pertandingan berikutnya menghadapi Selandia Baru pada Minggu, 19 Februari 2023, pukul 19.30 WIB. Shin Tae-yong cenderung mengarahkan anak asuhnya untuk memulihkan kebugaran terlebih dahulu.

Juru taktik asal Korea Selatan itu tidak memaksakan latihan berat pada pasukannya karena laga kontra Fiji dan Selandia Baru itu hanya berjarak satu hari. “Fokus adalah ke pemulihan daripada yang lainnya. Namun, memang ada evaluasi soal kesalahan-kesalahan yang dilakuka pemain pada laga kemarin,” ujar Shin Tae-yong.

Dalam pertandingan melawan Fiji, Indonesia masih tidak diperkuat tiga pemain kuncinya, yaitu Muhammad Ferrari, Marselino Ferdinan, dan Ronaldo Kwateh. Khusus Ronaldo, kondisi pemain yang kini dikontrak Bodrumspor, klub Liga 2 Turki, itu masih butuh dipoles agar siap tempur di Piala Asia U20 2023.

Baca Juga:  Buruan! Pendaftaran Dana Indonesiana 2024 Kembali Dibuka

Daftar Pemain Timnas U20 Indonesia & Klub Asal

1. Arkhan Fikri – Arema FC

2. Dimas Juliano Pamungkas – Bhayangkara FC

3. Frezy Al Hudaifi – Bhayangkara FC

4. Daffa Fasya Sukawijaya – Borneo FC

5. Rabbani Tasnim Siddiq – Borneo FC

6. Ronaldo Joybera R. Junior Kwateh – Bodrumspor

7. Marselino Ferdinan – Persebaya Surabaya

8. Aditya Arya Nugraha – Persebaya Surabaya

9. Ferdiansyah – Persib Bandung

10. Kakang Rudianto – Persib Bandung

11. Robi Darwis – Persib Bandung

12. Achmad Maulana Syarif – Persija Jakarta

13. Alfriyanto Nico Saputro – Persija Jakarta

14. Cahya Supriadi – Persija Jakarta

15. Doni Tri Pamungkas – Persija Jakarta

16. Frengky Deaner Missa – Persija Jakarta

17. Ginanjar Wahyu Ramadhani – Persija Jakarta

18. Muhammad Ferarri – Persija Jakarta

19. Resa Aditya Nugraha – Persija Jakarta

20. Barnabas Sobor – Persija Jakarta

21. Ahmad Raia Irvanza Arditian – Persik Kediri

22. Arkhan Kaka Putra Purwanto – Persis Solo

23. Erlangga Setyo Dwi Saputra – Persis Solo

24. Hugo Samir – Persis Solo

25. Marcell Januar Putra – Persis Solo

26. Zanadin Faris – Persis Solo

27. Brandon Marsel Scheunemann – PSIS Semarang

28. Muhammad Dzaky Asraf Huwaidi – PSM Makassar

29. Sulthan Zaky Pramana Putra Razaq – PSM Makassar

30. Hokky Caraka Bintang Brilliant – PSS Sleman

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU