7 Film Tentang Perjuangan Kemerdekaan Indonesia, Ramaikan HUT RI 77

FAJAR Pendidilan

Memasuki bulan Agustus, identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17. Di mana saat itu di tahun 1945, para pejuang berhasil memerdekakan RI dari tindakan penjajah.

Mengenang aksi para pahlawan ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya, menonton film-film bertema kemerdekaan Indonesia.

Nah, berikut lima rekomendasi film kemerdekaan Indonesia yang wajib kamu tonton.

1. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film Soekarno. [IMDb]
Film Soekarno. [IMDb]

Film ini dirilis pada 11 Desember 2013 dan menjadi yang paling cocok untuk ditonton pada 17 Agustus. Pasalnya, film yang dibintangi Ario Bayu ini menceritakan tentang presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno.

Mengikuti kisah pria bernama Kusno yang sejak kecil sering sakit-sakitan hingga kedua orang tuanya mengganti namanya dengan Soekarno. Nama ini menjadi salah satu kenangan dan sejarah Indonesia.

Dalam film ini, kamu akan melihat Soekarno tampil dengan pidato-pidatonya yang penuh semangat. Film ini terbilang begitu rinci, mulai dari peristiwa pengasingan Soekarno hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

2. Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018)

Ario Bayu sebagai Sultan Agung pada Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018). (Instagram)
Ario Bayu sebagai Sultan Agung pada Film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta (2018). (Instagram)

Film tahun 2018 yang berjudul Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta ini menceritakan Sultan Agung (juga diperankan Ario Bayu). Ia merupakan pria gagah yang ambisius. Ia berani menentang VOC dengan menyerangnya langsung di Batavia.

BACA JUGA :   Seleksi Guru ASN P3K 2022 Dibuka, Ini Jadwalnya

Tak hanya itu, Sultan Agung juga harus mengemban tanggung jawab besar untuk menyatukan para adipati di tanah Jawa yang sebelumnya terpecah belah karena ulah VOC.

Di samping totalitas perjuangannya dalam mempertahankan tanah air, Sultan Agung rela mengorbankan cinta sejatinya, Lembayung (Putri Marino). Hal ini membuatnya terpaksa menikahi wanita ningrat yang memang tidak sesuai pilihan hatinya.

3. Pasukan Berani Mati (1983)

film Pasukan Berani Mati [IMDb]
film Pasukan Berani Mati [IMDb]

Di tahun 1983, Imam Tantowi pernah menggarap film tentang perjuangan rakyat Indonesia bertajuk Pasukan Berani Mati. Film ini menceritakan orang-orang yang rela mengorbankan dirinya untuk melawan penjajah.

Kisah dari film ini diawali Kapten Bondan (Dicky Zulkarnaen), seorang pemimpin batalion yang harus gugur ketika melawan Belanda. Kala itu, pasukannya hanya tersisa enam orang. Mereka yang tersisa ini membentuk pasukan berani mati dan berhasil menyerang markas Belanda.

4. Merah Putih (2009)

Cuplikan Adegan Film Merah Putih (2009). (sinopsisfilmindia.com)
Cuplikan Adegan Film Merah Putih (2009) [IMDb]

Merah Putih merupakan film yang dirilis pada tahun 2009. Ini adalah bagian pertama dari “Trilogi Merdeka” dan menjadi salah satu film sejarah terbaik yang mengisahkan para pejuang Indonesia. Tepatnya yang kembali melawan Belanda setelah kemerdekaan, yakni di tahun 1947.

Film ini dibintangi oleh aktor papan atas seperti Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, Donny Alamsyah, hingga Darius Sinathrya. Suasana perang dalam film ini juga terasa nyata, dimana kita sebagai penonton seolah ikut terlibat.

BACA JUGA :   IMGS 2022; Generasi Muda Harus Peka dan Tanggap

Sekuel selanjutnya dari film Merah Putih ini adalah ‘Darah Garuda’ dan ‘Hati Merdeka’ secara berturut-turut dirilis pada tahun 2010 dan 2011.

5. Jenderal Soedirman (2015)

Adipati Dolken sebagai Jenderal Soedirman pada Film Jenderal Soedirman (2015). (Indonesian Film Center)
Adipati Dolken sebagai Jenderal Soedirman pada Film Jenderal Soedirman (2015). (Indonesian Film Center)

Film yang dirilis pada tahun 2015 ini berfokus pada perjuangan Jenderal Soedirman (Adipati Dolken) yang tengah mengalami sakit keras namun tetap berusaha menjalankan misi gerilya selama tujuh bulan.

Meski hanya memiliki satu paru-paru saat menjalankan misi tersebut, sang Jenderal dan pasukannya berhasil membuat Belanda kewalahan.

Hal tersebut membuat Belanda akhirnya menandatangani perjanjian Roem-Royen. Di mana pada titik inilah mereka mulai mengakui kedaulatan bangsa Indonesia.

Itulah lima film bertema kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu tonton.

6. Battle of Surabaya (2015)

Film animasi ini diproduksi oleh MSV Pictures dan disutradarai oleh Aryanto Yuniawan.

Battle of Surabaya mengisahkan tentang petualangan Musa, seorang remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan arek-arek Surabaya pada pertempuran 10 November 1945.

7. Kartini (2017)

Film garapan Hanung Bramantyo ini dirilis pada 2017 dan diperankan oleh artis Dian Sastrowardoyo.

Dalam film ini bercerita tentang pejuang emansipasi perempuan dalam wajah yang berani, kuat, dan cerdas.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Link Download Film Emergency Declaration (2022) Full Movie SUB Indo

Belum menyaksikan kisah seru petualangan mencekam dalam pesawat? Cek di sini link download dan nonton film Emergency Declaration (2022) full movie SUB Indo, kini...

Sinopsis Takdir Cinta yang Kupilih Malam Ini, Jumat 7 Oktober 2022: Niko Masuk Kamar Starla yang Membuatnya Kaget

Sinopsis Takdir Cinta yang Kupilih Malam Ini, Jumat 7 Oktober 2022: Niko Masuk Kamar Starla yang Membuatnya Kaget, cerita yang semakin menegangkan karena proses...

Peneliti K3 FKM Unhas Lakukan FGD Model Pencegahan Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja

Tim Penelitian Dasar Unhas (PDU) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) yang diketuai Dr Lalu Muhammad Saleh, SKM MKes melakukan...

Ramalan Shio Tikus, Babi, Kelinci Jumat 7 Oktober 2022

Ramalan shio sudah menjadi sesuatu yang dipercaya sejak lama oleh sebagian orang. Melalui ramalan shio, kamu bisa mengetahui peruntunganmu. Baik itu tentang kehidupan secara umum,...