4 Jenis Gaya Renang, Pengertian dan Manfaatnya

4 Jenis Gaya Renang, Pengertian dan Manfaatnya. 4 Gaya renang yaitu gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya dada yang setiap gayanya memiliki teknik yang berbeda-beda.

Di antara 4 gaya renang utama itu, tentu saja gaya berenang kupu-kupu adalah yang paling sulit. Olahraga berenang memiliki fungsi utama untuk membangun kekuatan stamina, otot, dan jantung Anda supaya lebih sehat dan tentunya agar badan dapat bergerak aktif secara keseluruhan.

4 Jenis Gaya Renang

Gaya Renang Bebas

Renang dengan gaya bebas merupakan teknik berenang paling dasar daripada teknik berenang lainnya. Terdapat 3 cara yang harus dipahami supaya bisa berenang dengan gaya bebas secara sempurna, yaitu belajar gerakan kaki yang mengepakkan air, gerakan lengan tangan, serta mengatur pernapasan supaya tidak mudah kelelahan pada saat berenang.

- Advertisement -

Berikut beberapa manfaat berenang gaya bebas:

  • Membakar lemak dan kalori dalam jumlah yang banyak secara singkat
  • Melatih pergerakan seluruh bagian tubuh, mulai dari kepala hingga kaki
  • Mampu membentuk otot punggung dengan cepat
BACA JUGA :   Pengertian Ekuitas Lengkap Jenis-Jenis, Pemegang Saham dan Saham

Gaya Renang Kupu-Kupu

- Advertisement -

Gaya berenang kupu-kupu ini diberikan nama demikian karena pergerakan renang dengan gaya ini mirip seperti hewan kupu-kupu. Teknik berenang gaya kupu-kupu adalah yang paling sulit, karena membutuhkan stamina yang prima dan koordinasi tubuh yang baik.

Berikut adalah manfaat berenang gaya kupu-kupu:

  • Membakar paling banyak kalori dibanding berenang gaya lainnya
  • Sangat efektif untuk melatih otot perut dan badan bagian atas
  • Meningkatkan kelenturan tubuh secara menyeluruh

Gaya Renang Punggung

Renang gaya punggung memiliki tantangan lebih sulit jika dibandingkan dengan berenang gaya bebas. Berenang dengan gaya punggung ini juga kurang lebih mirip dengan berenang gaya bebas, namun terdapat perbedaan pada posisi badan serta gerakan tangan yang diayunkan secara terbalik.

BACA JUGA :   40+ Contoh Majas Hiperbola Yang Mudah dan Simpel

Berikut adalah manfaat renang dengan teknik gaya punggung:

  • Meningkatkan kelenturan area pinggul dan punggung
  • Membakar kalori yang banyak di sekitar area punggung
  • Membentuk otot punggung agar postur tubuh menjadi lebih baik
  • Melatih otot kaki dan tangan agar lebih kuat dan berenergi

Gaya Renang Dada

Renang dengan gaya dada dinilai lebih ringan daripada renang dengan teknik lainnya karena dengan teknik ini bagian kepala akan selalu berada di atas air. Jadi berenang gaya dada merupakan teknik berenang paling hemat energi dan mudah untuk mengatur pernapasan dengan santai.

Berikut adalah manfaat kesehatan teknik gaya dada

  • Mampu membakar banyak lemak dan kalori dengan cepat
  • Melatih otot paha dan dada dengan sangat baik agar cepat memproses pembentukan otot di area tersebut
  • Salah satu jenis olahraga yang baik untuk melatih jantung supaya dapat selalu sehat

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: