ADV A1
ADV B1

5 Manfaat Membaca untuk Kesehatan Otak Anda

FAJAR Pendidikan

-ADV C1 -

Rajin membaca buku itu sangat penting untuk meningkatkan kuliatas pemikiran, bahkan memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Menambah wawasan serta bermanfaat bagi kesehatan otak. Itu sangat menguntungkan bagi anda.

Terakhir baca buku kapan ? atau seharian hanya sibuk dengan sosial media membaca status dari Facebook, Instagram dan Twitter atau bahkan hanya sibuk nonton video di Tiktok? kalau iya, Anda rugi besar!

-ADV C2 -

Pasalnya, membaca buku secara teratur tidak hanya menambah wawasan, tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan otak.

-ADV C3 -

Nah, apa saja sih manfaat membaca untuk kesehatan otak ? Simak berukut :

1. Meningkatkan Konektivitas Otak

Membaca dapat Meningkatkan Konektivitas Otak, Para periset di Emory University’s Center for Neuropolicy mengungkapkan, membaca dapat menyebabkan perubahan otak. Aktivitas ini memicu hubungan di korteks temporal kiri—area terkait penerimaan bahasa meningkat.

-ADV C4 -

Neuron di otak, yang berfungsi sebagai penghantar informasi di otak, membuat representasi sensasi untuk tubuh. Fenomena ini dikenal sebagai grounded cognition.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2, Subtema 1 Pengalamanku di Rumah Pembelajaran 5 Halaman44, 46, 49, 50, dan 53

Efeknya, misalnya, dengan hanya memikirkan berlari, Anda dapat mengaktifkan neuron yang terkait dengan tindakan fisik berlari.

2. Meningkatkan Aktivitas Sensorik

Menurut penelitian yang sama oleh Emory University, membaca bukan hanya meningkatkan konektivitas korteks temporal. Lebih jauh lagi, kegiatan ini juga meningkatkan aktivitas pada sulkus-sentral otak. Wilayah tersebut bertanggung jawab untuk aktivitas motorik sensorik primer.

Ketika membaca, neuron di area tersebut aktif dan menciptakan sensasi kisah yang dibaca. Artinya, membaca bukan cuma memberi imajinasi, tapi benar-benar memengaruhi proses biologi di dalam otak.

3. Meningkatkan Kapasitas Memori

Membaca Buku dapat Meningkatkan Kapasitas Memori. Membaca adalah latihan terbaik untuk otak. Kegiatan tersebut melibatkan banyak fungsi otak, seperti proses visual, kesadaran fonemik dan pemahaman, serta pendengaran.

Menurut penelitian yang dilakukan Haskins Laboratories for the Science of the Spoken and Written Word, aktivitas membaca memberikan Anda banyak waktu untuk memproses, berpikir, serta membayangkan narasi. Sederet aktivitas ini dapat meningkatkan ingatan Anda.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4, Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan, Pembelajaran 3 Buku Tematik Halaman 22, 23, 25, 27

4. Berpikir secara Berurutan

Saat membaca, Anda menyerap informasi secara linier dan tidak lompat dari satu bab ke bab lain. Hal tersebut memberikan waktu terhadap otak untuk mencerna informasi.

Latihan ini meluangkan waktu otak untuk memproses sebuah narasi, yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan memori jangka panjang.

5. Menghilangkan Stres

Membaca Buku dapat Menghilangkan Stres. Mungkin Anda tak menyangka, manfaat membaca buku untuk otak berikutnya adalah meredakan stres! Ya, sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan, membaca mampu menurunkan tingkat stres lebih tinggi ketimbang aktivitas lain.

Sebuah penelitian pernah membuktikannya. Peneliti melibatkan sejumlah peserta dalam kegiatan yang memicu kecemasan. Mereka kemudian diberi waktu untuk melakukan sejumlah aktivitas. Hasilnya, tingkat stres mereka yang melakukan aktivitas membaca turun 67 persen.

Itulah 5 manfaat membaca buku bagi kesehatan otak.
Selamat menikmati waktu-waktu membaca buku!

 

 

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
Sponsor
- ADV D2 -

TERKINI