6 Gunung Tertinggi di Dunia yang Paling Menantang Bagi Para Pendaki

Gunung tertinggi di dunia sebagian besar terletak di perbatasan negara Nepal, China, India, dan Pakistan. Salah satu puncak yang sangat terkenal karena tantangan dan keindahannya adalah puncak gunung Everest—yang mencapai ketinggian 8.848,86 meter.

Berdasarkan sejumlah penelitian, terdapat sekitar 108 gunung yang mencapai ketinggian lebih dari 7.200 meter. Pegunungan tersebut tersebar di berbagai benua dan negara di seluruh dunia. 

Gunung-gunung tertinggi di dunia ini tidak hanya menjadi puncak tertinggi yang memiliki panorama alam menakjubkan. Tetapi, puncak-puncak ini juga menantang para pendaki dengan tingkat kesulitan beragam.

- Iklan -

Berikut ini adalah enam gunung tertinggi di dunia yang paling menantang bagi para pendaki:

1. Mount Everest (8,848 meter)

Mount Everest mencapai ketinggian 8,848 meter (29,029 kaki) di atas permukaan laut, menjadikannya gunung tertinggi di dunia. Terletak di Pegunungan Himalaya, Everest terdiri dari batuan metamorf yang terbentuk oleh tumbukan lempeng India dan Eurasia.

Salah satu daya tarik utama mendaki Everest adalah pemandangan spektakuler. Dari puncak, pendaki dapat melihat panorama pegunungan Himalaya yang megah, termasuk puncak-puncak terkenal seperti Lhotse, Nuptse, dan Cho Oyu.

- Iklan -

Pemandangan matahari terbit dan terbenam di atas awan juga menciptakan momen-momen yang tak terlupakan.

2. K2 (8,611 meter)

Gunung tertinggi di dunia yang kedua ini memiliki ketinggian 8,611 meter (28,251 kaki). Terletak di perbatasan antara Pakistan dan Tiongkok, K2 tergolong dalam Pegunungan Karakoram yang dikenal dengan pemandangan dramatis dan kondisi cuaca yang sulit.

Baca Juga:  6 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Paling Menarik Dan Memukau

K2 terkenal dengan kondisi cuaca yang sangat ekstrem, dengan angin kencang dan suhu yang sangat rendah. Pendakian K2 memerlukan keterampilan teknis tingkat tinggi—termasuk kemampuan mendaki es dan tebing batu. Rute-rute pendakian yang terkenal diantaranya: Abruzzi Spur dan Cesen Route, telah menjadi tempat di mana banyak petualang menguji keberanian dan ketangguhannya.

- Iklan -

3. Kangchenjunga (8,586 meter)

Terletak di perbatasan antara Nepal dan India, Kangchenjunga adalah gunung tertinggi ketiga di dunia. Gunung ini terletak di wilayah Himalaya Timur, merupakan perbatasan alam antara Sikkim di India dan Nepal.

Kangchenjunga, ketinggiannya mencapai 8,586 meter (28,169 kaki), menjadi salah satu gunung tertinggi di dunia. Salah satu daya tarik utama Kangchenjunga adalah keragaman hayati yang luar biasa di sekitarnya. Taman Nasional Kangchenjunga di India dan Taman Nasional Makalu Barun di Nepal memberikan perlindungan terhadap ekosistem yang kaya dan langka, termasuk flora dan fauna yang unik.

4. Lhotse (8,516 meter)

Lhotse, berdiri tinggi dengan ketinggian 8,516 meter (27,940 kaki), terletak di dekat Everest. Gunung ini terletak di perbatasan antara Nepal dan Tibet, berdampingan dengan puncak tertinggi di dunia, Mount Everest.

Gunung Lhotse memiliki tiga puncak utama, yaitu Lhotse Main (puncak tertinggi), Lhotse Shar (puncak tengah), dan Lhotse Middle. Puncak-puncak ini membentuk siluet yang menakjubkan di antara puncak-puncak lain di wilayah tersebut.

Baca Juga:  6 Negara Terkecil di Dunia yang Memiliki Fakta Unik

Dari puncak Lhotse, para pendaki dapat menikmati pemandangan yang memukau, termasuk pemandangan Everest, Nuptse, dan makam pemakaman pendaki yang legendaris di South Col. Sunrise dan sunset di puncak ini memberikan momen-momen tak terlupakan.

5. Makalu (8,485 meter)

Makalu, memiliki ketinggian hingga 8,485 meter (27,838 kaki), menjulang megah di wilayah Himalaya dan memiliki keindahan alam yang luar biasa. Terletak di wilayah Himalaya timur, Makalu terletak di perbatasan antara Nepal dan Tibet. Gunung ini terisolasi relatif dari pegunungan lainnya, menciptakan lingkungan yang menenangkan dan indah.

Gunung ini memiliki empat puncak utama, dengan Makalu I yang paling tertinggi. Rute pendakiannya melewati lereng tajam, gletser besar, dan lembah yang indah.

6. Cho Oyu (8,188 meter)

Gunung Cho Oyu, ketinggiannya mencapai 8,188 meter (26,864 kaki), merupakan salah satu gunung tertinggi di dunia yang berdiri megah di antara perbatasan Nepal dan Tiongkok.

Cho Oyu memiliki beberapa rute pendakian yang menantang, termasuk rute dari sisi Nepal melalui Lembah Gokyo dan dari sisi Tiongkok melalui Plateau Tibet. Menaklukan puncak ini membutuhkan tantangan teknis seperti melewati serac, punggungan batu, dan es yang retak.

Itulah beberapa gunung tertinggi di dunia yang paling menantang bagi para pendaki. Setiap gunung memiliki rute pendakian dengan tantangan yang berbeda-beda. Jika kamu berminat mendaki salah satu gunung tersebut, pastikan mendaki bersama orang-orang yang berpengalaman dan paham medan pendakian.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU