ADV A1

Fakta Unik Singa, Kucing Besar yang Tak Bisa Memanjat Pohon

FAJAR Pendidikan

Teman-teman pasti tidak asing dengan hewan satu ini. Yap, singa! Ia adalah hewan yang menjadi tokoh utama dalam film animasi berjudul “Simba”. Apakah kamu sudah pernah menontonnya?

Singa adalah hewan yang termasuk dalam golongan kucing besar, sama seperti harimau, citah, dan masih banyak lagi. Ia sangat suka berburu dan ganas saat sudah menentukan mangsanya.

Hidup Berkelompok

Singa adalah salah satu kucing besar yang hidup berkelompok. Dalam sebuah kelompok singa biasanya terdiri dari 1-6 ekor singa jantan dan 4-15 ekor singa betina. Setiap kelompok singa mempunyai wilayah kekuasaannya sendiri yang rata-rata seluas 20 sampai 400 kilometer persegi.

Berburu adalah Tugas Singa Betina

Di alam liar, singa betinalah yang paling aktif berburu. Singa betina biasanya berburu mamalia besar seperti kuda zebra dan antelop di malam hari. Mereka juga bisa berburu di siang hari. Lalu apa yang dilakukan singa jantan? Bersantai. Singa jantan punya tugas untuk melindungi kelompoknya dan jarang pergi berburu.

Tidur sampai 20 Jam

SInga jantang memang sangat pemalas. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu buat tidur. Dalam sehari mereka bisa tidur sampai 20 jam, lho. Nggak berbeda sama kucingmu di rumah, kan?

BACA JUGA :   Apa itu Agama Tentatif? Agama yang Viral di Media Sosial

Nggak Bisa Memanjat Pohon dan Takut Air

Nggak kayak kucing pada umumnya yang lincah dan jago manjat. Mamalia yang hidup di padang rumput ini adalah kucing yang nggak bisa memanjat pohon, lho. Kalau cuma bebatuan sih masih bisa. Makanya, mereka suka tiduran di bebatuan. Oh iya, singa yang garang itu ternyata takut air lho. Beda banget sama kucing besar lainnya kayak harimau yang malah suka dengan air.

Paling Kuat

Ada banyak jenis kucing besar di dunia ini. Mulai dari singa, harimau, macan tutul hingga cheetah. Meskipun begitu, singa adalah kucing besar yang paling besar di antara kucing besar lainnya, lho. Singa jantan khususnya mempunyai fisik yang juga kuat. Mungkin inilah kenapa pada cerita Lion King, singa digambarkan sebagai raja hutan, ya.

Auman yang keras

Selain berbadan besar dan berwajah garang salah satu hal yang paling nyeremin dari singa adalah aumannya. Suara auman singa terdengar sangat menggelegar, bahkan auman singa ini bisa terdengar sampai 8 kilometer, lho.

Takut dengan Hyena

BACA JUGA :   Kota Bawah Tanah Ditemukan di Turki, Ini Kisahnya

Meski dikenal kuat, bukan berarti singa adalah hewan yang paling hebat atau paling berkuasa di padang rumput, lho. Ada hewan yang lebih besar, lebih kuat, atau mungkin bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan singa.

Misalnya ada gajah yang ukuran tubuhnya sangat besar, badak yang memiliki cula besar, kuda nil yang jago berenang, atau cheetah yang berlari sangat cepat. Di padang rumput, singa juga punya musuh yang juga kuat, yaitu hyena. Walaupun tidak sekuat singa betina, namun hyena bisa menakuti singa betina dan merebut mangsanya.

Kenapa singa takut dengan hyena? Ini karena hyena mendatangi kelompok singa betina yang berburu dengan kelompok juga. Kelompok hyena yang ingin merebut makanan biasanya memiliki strategi yang pintar dan kerja sama yang baik.

Namun, jika satu lawan satu, singa yang kuat bisa menjatuhkan hyena, lo. Ini karena ukuran tubuhnya lebih besar.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI