6 Manfaat Semut Bagi Kehidupan Manusia, Bumi, dan Alam

FAJAR Pendidikan

4. Pengendali Hama

Dalam dunia pertanian, semut sering dijadikan pilihan terbaik dalam membasmi hama. Koloni semut akan berburu serangga lain yang suka merusak pohon maupun tanaman perkebunan. Positifnya lagi, semut lebih ramah lingkungan daripada penggunaan pestisida.

5. Memegang Peran Dekomposisi

Semut menjalankan setengah dari kegiatan dekomposisi sampah organik di seluruh dunia. Dekomposisi sendiri adalah proses mengubah bentuk yang lebih sederhana, artinya sampah-sampah organik di alam akan dijadikan menjadi lebih sederhana dan bermanfaat bagi kehidupan di sana.

BACA JUGA :   Urutan Pangkat Polisi dan Gaji: Perwira, Bintara, dan Tamtama.

Dekomposisi sampah organik tersebut akan menjadi nutrisi yang berguna bagi tanah dan tumbuhan yang ada di atasnya. Tanah pun akan kaya kandungan nitrogen dan fosfor yang dibutuhkan tumbuhan.

6. Lalu Bagaimana Jika Tidak Ada Semut di Bumi Ini

Seandainya semut punah atau tidak ada di bumi, maka dampaknya akan cukup buruk bagi kehidupan yang ada di alam. Hal ini akan menimbulkan dampak secara langsung bagi hewan lain serta manusia yang bergantung pada tumbuhan.

BACA JUGA :   Urutan Pangkat TNI, TNI Angkatan Darat, Udara, dan Laut

Kesuburan tanah akan menurun, proses dekomposisi bahan organik berkurang, hingga meningkatnya hama pertanian. Tentu kita tidak mau semut sampai hilang di permukaan bumi ini.

Sumber: idnpacific

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI