6 Manfaat Semut Bagi Kehidupan Manusia, Bumi, dan Alam

FAJAR Pendidikan

Semut memang kecil, tapi jumlah mereka sangat banyak, sehingga memiliki peran yang sangat besar bagi kehidupan manusia maupun alam. Semut diperkirakan ada sekitar 10 kuadriliun dengan jumlah spesies mencapai 12.500 yang tersebar di seluruh penjuru dunia kecuali Antartika.

Mungkin banyak yang menganggap semut adalah serangga yang mengganggu, suka menghabisi makanan, hingga sering menggigit kita. Tapi dibalik itu semua, semut adalah satu bagian penting dari bumi, yang mana dengan keberadaan semut, keseimbangan di alam tetap berjalan baik. Nah berikut ini adalah manfaat yang diberikan semut bagi bumi maupun kehidupan manusia.

BACA JUGA :   3 Fakta Menarik Tradisi Mipit di Sumedang, Kini Masih Dipertahankan

1. Menyuburkan Tanah

Selain proses dekomposisi yang dilakukan oleh semut, mereka juga membangun sarang yang ada di bawah tanah. Semut akan mengumpulkan bahan makanan mereka ke bawah tanah yang dapat mempengaruhi kandungan nutrisi pada tanah tersebut.

2. Membantu Penyebaran Benih

Selain kegiatan membawa makanan ke sarangnya, semut juga terkadang membawa biji tanaman untuk disimpan. Secara tidak langsung, hal ini dapat membantu penyebaran benih tanaman ke tempat yang kaya akan nutrisi, yaitu sarang semut itu sendiri.

Aktivitas yang dilakukan oleh semut cukup membantu calon bibit tanaman menemukan media untuk hidup yang penuh nutrisi. Cara ini juga membuat benih aman dari hewan pemakan biji-bijian maupun ancaman kekeringan.

BACA JUGA :   Tradisi Unik Suku Mentawai, Gigi Runcing Tanda Kecantikan

Aktivitas menyimpan makanan dalam koloni semut di bawah tanah akan meningkatkan zat organik bagi tanah. Semut juga akan meninggalkan sisa-sisa makanan dan zat organik yang berguna bagi tanah sehingga menjadi lebih subur.

3. Meningkatkan Sirkulasi Pada Tanah

Membangun sarang di bawah tanah tentu akan menciptakan terowongan-terowongan yang memberi cukup ruang untuk sirkulasi udara serta air pada tanah. Hasilnya tanah akan lebih berkualitas serta memiliki aerasi dan drainase yang baik.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI