6 Resolusi Menyambut Bulan Ramadhan yang Lebih Bermanfaat dan Penuh Keberkahan

FAJAR Pendidikan

Resolusi Menyambut Bulan Ramadhan yang Lebih Bermanfaat dan Penuh Keberkahan. Sebuah resolusi bisa dibuat dalam momen tertentu untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

Jika biasanya resolusi disusun saat menjelang tahun baru, kali ini resolusi juga bisa ditentukan untuk bulan Ramadan. Bulan yang suci ini menjadi momen yang tepat untuk seseorang menjadi sosok yang baru dengan kualitas diri yang lebih baik.

Berikut Resolusi Menyambut Bulan Ramadhan yang Lebih Bermanfaat dan Penuh Keberkahan :

Resolusi Menyambut Bulan Ramadhan

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Di bulan Ramadan, gerbang maaf tengah dibuka selebar-lebarnya. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memohon ampun kepada Sang Pencipta atas segala dosa.

Kamu bisa melakukan amalan berpuasa seperti membaca Al-Quran agar bisa lebih dekat dengan Allah SWT dan memohon ampunan kepada-Nya.

BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Minggu 26 Juni 2022: Hasil Pembenaran

2. Mulai dari hal kecil

Biasanya 10 hari pertama puasa adalah waktu yang sulit dijalani karena tubuh harus menyesuaikan diri. Mulailah dengan perubahan kecil namun berkala.

Misalnya jika kamu memiliki resolusi membagikan takjil menjelang buka puasa, tak masalah jika belum bisa banyak, tapi lanjutkan kegiatan itu setiap hari.

3. Catat pencapaianmu

Agar memiliki rasa bangga sekaligus memotivasi diri sendiri agar tetap bisa menjalankan resolusi, tuliskan perkembangan setiap harinya.

Berhasil bangun pagi setelah sahur misalnya, atau berhasil olahraga setiap hari meski sedang puasa. Tuliskan agar kamu tahu dirimu sudah mengalami perubahan baik selama Ramadan.

4. Tidur juga ibadah

Tentu kamu akan lebih sering mengantuk selama Bulan Ramadan karena kurang tidur atau energi menurun.

Agar tidak fokus terhadap rasa lapar, jadwalkan tidur siang untuk menjaga kestabilan emosional dan sebagai ibadah. Jika tidak memungkinkan tidur siang, tidurlah segera setelah tarawih.

BACA JUGA :   Syarat Kurban Sesuai Syariat Islam, Kapan Dikatakan Sah?

5. Ajak teman

Resolusi selalu lebih mudah dijalankan jika memiliki teman untuk melakukannya bersama. Jika sahabat, saudara, orangtua atau pasangan bersedia menemani melakukan resolusimu, biasanya itu akan lebih ringan dijalani.

Jadi apa pun resolusi yang sedang kamu tetapkan agar menjadi pribadi lebih baik selama Bulan Ramadan, jalankan sekian hal di atas agar tidak merasa terbebani dan tetap bisa mencapai resolusi di akhir Ramadan.

6. Catat target Ramadhanmu

Resolusi terbaik bisa kamu catat sebagai pengingat target-target kamu setiap saat, mencatat hal-hal kecil berupa jadwal bisa sangat membantu kamu produktif dalam menjalankan ibadah puasa setiap hari.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI